Sukses Dibikin Novel dan Film, Anak Indigo Itu Masih Jadi Misteri. Ini 7 Hal yang Sudah Diketahui

shares |


Sudah nonton film kisah Risa Saraswati dengan kelima sahabat hantunya di film Danur? Tembus 1 juta penonton hanya dalam waktu sepekan, film ini memecahkan rekor MURI sebagai film horor dengan jumlah penonton terbanyak dalam waktu enam hari. Semua elemen dari film ini memang sensasional. Dari hebohnya acara pemutaran perdana yang katanya dihadiri langsung oleh teman-teman gaib Risa, sampai ya fakta bahwa kisah ini terinspirasi dari pengalaman nyata Risa sebagai anak indigo yang bisa melihat hal-hal yang tak terlihat.

Mungkin sebagian besar dari kita masih awam ya dengan konsep ‘indigo’ ini. Tapi sebenarnya para ilmuwan dan ahli psikologi sudah dari dulu berupaya memecahkan misteri di balik keistimewaan sejumlah orang yang tampaknya punya ‘penglihatan’ lebih. Ya seperti Mbak Risa Saraswati ini. Dalam novel maupun film Danur, kita memang diberi kesempatan untuk sedikit memahami perspektif anak indigo lewat karakter Risa. Tapi ternyata banyak fakta yang masih belum tersingkap seputar anak indigo ini.

Berangkat dari rasa penasaran, Hipwee News & Feature ingin lebih baik memahami saja sih sebenarnya anak-anak indigo ini seperti apa…

1. Anak Indigo pertamakali dikenali oleh ahli psychic atau paranormal bernama Nancy Tappe di tahun 1970-an. Ia menyadari fenomena menarik bahwa makin banyak anak terlahir dengan aura indigo

Dalam konteks warna, indigo merupakan warna yang berada ditengah-tengah spektrum biru dan ungu. Warna inilah yang makin sering dilihat Nancy pada anak-anak yang terlahir pasca era 1960-an. Penemuan itu dituliskan dalam bukunya yang berjudul Understanding Your Life Through Color pada tahun 1972. Nancy menjelaskan bahwa tiap generasi biasanya memiliki warna dominan, seperti anak-anak era Perang Dunia II banyak yang memiliki aura berwarna abu-abu.

Ilmu ‘penerawang’ seperti Nancy Tappe sebenarnya masuk ke dalam kategori pseudoscience atau ilmu semu. Lebih spesifiknya lagi masuk dalam ranah parapsikologi, yang mempelajari secara ilmiah peristiwa atau hal yang oleh orang awam disebut ‘mistik’ atau anomali. Konsep warna aura ini selanjutnya berkembang lewat budaya populer seperti buku dan film. Salah satunya seperti buku berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived yang ditulis oleh guru self help Lee Carroll dan Jan Tober pada tahun 1998. Sekarang sih sampai ada organisasi, komunitas, dan pertemuan anak-anak Indigo yang diadakan tiap tahun.

2. Secara umum, anak beraura indigo ini diyakini memiliki kemampuan spesial yang bersifat supernatural. Bahkan ada yang bilang, anak Indigo adalah wujud evolusi selanjutnya dari umat manusia

Di samping aura berwarna biru keunguan yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu, keistimewaan perilaku dan kemampuan dari anak-anak Indigo lebih mencolok. Mereka sepertinya memiliki kepekaan lebih untuk merasakan dan melihat hal-hal yang ada di dunia ini. Dari situlah banyak yang meyakini bahwa anak-anak Indigo memang terlahir dengan indra keenam dan mereka adalah perwujudan evolusi manusia yang selanjutnya.

Salah satu kemampuan yang paling terkenal adalah kemampuan mereka melihat hantu, penampakan gaib, atau hal-hal yang tak terlihat mata biasa. Tapi ya itu sebenarnya hanya salah satu contohnya. Selain secara umum mereka jauh lebih sensitif dan kreatif, anak-anak Indigo juga banyak yang dilaporkan memiliki kekuatan telepati. Nancy Tappe sendiri mengklasifikasikan anak Indigo menjadi 4 tipe : Humanis, Artist, Konseptual, dan Katalist karena sensitivitasnya berbeda-beda.

3. Selain parapsikologi, ranah ilmu lain sebenarnya juga banyak yang mencoba memecahkan misteri anak Indigo. Meski belum ada hasil pastinya, keberadaan mereka tampaknya semakin diakui

Menurut Paul Dong dan Thomas E. Raffil dalam bukunya China’s Super Psychics, pemerintah Cina menghabiskan milyaran dana untuk untuk menemukan anak-anak yang punya “Extra Human Function” di antara 100.000 anak. Mereka dikumpulkan dalam sekolah dan lembaga riset sendiri untuk dilihat dan di-training kemampuannya. Sementara di Amerika, beberapa spekulasi bermunculan. Beberapa di antaranya tentang teori konspirasi, bahwa generasi indigo adalah bagian dari eksperimen pemerintah untuk menciptakan dunia baru. Itu hanyalah dua contoh negara yang secara serius menjajaki kemungkinan adanya manusia yang jauh lebih spesial dibanding yang lain.

4. Jika dilihat dari fungsi otaknya, ternyata anak-anak Indigo sangat dominan kinerja otak kanannya. Jangan heran bila IQ mereka diatas seratus dua puluhan

Anak-anak indigo ini tergolong anak yang istimewa. Otak kirinya bekerja dengan baik, otak kanannya pun luar biasa. Banyak di antara mereka yang IQ-nya tinggi, mendekati jenius. Anehnya, kebanyakan dari mereka juga mengalami kesulitan belajar di sekolah. Selain fakta bahwa mereka kesulitan mengikuti aturan yang sifatnya otoriter, karena mereka melihat sesuatu yang nggak dilihat orang membuat mereka juga kesusahan bersosialisasi.

5. Selain cerdas, anak indigo juga dikenal punya kepekaan yang tinggi. Kamu yang super sensitif, yakin nggak bisa lihat yang tak terlihat?

Nggak cuma inderanya yang super tajam, hatinya anak indigo juga tajam. Sifat sensitif dan peka membuat mereka mudah terkoneksi dengan perasaan orang lain. Mereka mudah merasa empati saat mendengar curhatan atau melihat penderitaan orang lain. Sebaliknya, mereka juga sangat ekspresif saat berbahagia karena mengikuti dorongan jiwa. Sensitivitas dan kepekaan juga membuat mereka jago membaca situasi. Mungkin itulah kenapa mereka tahu kapan kamu bohong dan kapan kamu jujur. Bukan karena mistis, tapi karena bagaimanapun juga ada gestur-gestur khusus saat kamu sedang berbohong.

6. Tak hanya dikenal bisa lihat yang enggak-enggak, mereka diduga punya banyak kemampuan ekstra. Mulai dari telepati hingga berkelana jiwanya

Di Indonesia, anak indigo dikenal sebagai anak yang punya indera keenam. Bisa melihat hantu dan ngobrol dengan roh gentayangan. Tapi sebenarnya, ada kemampuan-kemampuan lain yang mungkin dimiliki anak indigo lho. Semua anak Indigo umumnya jago baca pikiran orang, tapi kemampuan telepati atau komunikasi jarak jauh hanya dimiliki oleh beberapa orang saja. Untung ya? Kalau semua orang bisa telepati, pasti perusahaan telekomunikasi nggak jalan lagi.

Lalu ada Prekognisi, yaitu kemampuan melihat kejadian yang belum terjadi. Hal ini bisa terjadi karena mistik alias benar-benar menerawang masa depan, tapi bisa juga karena kemampuan menganalisa data-data sekarang dan mengambil kesimpulan apa yang akan terjadi di masa depan. Sebaliknya, mereka juga bisa melihat kejadian di masa lalu alias retrokognisi. Mereka juga punya kemampuan klervoyans, atau melihat kejadian di tempat lain. Terus ada juga kemampuan telekinetik, alias mengontrol benda-benda tanpa menyentuh. Seperti yang dilakukan oleh Deddy Corbuzier itu tuh.

7. Mereka yang ‘gifted’ ini tak selamanya beruntung. Merasa tak dipahami oleh orang lain, membuat mereka rentan mengalami depresi

Menjadi seorang anak indigo yang tahu hal-hal yang nggak orang tahu juga nggak mudah. Terutama di usia-usia anak-anak atau remaja, seringkali mereka mengalami depresi. Nggak semua, tapi sebagian anak indigo secara medis didiagnosis mengidap Attention Deficit/Hyperactivity Disorder atau ADD/ADHD karena karakter-karakter seperti: susah fokus, mudah bosan, dan sedikit impulsif. Anak-anak indigo pun memerlukan metode khusus untuk pembelajaran. Metode textbook dan diterangkan kalimat demi kalimat jelas bukan gayanya.

Wah ternyata seorang anak indigo nggak sesederhana bisa lihat setan saja ya. Meskipun beberapa penelitian dilakukan, tapi soal anak indigo ini memang masih diperdebatkan antara fiksi atau nyata. Namanya juga pseudoscience. Ya fakta-fakta di atas inilah yang telah berhasil diketahui tentang anak Indigo, tapi sejujurnya masih banyak hal misterius tentang mereka yang belum tersingkap. Kalau memang benar mereka adalah evolusi selanjutnya manusia, berarti besok pelan-pelan manusia bakal punya indera keenam semua?

Kalau dikasih pilihan, kamu mau nggak punya indera keenam?

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/sukses-dibikin-novel-dan-film-anak-indigo-itu-masih-jadi-misteri-ini-7-hal-yang-sudah-diketahui/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment