Siap-siap Generasi 90an, Tamagotchi Versi Original Akan Kembali Dijual!

shares |


Siapa sih yang nggak main tamagotchi waktu masih kecil? Selain gameboot yang ada game tetris-nya itu, tamagotchi juga jadi mainan kebanggaan generasi 90an. Tamagotchi adalah mainan pertama yang bikin kita merasa punya peternakan. Banyak yang harus kita lakukan, mulai dari memberi makan, membersihkan kandang, menyuruhnya tidur, mengecek umur, sampai menjaga mood-nya agar tetap bahagia. Masih ingat ‘kan gimana resahnya kita kalau lupa memberi makan ‘hewan-hewan’ itu? Ingat juga bagaimana kamu sampai lupa makan gara-gara nungguin dinosaurus kamu menetas dari telurnya? Berasa bodoh sih kalau diingat, tapi pasti seru kalau bisa main lagi!

Nah, ada kabar gembira untuk generasi 90an yang susah move on ini. Bagai aktor Korea yang sudah hiatus panjang lalu comeback menghibur penggemar, mainan kebanggaan kita semua itu juga akan kembali dijual! Yeay! Seperti yang dilansir dari Wired, tamagotchi klasik ini sudah kembali dijual di Jepang. Penasaran? Yuk cek ulasan Hipwee News & Feature selengkapnya!

Tamagotchi pertama kali dibuat tahun 1996. Berasal dari Jepang, popularitasnya bisa go internasional

Mengaku pecinta tamagotchi, tapi kamu sudah tahu belum sih sejarah mainan ini?

Tamagotchi dirilis pertama kali di tahun 1996 di Negeri Sakura. Tapi popularitasnya nggak berhenti di situ, melainkan sampai ke dunia internasional. Di Indonesia, tamagotchi sudah ibarat mainan lokal yang dikenal oleh anak dari semua lapisan. Sebuah penelitian mengungkapkan, di puncak popularitasnya, 15 tamagotchi terjual di Amerika Serikat dan Kanada setiap menitnya. Wow!

Tapi ternyata tamagotchi ini punya filosofi yang lumayan dalam lho. Kita tahu bahwa orang Jepang memang terobsesi pada perkembangan robot yang punya memiliki koneksi dengan manusia. Itu juga yang mendasari munculnya karya seperti Mighty Atom dan Doraemon. Konsep yang sama diterapkan pada tamagotchi, yaitu bagaimana anak-anak punya ‘hewan peliharaan’ digital.

Meski versi aslinya sudah nggak diproduksi, sebenarnya banyak aplikasi tamagotchi. Yah, bukti bahwa anak 90an memang move on-nya nggak gampang

Kalau dibandingkan mainan-mainan lokal lainnya, popularitas tamagotchi memang lumayan cepat meredup. Munculnya berbagai ‘mainan’ baru untuk anak-anak seperti Nintendo ataupun Playstation, membuat pelan-pelan tamagotchi tergantikan hingga akhirnya hilang dari pasaran. Hingga saat ini, ada 5 versi tamagotchi yang sudah pernah dirilis, yaitu: V1, V2, V3, V4, dan V5. Nah meskipun tamagotchi asli sulit dibeli, banyak permainan tamagotchi yang bisa kamu dapatkan di playstore. Dengan smartphone kita yang luar biasa, memang banyak permainan masa kecil yang bisa kembali kita mainkan.

Nah kini yang dijual bukan lagi aplikasi atau game di smartphone, tapi tamagotchi versi 2017. Meski ada sedikit perubahan, tapi dijamin kamu tetap familiar kok

Yang sedang dirilis ulang ini namanya Tamagotchi Classic. Formatnya persis dengan yang dulu kamu punya, lengkap dengan 6 hewan peliharaan asli, resolusi layar yang rendah, dan bentuk bulat telur yang khas. Sedikit perbedaannya hanya pada tamagotchi yang ini lebih kecil dari tamagotchi-mu yang dulu dan bentuk layarnya sedikit lebih kotak. Selain itu ada beberapa tambahan menu untuk memberikan tips-tips beternak. Di bawah perusahaan yang sama, yaitu Bandai Namco, Tamagotchi Classic dijual seharga 1920 yen atau sekitar Rp230 ribu. Berminat?

Meski baru di Jepang, siapa tahu Indonesia bakal segera menyusul ‘kan? Bisa nostalgia sekaligus belajar miara hewan lagi…

Sampai saat ini belum ada info apakah tamagotchi ini dipersiapkan untuk go international lagi atau hanya diedarkan di Jepang saja. Mungkin pihak Badai Namco juga melihat-lihat respon netizen terlebih dahulu. Tapi nggak ada salahnya ‘kan berharap? Kalau dipikir-pikir, tamagotchi ini lumayan berfaedah permainannya. Selain untuk nostalgia masa kecil yang bahagia, kamu juga bisa belajar menjadi peternak meski hanya secara virtual. Buat kamu yang selalu ingin memelihara hewan tapi terhalang berbagai kendala, bisa beli tamagotchi untuk pelipur lara.

Belakangan banyak barang lama yang dirilis ulang. Belum jelas semata karena nostalgia atau justru perusahaan memang lagi kekurangan ide

Tamagotchi bukan satu-satunya barang lama yang dirilis. Belum lama ini, Nokia 3310 yang jadi semacam legendanya HP juga sudah dirilis dengan beberapa fitur tambahan. Kemudian ada juga kartu Pokemon. Anak 90an mana yang tidak kenal Pokemon? Ah, kalau ada pasti dia nggak pernah menikmati senangnya nonton TV di hari minggu pagi. Pokemon sebenarnya adalah nama seri game dari Pokemon Company. Nah, dalam rangka memperingati ulang tahun permainan kartu Pokemon, Pokemon Company akan merilis ulang kartu versi originalnya. Iya sih, mengenang yang seru-seru di masa lalu memang menyenangkan. Tapi semoga ini bukan karena kita sudah kehilangan ide, kemudian kembali pada apa yang sudah pernah berjaya sebelumnya.

Yah, apa pun alasannya, kembalinya tamagotchi ini layak kita sambut dengan gembira. Lumayan untuk melepas penat dan menghibur diri sendiri. Jadi, kita tunggu saja sampai Tamagotchi Classic bisa dibeli di Indonesia.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/siap-siap-generasi-90an-tamagotchi-versi-original-akan-kembali-dijual/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment