Kisah Gagal Ini Akan Menginspirasimu, Si Pesimis yang Dilanda Keraguan untuk Mencoba Sesuatu

shares |


Konon katanya, gagal adalah hal yang biasa. Setiap usaha yang dilakukan seseorang pasti mengandung gagal pada setengah porsinya. Namun bagi sebagian orang, kegagalan bisa menjadi akhir dari segalanya. Terutama untuk kamu yang tergolong orang pesimis, mencoba sesuatu pasti dibarengi dengan berjuta pemikiran akan bagaimana nanti jadinya.

Buat kamu si pesimis yang berusaha untuk mengambil langkah, coba deh baca kisah-kisah gagal ini. Nggak hanya menyajikan kegagalan semata, namun ada suatu pesan di balik itu semua. Orang-orang hebat dari berbagi penjuru dunia ini sempat mengalami kegagalan, namun dari kegagalan itu mereka bahkan bisa menjadi lebih baik bahkan bisa menginspirasi dunia.

1. Rowling sempat ditolak belasan kali sebelum kisah Harry Potter diterbitkan dan akhirnya meledak di pasaran. Dulu, kisah penyihir dan dunianya itu sempat diremehkan oleh orang-orang

Harry Potter yang mendunia ini nggak hanya terkenal di seluruh dunia. Kisah di balik penciptaannya juga nggak kalah mendunia dan mengispirasi semua. Berawal dari khayalan, cerita seorang anak kecil dan dunia sihir itu akhirnya menjadi jalan J.K. Rowling untuk membuka mata semua orang bahwa imajinasi bisa menjadi karya.

Kegagalan yang dialami Rowling juga nggak kalah hebatnya. Dua belas kali naskahnya ditolak dan diremehkan orang-orang. Imajinasinya dianggap nggak masuk akal. Namun, ketika kesempatan mendatanginya, karya yang diremehkan itu sekarang bahkan sudah diterjemahkan ke dalam 72 bahasa di dunia.

2. Siapa sangka ratu talkshow dunia sekelas Oprah Winfrey pernah gagal juga? Oprah bahkan pernah dipecat sebagai pembaca acara berita sebelumnya

Oprah Winfrey, sebelum tampil sebagai pembawa acara di talkshow yang mengusung namanya sendiri, ternyata dia juga sempat merasakan kegagalan. Oprah pernah dipecat sebagai pembaca berita di acara WJZ-TV Baltimore. Ia dianggap tidak cocok untuk tampil di layar kaca. Kegagalan nggak akan berakhir menyakitkan jika diiringi dengan usaha. Oprah kemudian berusaha bangkit dari kegagalannya selama hampir tujuh tahun. Setelahnya ia kembali dipercaya untuk membawakan acara talkshow yang mengusung namanya.

3. Mark Zuckerberg adalah mahasiswa dropout dari Universitas Harvard. Namun berawal dari kegagalan, dia justru dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia

Gagal nggak hanya dalam kehidupan. Gagal dalam pendidikan juga kerap terjadi pada orang-orang. Salah satunya adalah Mark Elliot Zuckerber. Mahasiswa korban dropout dari Universitas Harvard ini justru bangga dengan kegagalan di bidang pendidikan. Ia sama sekali nggak malu dengan apa yang udah terjadi. Zuckerberg justru bangkit dan terus mengembangkan Facebook hingga sekarang menjadi raksasa di dunia maya. Kegagakan nggak membuat penemu Facebook ini lantas menyerah dengan keadaan. Ia memilih untuk nggak jalan di tempat dan menunjukkan potensi yang ada pada dirinya.

Anak dropout dari universitas ternama aja bisa sukses dan mendunia, masa kamu yang masih bisa duduk enak dan belajar secara nyaman kalah darinya?

4. Walt Disney, pencipta tokoh Mickey Mouse ini pernah dicap sebagai kartunis yang miskin ide dan kreasi. Namun siapa sangka hasil karyanya malah mendunia hingga saat ini

Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donal Duck, dan sederet kartun mendunia lainnya ternyata merupakan buah karya dari kegagalan seorang Walt Disney. Sebelum mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang animasi, Disney merupakan seorang kartunis pada sebuah surat kabar. Ia kemudian diberhentikan karena dianggap miskin ide dan kreasi.

Seorang seniman yang dibilang miskin ide dan kreasi merupakan kegagalan dalam hidup mereka. Namun, bagi Disney dunia nggak berhenti hanya karena dibilang miskin ide saja. Kemudian karena kegigihannya, tokoh Mickey Mouse, si tikus hitam yang menggemaskan justru jadi mendunia. Bahkan sekarang, nggak hanya perusahaan animasi saja, Disney menjadi inspirasi bagi banyak orang di dunia.

5. Tak ketinggalan pelantun lagu Shape of You, Ed Sheeran. Berawal dari jalanan, kini lagunya menjadi hits dunia

Beberapa tahun belakangan, nama Ed Sheeran tengah ramai diperbincangkan. Lagunya yang enak didengar dan beberapa kali sempat hits di beberapa negara, membuatnya menjadi buah bibir banyak orang. Nggak hanya karyanya yang berhasil menyihir dunia, namun kisah di balik perjuangannya untuk berkarya jadi motivasi semua orang.

Selepas dari bangku kuliah, Ed Sheeran pernah menjalani kerasnya kehidupan di jalanan. Beberapa sudut istana Buckingham juga menjadi saksi dinginnya malam-malam Ed Sheeran saat itu. Kegagalan seakan menjadi temannya kala itu, namun ia nggak ingin terus-terusan hidup di jalanan. Lewat karya dan usahanya yang nggak ada hentinya itu, ia berhasil menjadi salah satu dari penyanyi papan atas dunia.

Jika mantan gelandangan seperti dirinya aja bisa mengambil langkah maju, kamu juga bisa pastinya!

6. Di Indonesia sendiri, nama Almarhum Bob Sadino dikenal sebagai legenda pengusaha di Indonesia. Banyak orang yang belum tahu bahwa dulunya ia pernah menjual aset keluarga untuk bertahan hidup

Bob Sadino lahir dari keluarga berada. Ia bahkan sempat menetap di Belanda dan bekerja pada perusahaan Djakarta Lyod di Amsterdam. Berasal dari keluarga berada dan punya pekerjaan yang mapan tak membuatnya berhenti begitu saja. Ia memilih untuk pulang ke Indonesia dan meninggalkan pekerjaannya di Belanda. Bob Sadino kemudian merintis usahanya di bidang peternakan ayam. Telur hasil ternaknnya bahkan ia tawarkan dari rumah ke rumah saat itu. Usahanya tak lantas berjalan dengan lancar. Cacian dan pandangan remeh terhadapnya ia terima dan jadikan motivasi untuk terus berkembang.

Nggak banyak orang yang tahu bahwa beliau juga pernah gagal juga. Bisnisnya pun sempat jatuh saat itu. Ia bahkan harus menjual beberapa asset yang ia miliki untuk bertahan hidup dan mengembangkan bisnisnya lagi. Bagi pria kelahiran Lampung tahun 1933 ini, kegagalan bukan harus dihindari, justru harus dirasakan sebelum mencapai keberhasilan. Meskipun telah berpulang, kisahnya masih menjadi inspirasi bagi banyak orang. Mungkin kamu salah satunya.

Keberhasilan adalah puncak dari sederet kegagalan baginya.

7. Selain Bob Sadino, ada kisah gagal inspiratif yang juga datang dari dalam negeri. Maksudnya menyelamatkan perekonomian Indonesia, justru dibayar dengan hujatan yang menyakitkan

Siapa yang tidak tahu Sri Mulyani? Menteri Ekonomi periode Kabinet Indonesia Bersatu itu merupakan satu dari banyak sosok perempuan yang menginspirasi. Nggak hanya kisah suksesnya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia yang bisa kamu ambil hikmahnya. Namun kisah gagalnya juga bisa kamu baca sebagai pengunggah semangat agar kamu tak pesimis lagi.

Ibu dari 3 anak ini menjadi bahan sorotan saat kasus Bank Century ramai diperbincangkan. Pasalnya, pada saat itu, Sri Mulyani menyetujui pencairan dana talangan sebanyak 6 triliun rupiah lebih bagi Bank Century. Ia menjadi bahan cercaan para anggota DPR. Sri Mulyani dianggap gagal dalam dalam menyelesaikan kasus Century. Namun, kegagalan nggak membuat Sri Mulyani tinggal diam. Lewat sosoknya yang nggak banyak tingkah dan penuh wibawa, Sri Mulyani membalik kegagalan tersebut menjadi sebuah prestasi. Ketika ia kemudian dipinang oleh Bank Dunia untuk mengemban tugas sebagai Direktur Pelaksana di sana.

Kisah-kisah yang syarat akan kegagalan di atas mungkin bagi beberapa orang hanya sebatas cerita semata. Namun, bagi si pesimis yang mencoba untuk mengambil langkah pasti, bisa dijadikan sebagai pembelajaran. Bahwa di dunia ini kegagalan memang dekat dengan usaha yang dilakukan. Tetapi kegagalan juga bisa menjadi batu loncatan untukmu dalam mengambil langkah selanjutnya.

Takut kegagalan memang hal yang wajar. Namun apabila kamu takut mencoba, apa artinya kamu punya sejuta mimpi dan harapan? Yuk berani mencoba!

Sumber; http://www.hipwee.com/motivasi/buat-kamu-si-pesimis-yang-ingin-mengambil-langkah-pasti-kisah-gagal-ini-bisa-menginspirasi/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment