SolePower. Hanya dengan Berjalan Kaki, Kamu Bisa Hasilkan Energi Listrik Buat Kebutuhan Sehari-hari

shares |


Listrik memang jadi kebutuhan mendasar saat ini. Zaman sekarang rasanya seharian tanpa listrik itu bagai kutukan. Gelap gulita, tidak bisa nonton tv, tidak nge-charge laptop atau HP, dan mungkin yang paling menyebalkan wifi juga ikut mati. Padahal pasokan listrik negeri kita juga tidak stabil, makanya pemadaman berkala jadi makin sering terjadi. Meski sekarang pemerintah sudah mengeksplor energi yang lebih ‘hijau‘, saat ini tenaga pembangkit listrik Indonesia kebanyakan masih energi fosil yang tidak terbaharukan dan makin langka.

Nah ini ada terobosan baru! Bukan tenaga minyak, gas, air, atau surya, ada sebuah perusahaan di Amerika Serikat SolePower berhasil mengolah langkah kaki manusia jadi energi. Hah?! Langkah kaki?! Yup, selain membakar lemak, ternyata berjalan kaki bisa menghasilkan energi listrik. Dengan mengubah gaya kinetik yang dihasilkan gerakan kaki manusia jadi energi, SolePower berhasil mengembangkan Smart Boots. Kamu hanya perlu pakai sepatu pintar ini untuk bisa menghasilkan listrik sendiri!

Wah berarti nantinya mungkin kita nggak perlu lagi bayar tagihan listrik ya!? Konsep ini emang brilian banget sih. Selain maksa orang buat olahraga, juga sekalian bisa menghasilkan listrik sendiri. Yuk simak ulasan Hipwee News & Feature selengkapnya.

1. Smartboots, sepatu penghasil tenaga listrik yang rechargeable. Kini melangkahkan kaki sama artinya dengan memperbanyak cadangan listrik

Solepower, sebuah perusahaan berbasis startup yang berasal dari kota Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Awalnya hanya membuat sebuah alat isi ulang baterai portabel yang dikenakan di dalam sepatu, sekarang tenaga kinetik saat berjalan kaki benar-benar ingin dikembangkan jadi energi hijau alternatif. Pada awal Februari 2017 lalu, perusahaan ini akhirnya meluncurkan terobosan terbarunya Smart Boots. Sepatu boots yang katanya juga nyaman dipakai sehari-hari ini bisa mengolah langkah-langkah kaki kita jadi energi listrik.

Perusahaan yang dimotori anak muda Hahna Alexander dan Matthew Stanton ini ke depannya ingin mengembangkan potensi sole power atau tenaga kaki manusia ini semaksimal mungkin. Kalau tiap orang bisa memenuhi kebutuhan listriknya hanya dengan berjalan kaki, kita ‘kan tak perlu lagi tergantung sama perusahaan listrik.

2. Saat ini sepatu pintar ini paling sesuai untuk kamu yang suka menjelajah dan naik gunung. Saat tidak ada colokan listrik pun, kamu tetap punya cadangan listrik dari Smart Boots

Smart Boots yang saat ini berhasil dikembangkan dan telah diluncurkan kemarin, memang baru menargetkan kalangan petualang yang seringkali membutuhkan listrik di tempat-tempat terpencil. Hanya dengan berjalan menggunakan sepatu pintar ini, kamu bisa mengumpulkan cadangan listrik yang dibutuhkan selama perjalanan. Tidak peduli dimana pun, kamu tak perlu lagi kelimpungan mencari rumah terdekat untuk cari colokan listrik buat nge-charge HP.

Bukan cuma dilengkapi piranti isi ulang baterei semacam powerbank, Smart Boots juga ternyata dilengkapi GPS dan alat perekam penjelajahanmu. Cocok banget sih buat yang hobi naik gunung! Punya cadangan listrik dan nggak perlu khawatir tersesat atau hilang di tengah jalan.

3. Smart Boots juga dilengkapi berbagai sensor yang membantu penggunanya mengetahui performanya. Dari berapa banyak listrik yang dihasilkan sampai suhu tubuh

Selain keselamatan terjamin, bagi kamu yang suka berpetualang juga bisa mengecek stamina diri dengan berbagai fitur di Smart Boots. Di samping sensor cadangan listrik yang dihasilkan, sepatu ini juga dilengkapi pengukur suhu tubuh sampai tingkat kelelahan. Jadi jika kamu sedang sendirian di hutan belantara, ada sepatu pintar yang mengingatkanmu untuk beristirahat dari waktu ke waktu. Dengan semua fitur canggih tersebut, sepatu ini juga dinilai sesuai untuk pekerja yang bekerja di kondisi ekstrem. Biar aman dan selamat.

4. Karena semua fiturnya yang inovatif dan canggih abis ini, Smart Boots sekarang bahkan dilirik pemerintah AS untuk keperluan militer

Dengan terobosannya yang sangat mutakhir ini, SolePower bahkan ditarik untuk bekerja sama dengan kesatuan militer Amerika Serikat. Salah satu pasukan militer terkuat di dunia. Kalau memang pasukan militer AS saja mengakui kehebatan sepatu ini, nggak sabar gimana nantinya jika konsep sepatu ini juga dikembangkan untuk sepatu casual atau sneakers. Semua orang bisa berjalan dengan sepatu pintar dan menghasilkan keperluan listriknya masing-masing. Ya ditunggu saja ya!

Sekali lagi kita dibuat terpukau dengan hasil karya pemikiran manusia. Ditengah-tengah kekhawatiran akan dampak global warming yang semakin parah, inovasi-inovasi seperti ini bisa memberikan umat manusia secercah harapan. Kalau nantinya produksi listrik bisa sepenuhnya hijau tanpa perlu membakar energi fosil dan melubangi ozon, mungkin kondisi bumi yang rusak dapat kembali ke sedia kala…

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/solepower-pembangkit-tenaga-listrik-tenaga-jalan-kaki-kini-beneran-ada-biar-manusia-nggak-malas/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment