Tanda Kamu Seorang Jobseeker yang Tangguh, Kalau Sindiran Ini Udah Kamu Anggap Angin Lalu

shares |


Persaingan kerja saat ini bisa dibilang sudah sangat ketat. Jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Makanya, nggak jarang kamu melihat atau bahkan merasakan masa-masa jadi pengangguran tidak kentara. Di mana gelar sudah ada di tangan, namun pekerjaan belum juga didapatkan.

Mencari pekerjaan memang harus diiringi dengan adanya rasa sabar pada diri. Mengingat tantangan dalam mencari pekerjaan itu ada aja bentuknya. Baik tantangan dari dalam diri maupun dari luar. Omongan orang-orang juga termasuk di dalamnya. Biasanya mereka berempati denganmu saat kamu belum juga dapat pekerjaan. Namun tak jarang juga mereka malah menyindirmu kenapa belum dapat kerja juga.

Padahal ‘kan mencari kerja nggak segampang membalik telapak tangan ya?

Kalau sindiran-sindiran berikut udah kamu anggap angin lalu. Selamat, berarti kamu termasuk jobseeker yang tangguh!

1. “Lulusnya udah lama. Kok belum kerja juga?”

Salah satu bukti bahwa lulus cepat akan dapat pekerjaan dalam waktu yang cepat pula. Semuanya butuh usaha dan doa yang kuat dari para pelakunya.

2. “Udah, nggak perlu milih-milih kerjaan. Kalau nganggur gini ‘kan kamu juga yang rugi,”

Bukannya mau pilih-pilih pekerjaan, tapi kalau memang belum saatnya bekerja, kamu bisa buat apa? Menunggu sembari mengusahakan yang terbaik nggak akan sia-sia kamu lakukan.

3. “Kalau masih nganggur gini, kamu pasti nyesel ya udah nolak kerjaan yang dulu?”

Mencintai Berarti Mengikhlaskan, Termasuk Ketika Menikah Dengan Dia yang Nggak Benar-benar Kamu Inginkan

Kata menyesal sebaiknya nggak kamu tuliskan dalam kamus kehidupan. Karena hidup merupakan berjalan di antara dua pilihan yang selalu ada resikonya. Menyesal hanya akan membuatmu berjalan di tempat saja.

4. “Kerjaan itu dicari, bukan ditunggu kayak gini. Sana cari kerja yang bener,”

Mungkin gampang bagi orang-orang berkata demikian. Namun belum tentu mereka akan kuat jika ditempatkan pada posisimu sekarang.

5. “Zaman makin canggih gini, kok kamu masih nunggu panggilan kerja?”

Iya sih, zaman makin canggih. Hanya berbekal ponsel pintar, kamu bisa tahu informasi dari seluruh dunia. Tapi kalau pekerjaan impianmu belum jadi jodohmu, jalan terbaik adalah menunggu sembari mencari yang terbaik untukmu.

6. “Temenmu udah pada dapet kerjaan, gajinya gede lagi. Nggak pengen apa kayak mereka?”

Kalau mau dibanding-bandingkan, hidup manusia nggak ada habisnya. Kalau ada orang yang bilang ini padamu, ya dengerin aja. Belum tentu mereka setangguh dirimu saat dibandingkan dengan orang lain.

7. “Umur segitu masih aja cari kerja. Padahal yang lain udah pada sukses ya,”

Masalah pekerjaan nggak bisa disamakan dengan umur sih. Karena nggak ada jaminannya seseorang sukses kalau mereka makin tua. Semuanya tergantung usaha dan takdirmu aja.

8. “Nggak ada apa dari keluargamu yang bisa cariin kamu kerjaan?”

Kalau hanya mengandalkan link dari keluarga, ya nggak akan mandiri seterusnya. Masa dari sekolah dasar sampai kuliah masih aja mengandalkan kedua orangtua? Mandiri dalam hal termasuk mencari pekerjaan juga bisa membuatmu makin dewasa.

9. “Duh, umur segini masih di rumah aja. Kamu nikah aja kali ya,”

Kalau ada yang bilang begitu padamu, senyumin aja. Anggap aja sebagai angin lalu. Emang nikah nggak butuh biaya apa?

10. “Usahamu kurang keras kali. Masa udah lama lulus masih di rumah aja?”

Orang lain memang hanya bisa melihat dari luar dirimu aja. Mereka seringkali melewatkan sisi-sisi dalam dirimu. Mengenai udah keras atau belum usahamu, itu semua cuma kamu yang bisa menilainya sendiri.

11. “Lagi sibuk apa nih? Eh, masih sibuk cari-cari lowongan kerja nih kayaknya,”

Sebagai jobseeker, bukan berarti kamu kerjaannya mencari kerja aja. Sebenarnya masih banyak hal lain yang harus kamu lakukan, namun terkadang orang lain menganggapmu tak punya kesibukan sama sekali. Biarin aja omongan seperti itu. Anggap aja sebagai angin lalu.

12. “Dibilangin juga apa, kamu dulu pasti salah jurusan kuliahnya. Sampai sekarang jadi susah cari kerjaan,”

Kalau belum juga dapat pekerjaan, pasti kamu dibilang kuliahnya salah jurusan. Padahal kerjaan nggak harus berhubungan dengan bidang kuliahmu. Kerjaan bisa datang dari mana aja.

Sebenarnya nggak perlu khawatir akan pekerjaan. Asal kamu berusaha dengan giat, pekerjaan impianmu pasti bakalan kamu dapat. Percaya aja kalau jodoh, rezeki termasuk pekerjaan di dalamnya, udah ada yang ngatur dan nggak akan lari ke mana. Nah kalau kamu udah kebal dengan sindiran-sindiran ini, tandanya kamu seorang jobseeker yang tangguh. Sindiran macam gini aja nggak mempan untuk menggoyahkan usahamu. Pasti ke depannya kamu mampu menghadapi sindiran yang lebih keras dari dunia.

Yuk, jangan mau kalah sama omongan orang. Buktikan sama mereka bahwa kamu juga lagi berusaha!

Sumber; http://www.hipwee.com/motivasi/kalau-12-sindiran-ini-udah-nggak-mempan-buatmu-berarti-kamu-termasuk-jobseeker-yang-tangguh/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment