Ternyata Begini Perubahan Standard Ganteng Cowok dari Masa ke Masa. Yang Tahun 1920an Gokil!

shares |


Meskipun banyak yang bilang kalau ganteng itu relatif, tapi kalau jelek ya jelek aja. Begitu kata cewek-cewek yang menganggap kegantengan cowok adalah hal yang sangat penting. Seberapa pun nggak pedulinya kamu dengan penampilan, tapi first impression itu beneran ngaruh sama semua orang. Padahal tau sendiri kan, kebanyakan cowok-cowok nggak pernah mempedulikan itu. Kalau dapet ganteng ya syukur, nggak dapet ganteng yang cari banyak uang, biar dapet cewek cantik. 😀

Tentang ganteng yang relatif memang benar adanya lho boys. Dari tahun ke tahun, standar gantengnya cowok juga beda-beda. Usut punya usut ini tergantung style fashion yang dipopulerkan oleh dunia hiburan dan media massa kita. Kalau jaman 1960an lagi booming banget The Beatles, maka style dan standar ganteng di seluruh dunia juga nggak jauh dari John Lennon dan Paul McCartney. Hipwee boys bakalan kasih tau kamu sosok ganteng dari waktu ke waktu. Biar kamu paham evolusinya dan bisa bergaya ala-ala milenium.

Tampan 1910an, rambut klimis dan belahan samping

Seorang model asal USA Samuel Orson menampilkan 100 tahun evolusi ketampanan dari waktu ke waktu melalui sebuah video berdurasi 1 menit 27 detik. Video tersebut merupakan proyek dari cut.com yang bekerja sama dengan sejumlah hairstylish khusus pria. Sebelas gaya dandanan ditampilkan dari mulai dekade 1910an hingga 2010an.

Gaya khas 1910 adalah rambut klimis belah tengah dengan kumis tebal yang melengkung di sampingnya. Kalau kamu bergaya begini di zaman sekarang, kamu bakal kelihatan tua boys.

Gaya 1920an, tetap klimis sih tapi nggak pake kumis. Yang kayak di film-film perang itu, lho

Di 1920an, rambut klimis dan rapi masih booming. Tapi sedikit berubah dengan belahan rambut yang di tengah dan kumis yang dicukur habis. Jangan salah, gaya yang sekarang dibilang cupu ini dulu adalah gaya paling hits.

Gaya 1930an, klimis mulai bervariasi dan kumis ditumbuhin lagi

Bisa dibilang kumisnya tipis, tapi nggak tipis banget. Jadi nanggung. Dan ternyata pakai cincin batu akik juga! Classy.

Gaya 1940, kumis menghilang lagi! Ternyata kumis selalu jadi salah satu elemen penting untuk penampilan cowok

Di 1940an kumis sudah nggak tren lagi, dan goodbye rambut klimis.

Gaya 1950an, semua kena pengaruh Elvis Presle. Orang ganteng ya orang punya jambang

Nah di era ini nih, era-era celana cutbray dan rambut jambul berjambang. Semua ini karena pada 1950an kepopuleran Elvis Presley mengilhami gaya fashion cowok-cowok di seluruh dunia, termasuk standar ketampanannya.

Gaya 1960an, banyak cowok yang mulai gondrongin rambut. Ganteng nggak harus klimis lagi

Di dekade ini rambut gondrong pertama kali populer. Terutama rambut gondrong yang ngeblow dan rapi. Kalau dibikin versi Indonesianya, kaya The Cangcuters kali ya.

Gaya 1970an, gondrongnya mulai semrawut. Gaya ini masih banyak yang pakai sih sampai sekarang

Pada 1970an, rambut yang dulunya gondrong rapi sekarang mulai dibiarkan berantakan. Kumis dan brewok juga mulai tumbuh. Ini adalah konsep wild and free yang pada 1970an snagat diidam-idamkan cowok.

Gaya 1980an, balik lagi ke klimis, tapi gondrong! Perpaduan gaya 20an dan 70an

Fashion memang berulang boys. Di dekade sebelumnya, rambut klimis mungkin dianggap jadul banget, tapi di 1980an klimis jadi ngetren lagi, lho, bedanya kalau dulu klimis rambut pendek sekarang klimis gondrong. Brewok juga sudah hilang lagi, mungkin bosan sama gaya semrawut di dekade sebelumnya.

Gaya 1990an, malah kembali semrawut lagi nih! Gaya ala-ala band Nirvana tahu?

Mungkin karena Nirvana lagi terkenal-terkenalnya saat itu, jadi rambut gondrong berantakan kembali populer lagi. Tahun 1990an, terlihat berantakan bukanlah sebuah kesalahan, malah dianggap kekinian.

Gaya 2000an, mulai agak metroseksual. Rapi dan terlihat lebih terawat dari gaya sebelumnya

Bisa dibilang ini juga beda banget dengan dekade sebelumnya. Dandanan rambut pendek berjambul dan wajah yang bersih menjadi standar ketampanan di era millenium. Hal ini banyak dipengaruhi oleh boy band seperti Westlife dan aktor-aktor terkenal seperti Brad Pitt dan Tom Cruise.

Gaya 2010an, inilah ganteng masa kini. Gayanya agak bermacam-macam tapi yang jelas semua terlihat terawat

Di dekade ini, sebenarnya definisi ganteng bisa dikategorikan dalam dua jenis. Ganteng yang ‘cowok banget’ dan ganteng ‘cute’. Ini juga dipengaruhi oleh dunia hiburan. Adanya Korean Wave pada dekade ini, bikin standar ketampanan juga dipengaruhi oleh standard Korea. Tapi di sisi lain, ganteng ala-ala hollywood juga sampai saat ini masih jadi idola cewek-cewek.

Gimana boys? Sudah ada inspirasi buat dandanan kamu di malam minggu ini? Terlepas dari kamu yang merasa nggak ganteng, sebenarnya itu semua bisa dirubah kok dengan tampil modis dan sesuai dengan pribadi kamu. Jangan sampai salah dandanan, lho, bisa dikira om-om!

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/ternyata-begini-perubahan-standard-ganteng-cowok-dari-masa-ke-masa-yang-tahun-1920an-gokil/
loading...

Related Posts

2 comments: