Makin Banyak Kamera Tersembunyi di Ruang Ganti. Biar Tak Jadi Korban, Ketahui Tanda-Tandanya Ini

shares |


Kita perlu waspada! Di tengah era kemajuan teknologi yang semakin canggih ini, sayangnya kejahatan juga jadi makin high-tech dan lebih mudah dilakukan. Salah satu contoh nyatanya adalah kasus-kasus kamera tersembunyi yang banyak bermunculan akhir-akhir ini. Kamera kecil sengaja diposisikan dan disembunyikan dengan rapi di tempat-tempat umum seperti ruang ganti baju di pusat perbelanjaan atau toilet umum. Tujuannya?! Ya apalagi kalau bukan untuk memuaskan nafsu orang-orang mesum yang sekarang bisa mengintip orang berganti baju atau melakukan hal-hal privat lainnya dengan bantuan teknologi.

Teknologi yang dulu mungkin hanya bisa kita lihat di film-film detektif atau spy ini, sekarang memang sudah bisa diakses oleh orang biasa. Makanya kita memang harus ekstra waspada. Melalui lubang-lubang kecil di tembok hingga lampu di ruang ganti, kamera tersembunyi bisa dipasang untuk memata-matai dan mencuri momen ketika korbannya lengah. Biar nggak sampai jadi korban, bacalah ulasan Hipwee News & Feature ini!

Hal tersebut terjadi lantaran harga kamera tersembunyi makin hari makin murah. Ukurannya pun makin kecil namun tetap canggih

Lagi-lagi dengan bantuan teknologi, mencari kamera tersembunyi sudah bukan perkara sulit lagi. Dulu mungkin kamu harus pergi ke toko fisik secara langsung dan akan ditanyai alasan membeli kamera tersebut. Kini untuk membeli kamera kecil yang bisa disembunyikan di mana-mana, sudah tak sesulit itu lagi. Tinggal buka situs jual-beli online dan browsing kamera kecil sesuai selera dan budget yang kamu miliki.

Mau yang bisa merekam kualitas biasa hingga yang kualitas HD pun ada. Yang harga jutaan hingga yang harga 100 ribu rupiah pun juga ada. Pilihannya banyak. Jenisnya pun beragam, ada yang berjenis seperti kamera mini, ada yang besarnya cuma sebesar kabel hingga yang sudah build-in di dalam pulpen dan gantungan baju pun ada. Yang lebih bikin serem, di situs jual-beli online, kebanyakan penjual tak peduli akan digunakan untuk apa kamera tersembunyi itu.

Bukan bermaksud mendorong siapapun yang membaca artikel ini untuk membeli, tapi penting untuk tahu fakta bahwa memang sudah semudah itu barang-barang seperti ini dibeli. Biasanya kamera-kamera sekecil ini memang diproduksi untuk tujuan pengawasan layaknya di CCTV, tapi ternyata banyak juga yang tidak digunakan secara bertanggung jawab. Mengintip atau memata-matai orang tanpa izin itu jelas melanggar hukum. Apalagi jika rekamannya disebarluaskan atau dijual, pasal hukumnya pasti berlapis. Kelakuan semacam ini jelas bukan tidakan iseng belaka, tapi pelanggaran hukum.

Karena itu tempat menaruh kamera tersembunyi ini pun semakin variatif. Mulai dari di gagang pintu hingga bekas lubang paku bisa!

Dengan berbagai macam pilihan kamera yang ada, tentu tempat untuk menyembunyikan kamera tersebut juga semakin variatif pula. Kamu wajib waspada dengan tempat-tempat yang sekiranya aneh menurutmu. Apalagi jika sedang berada di kamar mandi umum atau ruang ganti di toko baju. Tempat-tempat tersebut adalah tempat yang paling rawan digunakan menaruh kamera tersembunyi. Yah meskipun nggak menutup kemungkinan ada tempat-tempat lain juga sih.

Namun ada beberapa titik yang wajib kamu waspadai saat berada di ruangan umum seperti toilet dan ruang ganti.

Gantungan baju. Kan ada tuh kamera tersembunyi yang bentuknya mirip gantungan baju
Di lampu pun juga bisa. Teknologi kamera tersembunyi sekarang sudah makin canggih
Benda seperti pengharum ruangan pun tak luput jadi tempat menaruh kamera tersembunyi
Apalagi yang benda lain seperti vas bunga atau tempat sampah. Sering kamera tersembunyi ditemukan di sana
Di gagang pintu pun juga sering ditemukan adanya kamera tersembunyi. Kalau nggak gitu, di lobang kuncinya.
Bahkan lubang bekas paku pun bisa dimasuki kamera tersembunyi juga. Jenis terbaru ukurannya kecil-kecil

Biar nggak jadi korbannya, kamu wajib cek dulu ruangan tersebut. Amati hal-hal ini dulu sebelum kamu merasa aman melakukan sesuatu di sana

Sebelum merasa aman dan nyaman untuk melakukan sesuatu di ruangan tempat-tempat umum, kamu wajib memeriksanya terlebih dahulu. Kalau berada di toilet umum atau ruang ganti di toko baju, detail benda seperti yang ada pada list di atas harus kamu teliti dan perhatikan dulu. Cek satu-satu biar kamu nggak jadi korban otak mesum oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Selain itu perhatikan juga kalau-kalau ada kabel yang muncul dari tempat yang tak wajar. Bisa jadi itu kabel dari kamera tersembunyi. Cek juga siapa tahu ada titik sinar lampu berwarna merah, biasanya ini menandakan adanya kamera yang sedang stand by. Selain itu, kamu pun harus melihat dengan teliti soket listriknya. Kamera tersembunyi bisa disembunyikan di sana. Nah setelah benar-benar yakin, baru kamu boleh mulai ganti baju atau melakukan hal privat lainnya. Baik dalam konteks kehidupan medsos atau ini, yang namanya privasi itu memang makin sulit didapatkan zaman sekarang.

Video rekamanmu bisa dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan bisa digunakan untuk memerasmu juga!

Kamu benar-benar wajib memastikan keamananmu terlebih dahulu. Jangan terburu-buru saat memasuki ruang ganti atau toilet umum. Bahkan di Indonesia sudah banyak kasus kamera tersembunyi ditemukan di tempat-tempat umum. Nggak percaya? Silakan cek berita soal rekaman artis ternama seperti Chelsea Islan, Kartika Putri hingga Sarah Azhari yang pernah jadi korban kelakuan bejat oknum yang memasang kamera tersembunyi.

Hasil rekaman tersebut bisa dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Sangat mungkin rekaman tubuhmu digunakan untuk konsumsi pribadi hingga disebarluaskan. Apapun itu, sama-sama tidak mengenakkan! Makanya kamu harus hati-hati. Mungkin di masa depan, kita harus mulai membawa alat seperti pendeteksi kamera tersembunyi macam ini ya..

Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun Hipwee cuma pengen kamu nggak jadi korban iseng orang-orang berotak mesum yang memanfaatkan teknologi demi memuaskan nafsu pribadi. Yuk kita saling menjaga. Kalau kamu menemukan kamera tersembunyi di tempat umum, laporkan pihak yang berwajib, ya!

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/bahaya-kamera-tersembunyi-mengintai-kita-semua-buka-mata-dengan-teliti-biar-nggak-jadi-korbannya/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment