Korut Minta Wartawan Asing Meliput ‘Sesuatu’ yang Akan Terjadi Hari Ini. Wah, Apa ya Kira-kira?

shares |


Korea Utara memang tak berhenti beri kita kejutan. Setelah kematian King Jong Nam yang kontroversial, hari ini Kim Jong Un memperingatkan wartawan-wartawan asing untuk siap-siap. Buat apa? Kata King Jong Un, hari ini akan ada sesuatu yang ‘big and important‘. Wah apa tuh?

Belum ada informasi lanjutkan tentang apa yang dimaksud Kim Jong Un sebagai sesuatu yang penting dan besar. Jadi kita semua juga hanya bisa menerka-nerka apa yang direncanakan oleh Kim Jong Un dan skuadnya. Tapi yang sudah dikonfirmasi adalah, bahwa hari ini akan ada perayaan ulang tahun Kim Il Sung yang ke 105. Di Korea Utara, momen ini dirayakan besar-besaran. Ingin tahu selengkapnya? Yuk, baca temuan Hipwee News & Feature dulu.

Sejak dulu, April memang selalu jadi bulan yang sibuk untuk Korea Utara. Ada perayaan besar-besaran selama tiga belas hari ke depan

Tepatnya tanggal 15 April 2017 nanti sampai 13 hari ke depan, Korea Utara akan memperingati Day of Sun. Yaitu hari ulang tahun sang founding father, Kim Il Sung yang ke-105 tahun. Ada banyak acara yang dilakukan saat event ini. Perayaan dimulai dengan warga negara dengan pakaian formal memberikan penghormatan kepada patung Kim Jong Il dan Kim Il Sung. Selain itu juga ada lomba lari, parade musik, seni, dan bahkan militer. Yah, mirip-mirip dengan peringatan 17 Agustus di Indonesia mungkin ya?

Ratusan wartawan asing sengaja diundang untuk datang. Nah, biasanya pemerintah Korut memanfaatkan event ini untuk pamer kekuatan

Parade militer mungkin bukan hal aneh. Perayaan tanggal 17 Agustus di Indonesia juga sering diramaikan dengan unjuk kemampuan angkatan udara kita. Foto-foto persiapan perayaan ini juga sudah diulas oleh banyak media. Tapi bagi untuk Korea Utara, event-event semacam ini sering dimanfaatkan untuk pamer kekuatan negara. Tak jarang mereka membawa serta nuklir-nuklir yang dimiliki. Lumayan kan diliput oleh banyak media internasional? Seperti tahun 2012 lalu, Day of Sun juga dirayakan dengan peluncuran roket terbaru, yang ternyata menuai kegagalan.

Menilik beberapa hari ini Korut lagi-lagi ‘ribut’ dengan Amerika, paling gawat sih kalau Korea Utara nekat menyerang

Kesan misterius yang ditimbulkan oleh pernyataan Kim Jong Un, jelas membuat dunia penasaran sekaligus ketar-ketir. Pasalnya, belakangan ini hubungan Korut dengan Amerika Serikat kembali memanas. Bahkan tak lama setelah serangan ke Suriah yang bersamaan dengan pertemuan Trump dengan Presiden Cina, Trump ngetwit bahwa Korut sengaja mencari masalah.

Yang dikhawatirkan banyak pihak adalah jangan-jangan dalam event sakral negara ini, Kim Jong Un akan melakukan uji coba nuklir lagi. Atau lebih parahnya, langsung menyerang Amerika atau rival saudaranya, Korea Selatan? Ya semoga sih jangan. Tapi hal ini otomatis juga membuat tensi regional memanas. Dikutip dari Tmntoday, Cina juga melakukan pengetatan keamanan. Bila apa yang disebut ‘big and important‘ oleh Kim Jong Un membahayakan, Cina siap menyerang balik.

Tapi saat ini, dunia bukan cuma mengkhawatirkan tindakan Kim Jong Un. Tapi juga soal respon Trump yang selalu anti-mainstream

“Saya adalah warga negara biasa, jadi saya tidak terlaku fokus pada politik. Tapi satu hal yang sudah sangat jelas, selama kamu bersama dengan pemimpin besar itu Marshall Kim Jong Un, kami tidak takut apapun.” Ungkap Ri Hyon Sim, salah satu warga yang bersiap menyambut Day of Sun kepada Reuters (12/4/2017).

Selama ini Korea Utara memang dikenal sangat percaya diri dan yakin betul punya kekuatan yang bisa mencengangkan dunia. Tak ada yang tahu seberapa kuat, sebab sebagai negara Komunis Korut sangat tertutup dari dunia luar. Yang jelas berkali-kali Kim Jong Un menyatakan mereka punya kekuatan siap berperang dengan Amerika.

Bukan hanya itu yang perlu dikhawatirkan. Menilik respon Trump atas serangan gas di Suriah yang tak terduga dan mengguncang dunia, bukan mustahil Trump akan mengambil kebijakan yang sama kontroversialnya kepada Korea Utara.

Hingga saat ini, kita masih menunggu hal ‘big and important‘ apa yang akan terjadi di Korea Utara sana. Jadi, apakah mungkin akan ada uji coba misil ataupun serangan-serangan berbahaya? Kita tunggu saja, sambil berharap semoga jangan.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/rayakan-ultah-kim-il-sung-korut-minta-wartawan-asing-diminta-siap-siap-kira-kira-ada-apa-ya/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment