Sebenarnya Sah-sah Aja Cewek Mengendarai Motor Cowok. Tapi kok Sering Dianggap Cewek Nggak Bener Ya?

shares |


Motor menjadi salah satu alat transportasi paling penting di Indonesia. Hal inilah yang bikin motor saat ini jadi hal yang tak mewah lagi, semua orang punya. Hampir setiap orang memiliki tunggangan masing-masing. Tak terkecuali cewek-cewek. Mungkin sepuluh tahun yang lalu, cewek yang bisa naik motor masih sangat langka. Tapi sekarang hampir semua cewek juga bisa naik motor.

Nah, ada yang unik dari kebiasaan cewek-cewek naik motor. Seringkali kita menjumpai cewek cantik bersliweran naik motor gede, alias motor cowok. Padahal selain tinggi, motor cowok ini kan berat banget. Tapi bukannya kelihatan tangguh, cewek yang pakai motor cowok selalu aja dianggap cewek tanda kutip atau dianggap cewek nggak bener sama beberapa orang. Padahal kalau dipikir-pikir nggak ada hubungannya sih, tunggangan seorang cewek dengan karakter mereka.

Kebanyakan orang nyinyir sama cewek yang pakai motor cowok, sedangkan kalau cowok pakai bebek matic mah biasa…

Pernahkah boys kamu lihat cewek yang naik motor gede? semacam Vixion atau Ninja? Kebanyakan orang bahkan termasuk dari kaum cewek itu sendiri, bakalan memandang sebelah mata cewek yang pakai motor cowok. Bukan karena nggak percaya si cewek bisa ‘menaklukkan’ tunggangannya, tapi lebih kepada pandangan kalau hal itu nggak pantas, inappropriate, bahkan dicap cewek nakal. Padahal kenakalan dan jenis tunggangan sama sekali nggak ada hubungannya sih. Kalau yang naik motor Vixion tadi berbakti pada orang tua dan rajin sholat, apa iya masih akan tetap dibilang cewek nakal?

Nah, beda dengan cowok yang pakai bebek matic. Meskipun motor bebek dan motor matic ini identik dengan motor yang didesain lebih ‘anggun’ daripada motor gede, tetap aja cowok yang pakai motor ini nggak masalah. Rasanya lihat cowok-cowok pakai matic juga tetap kelihatan keren. Sebenarnya sedikit nggak adil sih. Coba dikulik lagi yuk, kenapa bisa begini.

Desain-desain motor sebenarnya banyak yang terinspirasi dari postur hewan, bukan dari kejantanan cowok atau keanggunan cewek

Motor cowok seperti Yamaha Byson dan Honda Tiger sebenarnya memang terinspirasi dari postur tubuh hewan. Yamaha Byson terinspirasi dari hewan bison sehingga bentuk tangkinya lebih menonjol seperti punggung bison. Honda Tiger terinspirasi dari harimau yang memiliki tubuh tinggi besar dan mampu berlari dengan cepat. Sedangkan motor yang terinspirasi dari postur tubuh bebek pertama kalinya adalah motor pabrikan Italia yaitu Vespa. Jadi kalau mau diusut, nggak ada kaitannya juga sih desain motor dengan jenis kelamin perempuan atau laki-lakinya. Karena bison, harimau, dan bebek juga hewan yang bisa berjenis kelamin cowok ataupun cewek.

Masalah tunggangan sebenarnya lebih ke arah style dan kenyamanan sih, bukan ke arah kenakalan

Karena banyak yang bilang cewek nggak pantas pakai motor cowok, banyak juga yang memandang kalau cewek yang pakai motor cowok itu nakal. Padahal tunggangan lebih mengarah pada style dan kenyamanan sih. Siapa tau, motivasi cewek menunggangi motor cowok karena mereka menyukai desainnya yang kokoh atau karena lebih nyaman dengan motor yang berat. Ada juga beberapa cewek yang pakai motor cowok untuk gaya-gayaan, ini juga mengarah ke style kan?

Mungkin posisi kaki cewek saat pakai motor cowok yang bikin orang mikir kalau itu nggak pantes

Motor-motor gede yang sering diasosiasikan sebagai motor cowok kebanyakan memiliki posisi tangki bensin di depan, bukan di belakang. Sehingga bikin bentuknya menonjol di depan. Ketika cewek memakai motor dengan tangki seperti ini, posisi kaki cewek ini lah yang bikin salah paham. Posisi kaki dengan menjepit tangki bensin ini dianggap terlalu ‘berani’ atau tidak sopan. Budaya kita membiasakan perempuan untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengundang lelaki berpikir aneh-aneh. Sehingga membuka paha lebar-lebar sudah diasosiasikan sebagai perilaku nggak sopan bagi cewek. Mungkin dari sinilah timbul pemahaman bahwa cewek yang menunggangi motor cowok itu biasanya cewek yang agak kurang bener.

Bagi kita-kita yang berpikiran terbuka mungkin akan berpendapat kalau sah-sah aja sih cewek pakai motor cowok. Tetapi terkadang alasan ‘nggak enak dilihat’ atau nggak pantes bikin kita mikir kalau sebaiknya cewek pakai motor bebek aja deh. Lebih aman dari nyinyiran masyarakat.

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/motor-tidak-dibuat-berdasarkan-jenis-kelamin-cowok-atau-cewek-fakta-ini-belum-banyak-orang-tahu/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment