Nggak Mau Cuma Jadi Pembaca, Cina Bikin Wikipedia-nya Sendiri! Udah Rekrut 20 Ribu Orang Lho

shares |


Sebagai negara yang terkenal ketat, Cina memang punya regulasi untuk hampir semua hal yang ada di sana. Tak terkecuali urusan informasi di dunia maya. Buat kalian yang belum tahu, Cina menerapkan blokir terhadap Google, Wikipedia dan Facebook sejak beberapa tahun yang lalu.

Nah baru-baru ini, Cina mencanangkan satu proyek baru; “The Chinese Encyclopaedia”. Proyek yang diusung menggunakan konsep ‘Great Wall of Culture’ ini disebut bakal jadi pesaing Wikipedia! Gokil nggak tuh! Nih Hipwee News & Feature punya cerita lengkapnya.

Proyek ini lahir karena kebutuhan informasi cepat di dunia digital seperti sekarang. Dengan diblokirnya Wikipedia, Cina wajib punya alternatif lainnya

Khusus untuk Wikipedia, sebenarnya memang sudah ada Wikipedia versi Cina. Namun karena sensor terhadap arus informasi yang setiap hari terus berkembang sulit untuk dilakukan, maka Cina secara memberlakukan aturan blokir terhadap situs yang satu ini sejak 2015. Padahal Cina sedang gencar-gencarnya bangkit di bidang teknologi dan informasi, kalau Wikipedia diblokir, mereka sendiri yang akan kesusahan nantinya.

Karena itu lahirlah proyek Chinese Encyclopedia ini. Selain diharapkan bisa menjadi rujukan warga Cina saat mereka mencari informasi, Great Wall of Culture ini juga diharapkan bisa menjadi acuan warga dunia yang ingin mengetahui hal-hal tentang Cina.

Proyek “Chinese Encyclopedia” ini bukan proyek sembarangan. Cina sampai merekrut puluhan ribu orang!

“Tujuan kami bukan untuk menyamai Wikipedia, namun melampauinya,” Yang Mazhi, editor-in-chief proyek Chinese Encyclopedia.

Kalau berpikir Cina cuma omong doang dengan kalimat editor in chief proyek tersebut, kamu salah. Cina benar-benar punya ambisi dan melakukan usaha nyata untuk mewujudkannya. Mereka sudah merekrut puluhan ribu orang, mulai dari praktisi hingga akademisi untuk membuat artikel yang terbagi dalam lebih dari 100 displin ilmu berbeda. Hasil akhir dari proyek tersebut diperkirakan akan ada 300.000 lebih artikel yang masing-masing panjangnya lebih dari 1000 kata. Gokil!

Nah dengan didukung oleh pemerintah serta status Cina yang memiliki kurang lebih 720 juta pengguna internet aktif, bukan tidak mungkin Chinese Encyclopedia ini akan beneran melampaui Wikipedia. Rencananya sih situs ini akan diresmikan tahun 2018 besok. Dengan adanya proyek ini, meski Wikipedia diblokir, warga Cina tidak akan kekurangan informasi. Ya walau informasinya hasil editan pemerintah sih.

Sebenarnya bukan cuma Cina yang memblokir Wikipedia lho. Baru-baru ini Turki juga mengumumkan hal serupa

Tak cuma Cina seorang yang memblokir akses Wikipedia di negara mereka. Situs penyedia informasi gratis ini sebenarnya juga telah diblokir di beberapa negara lainnya. Yah, paling tidak disensor lah beberapa informasi yang ada di dalamnya. Yang terbaru mengumumkan pemblokirannya adalah Turki. Selain itu sensor terhadap Wikipedia juga terjadi di negara-negara lain seperti Perancis, Iran, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Siria, Thailand, Tunisia dan bahkan Britania Raya.

Informasi Wikipedia pun juga kerap dinilai kurang akurat. Bahkan sering ‘kan Wikipedia dijahili kayak gini…

Yang jadi alasan adalah konten Wikipedia yang bersifat open, artinya siapapun bisa mengeditnya. Sudah sering ada kejadian di mana konten Wikipedia dikerjai oleh orang-orang yang iseng. Nggak percaya? Nih buktinya…


Meskipun kemudian pihak Wikipedia bisa cepat memperbaiki kontennya setelah diberi peringatan, namun fakta bahwa Wikipedia bisa dengan mudah dijahili siapa saja jelas sangat mengganggu.

Selain itu banyak juga informasi yang dianggap membahayakan rahasia negara yang terpampang dengan jelas dan mudah diakses siapa saja di laman Wikipedia. Yah, wajar sih jika kemudian banyak negara yang menerapkan aturan sensor terhadap situs yang satu ini.
Karena itu, bisa jadi proyek yang sama akan dibuat di negara-negara besar lainnya. Yah, kita lihat saja nanti gimana jadinya Wikipedia milik Cina ini. Dengan niat kuat untuk melampaui Wikipedia, patut dinantikan finishing proyek Great Wall of Culture ini. Namun terlepas dari hasil jadinya nanti, kita harus mengakui bahwa Cina memang gokil dan berani.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/cina-berencana-bikin-wikipedia-nya-sendiri-ada-20-000-orang-yang-akan-direkrut/

loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment