Stres Masalah Kerjaan Bisa Kamu Kurangi dengan Hal-hal Ini. Kamu Udah Pernah Coba Belum?

shares |


Tantangan dalam bekerja itu banyak macamnya. Mulai dari target bulanan yang perlu dicapai, performa kerja yang perlu ditingkatkan, sampai masalah sosial dengan teman sekantor. Nah dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, secara nggak sadar kamu bisa terkena stres juga. Tanda kalau kamu udah mulai mengalami stres dalam kerjaan bisa dilihat dari luar lho. Seperti konsentrasimu yang menurun sampai berimbas ke perfomamu yang terjun bebas, karena terlalu stresnya.

Nah, stres ini bisa kamu kurangi dengan melakukan hal-hal sederhana ini. Semuanya berasal dari lingkungan sekitarmu, bahkan beberapa berasal dari dalam dirimu sendiri.

1. Coba deh sesekali menjelajah kantormu. Mungkin kamu akan menemukan spot-spot tertentu yang bisa kamu jadikan area pelepas penatmu

Saat stres sama kerjaan, bawaannya pasti malas dan segera ingin menyudahi semua. Padahal kerjaan belum beres, tapi pikiran udah terlalu lelah untuk sekadar menatap layar komputer atau lembaran kerjaan. Nggak ada salahnya kalau pada saat itu kamu break sejenak dari kerjaanmu. Lalu menjelajah kantormu. Siapa tahu kamu bisa menemukan spot-spot baru yang sekiranya nyaman untukmu “lari sementara” dari kerjaan. Spot-spot itu bisa pantry, rooftop, taman atau tempat yang lainnya. Di sana kamu bisa merokok sebentar atau sekadar mencari angin segar.

2. Makanan favoritmu juga bisa menghilangkan stres lho. Pesan aja lewat ojek online saat makan siang, jangan hanya ngetem di kantin kantor melulu

Kalau lagi stres, salah satu obat yang bisa menyembuhkan adalah makanan kesukaan. Kalau makanan kesukaanmu nggak ada di kantin kantormu, kamu bisa memesannya via ojek online. Bisa minum kopi, makan batagor, ketoprak, mie ayam pangsit atau makanan lain yang menjadi favoritmu. Dengan menikmati makanan kesukaanmu itu, tingkat stresmu bisa sedikit berkurang. Rasanya nggak hanya kenyang saja, tapi pasti juga sedikit akan lega ketika makanan itu masuk ke perutmu.

3. Kerja serius boleh, tapi jangan lupa bercanda sama teman-teman kantormu. Kendurkan dulu otot-otot itu dengan tertawa bersama mereka saat waktu senggang di kantor

Bekerja dengan serius itu perlu. Namun jangan lupa untuk sesekali bercanda dengan teman-temanmu. Biar kamu nggak kencang-kencang amat lah otakmu dalam bekerja. Ada saatnya kamu dan pikiranmu bekerja selow aja. Bercanda dengan teman-teman di kantor bisa mengendurkan otot-ototmu yang tegang, apalagi setelah seharian bekerja dan dikejar target.

4. Lihat di sekelilingmu, ternyata nggak hanya kamu yang mengalami hal seperti itu. Teman-teman satu kantormu bahkan ada yang lebih stres dari kamu

Kalau kamu lagi stres dengan kerjaan. Jangan merasa kamu yang paling tersiksa. Coba lihat di sekelilingmu. Nggak hanya kamu yang stres dengan pekerjaan ini. Ada office boy yang tiap hari datang pagi untuk membersihkan kantor yang mungkin pendapatannya tak seberapa. Ada juga atasanmu yang punya tanggungjawab dan resiko pekerjaan yang lebih besar.

Kalau hal ini sampai terjadi padamu, cukup bicara aja pada dirimu bahwa stres itu wajar kok. Salah satu bentuk reaksi diri atas tekanan yang ada, tanda bahwa tubuhmu memberikan sinyal untuk sedikit lebih selow aja.

5. Kalau masih stres juga, ya bersyukur aja. Masih banyak lho orang-orang di luar sana yang mati-matian mencari kerja

Lho kenapa nggak? Dengan lebih mensyukuri apa yang kamu miliki sekarang, bisa sedikit membuat dirimu rileks. Coba bayangin kalau kamu nggak punya kerjaan seperti sekarang? Mungkin kamu akan lebih stres daripada sekarang. Paling tidak, sekarang kamu bisa memiliki penghasilan sendiri. Kalau mau beli apa ya tinggal beli. Kamu bahkan udah nggak lagi merepotkan orangtua karena belum stabil dalam kondisi ekonomi.

6. Pilihan terakhir, mungkin kamu butuh liburan. Nggak perlu ke tempat mahal, yang penting kamu bisa melepaskan stres di pikiran

Kalau semua cara di atas udah kamu coba tapi masih merasa stres juga. Itu tandanya kamu perlu liburan. Liburan nggak melulu perkara pergi ke tempat wisata yang mahal-mahal. Ambil cuti sehari-dua hari dan menepikan diri dari pekerjaan untuk melakukan hobi atau aktivitas yang lain, mungkin cukup untuk meredakan. Yang penting selama masa ‘nyepimu’ itu kamu merasa lebih rileks dan tenang.

Liburan ‘kan bukan cuma perkara pergi ke tempat-tempat yang mahal

Setiap orang pasti berbeda dalam hal meredakan stres saat bekerja. Tapi kalau kamu belum punya satu pun referensi caranya, mungkin beberapa cara di atas bisa kamu jadikan pilihan. Stres karena kerjaan sih boleh aja, tapi jangan sering-sering ya? Kasihan sama pikiranmu. Masih banyak lho hal-hal yang menyenangkan untuk kamu pikirkan, daripada mikirin stres karena kerjaan.

Sumber; http://www.hipwee.com/motivasi/cara-ampuh-hilangkan-stres-masalah-kerjaan/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment