Jalan-jalan ke Bromo? Jangan Lupa Nikmati 5 Aktivitas Ini

shares |


Memiliki banyak gunung cantik dengan negeri di atas awan yang memukau, kamu pasti akan merasa sangat bersyukur tinggal di Indonesia. Hanya saja, bisa jadi juga kamu hanya dapat gigit jari melihat foto-foto temanmu yang sukses menaklukkan gunung-gunung megah dengan pemandangan puncaknya yang ciamik. Alasannya mudah saja, karena kamu belum memiliki kesempatan mendaki gunung. Ditambah pula, kamu merasa tidak kuat fisik dengan akivitas wisata yang lumayan ekstrem tersebut.

Jika sudah demikian, kamu sebenarnya bisa memilih opsi lain. Sebagai contoh, carilah kawasan wisata pegunungan yang membuatmu tidak perlu mendaki terlalu jauh. Pilihan paling tepat untuk jenis liburan ala pegunungan yang satu ini adalah kamu cukup mengunjungi Bromo yang berada di Jawa Timur. Gunung megah yang satu ini memiliki banyak objek keren yang bisa kamu kunjungi, tanpa lebih dahulu berpeluh-peluh semalaman untuk mendaki puncaknya. Karena alasan ini pulalah, tidak perlu heran jika tempat wisata yang satu ini selalu ramai wisatawan, baik pada musim liburan, lebih-lebih pada waktu liburan sekolah maupun ketika hari raya.


Sumber: twisata.com

Mencapai Bromo pun tidaklah sulit. Langkah pertama, transitlah lebih dahulu di Kota Malang. Kamu bisa langsung pergi ke Malang menggunakan pesawat maupun kereta api yang kedua tiketnya bisa kamu pesawat melalui Traveloka maupun agen travel online lainnya. Hanya saja, memang harga tiket pesawat menuju Malang lumayan tiket. Jika ingin berhemat, kamu bisa membeli tiket kereta api ekonomi Matamarja guna sampai ke Malang. Karena banyaknya minat wisatawan pergi ke kota tersebut, lebih baik kamu memesantiket Matamarja di Traveloka dari jauh-jauh hari. Meskipun waktu tempuhnya relatif lebih lama hingga mencapai 20 jam dari Jakarta, naik kereta api tidak akan membuatmu menyesal sebab kamu akan disuguhkan panorama indah dari dekat di sepanjang perjalanan.

Langkah selanjutnya, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju Bromo menggunakan travel maupun bus. Sebagai saran, pergilah pada tengah malam dari Kota Malang agar kamu bisa mencapai lokasi wisata yang satu ini sebelum matahari terbit. Kenapa? Soalnya ada salah satu kegiatan seru yang harus kamu lakukan di Gunung Bromo! Nah, berikut ini adalah lima kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mampir ke destinasi wisata yang satu ini.

1.         Nikmati Matahari Terbit
Gunung Bromo disebut-sebut sebagai salah satu tempat yang menyajikan tempat melihat matahari terbit paling cantik di dunia. Karena itu, liburanmu ke tempat ini akan terasa sangat hampa jika tidak sempat melihat cantiknya ketika sang mentari perlahan-lahan menyembul keluar dari peraduannya. Sebab dari inilah, datanglah ke Bromo pada dini hari sebelum matahari belum siap berjaga. Pakailah pakaian yang tebal karena cuaca di sana amat dingin. Setelah itu, carilah spot paling tepat untuk melihat tersebut di “ terminal sunrise” yang telah tersedia. Dijamin, kamu akan dibuat berdecak kagum sewaktu sang mentari mulai naik ke atas cakrawala dengan latar gunung-gunung lainnya yang cantik di belakangnya.

2.         Menyusuri Pasir Berbisik
Film Pasir Berbisik yang dibintangi Christine Hakim dan Dian Sastrowardoyo menjadi sangat terkenal salah satunya karena memiliki latar yang sangat indah. Latar tersebut tak lain adalah kawasan padang pasir Gunung Bromo yang memang bisa kamu singgahi dengan berjalan kaki ataupun menaiki jip yang disewakan di kawasan tersebut. Apabila liburanmu ke gunung ini ingin lebih berkesan, cobalah berjalan menyusuri kawasan pasir berbisik yang luas tersebut dan kamu akan merasakan sensasi yang luar biasa sebab menyajikan lanskap yang sangat indah.

3.         Berkunjung ke Pura Luhur Poten
Di padang pasir Bromo yang luas, ada satu kegiatan lain yang sayang jika dilewatkan. Cobalah berkunjung ke Pura Luhur Poten yang berada di tengah padang pasir tersebut. Terkesan ajaib memang karena pura ini berada di tengah-tengah padang pasir. Akan tetapi, nyatanya Pura Luhur Poten masih digunakan untuk beragam kegiatan keagamaan masyarakat setempat. Memasuki objek yang satu ini, kamu akan dibuat merasakan suasana sakral yang megah. Tidak percaya? Coba saja!

4.         Berkuda Berkeliling Bromo
Luas objek wisata Gunung Bromo termasuk luas dan akan sangat melelahkan apabila hendak mengelilinginya dengan berjalan kaki. Kamu bisa saja menyewa jip untuk mempersingkat waktu penyusurannya, namun akan lebih seru kalau kamu berkuda! Ya, di Bromo memang tersedia sekita 500 kuda yang dapat disewa wisatawan untuk menemani jalan-jalan. Kalaupun kamu masih takut menunggangnya sendirian, tersedia instruktur yang siap menemanimu sehingga acara berkudamu di Bromo akan lebih aman. Tentunya naik kuda di hamparan padang pasir juga sangat Instagramable guna mengisi media sosialmu, bukan?

5.         Menyaksikan Upacara Yadnya Kasada
Masyarakat di sekitar Gunung Bromo banyak yang beragama Hindu. Pada sekitaran bulan Agustus-September, masyarakat yang masuk dalam suku Tengger tersebut memiliki sebuah upacara besar untuk menghormati para leluhur yang diberi nama Upcara Yadnya Kasada. Dalam kegiatan ini, akan ada pelemparan sesajen ke kawah gunung yang seru untuk ditonton. Kamu pun pastinya akan merasa istimewa ketika menyaksikan upacara yang tidak setiap saat bisa disaksikan ini.


loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment