Ini Nih 8 Profesi yang Mesti Waspada Karena Sudah Mulai Banyak Digantikan oleh Robot

shares |


Kemajuan teknologi di dunia berkembang setiap saat. Selalu saja ada terobosan baru yang memudahkan manusia menjalankan aktivitasnya. Mulai dari hal kecil seperti membuat catatan yang kini tak perlu lagi pakai buku, hingga hal besar seperti menyuci baju. Semuanya jadi lebih gampang dengan kemajuan teknologi.

Namun, pernahkah kamu terpikir seperti apa keadaan dunia di masa depan nanti? Perkembangan teknologi yang memudahkan manusia ini ternyata seiring berjalannya waktu diperkirakan akan berdampak bagi bidang pekerjaan yang nggak butuh manusia lagi. Lambat laun kamu harus ikhlas memberikan pekerjaan tersebut kepada para robot. Intip 8 pekerjaan yang terancam bakal digantikan robot berikut ini yuk!

1. Salah satu cara memasarkan bisnis biasanya lewat telemarketer. Asyiknya suara robot tak akan dikenali oleh orang yang menerima

Kamu tentu tahu kalau telemarketer bekerja melalui teknologi komunikasi. Masalahnya, Isi penyampaian pemasaran yang disebutkan kadang hampir sama semua, ini tentu tidak menyulitkan bagi penggunaan robot atau mesin untuk menggantikannya.

2. Bidang kesehatan adalah bidang yang cukup rawan jika diganti oleh robot. Namun, kenyataannya ada lho robot farmasi yang tugasnya seperti apoteker

Mungkin kamu nggak percaya kalau pekerjaan di bidang kesehatan juga terkena imbasnya. Ya, pekerjaan seperti menerima resep dan meracik obat mampu dilakukan robot. Hal ini terbukti dari UCSF Medical Center yang telah meluncurkan robot farmasi dan mempekerjakannya di dua rumah sakitnya. Bukan tidak mungkin kalau lambat laun apoteker robot ini bakal ada di mana-mana. Ditambah lagi robot apoteker yang dibuat UCSF hingga kini belum pernah salah meracik obat, lho.

3. Kalau kamu pernah dengar ada mobil bisa berjalan tanpa supir, ternyata itu memang sedang dikembangkan

Pernah mendengar kabar mobil yang bisa jalan sendiri tanpa ada yang mengendarainya? Nah, Google telah mengumumkan kalau mereka sedang mengembangkan mobil yang bisa berjalan secara otomatis tanpa memerlukan manusia sebagai supir. Ini adalah salah satu ancaman bagi profesi supir angkutan umum. Beberapa tahun ke depan kamu tinggal duduk cantik di bangku belakang, dan robot taksimu tinggal jalan mengikuti maps deh.

FYI, mobil Google ini sudah bisa berjalan hingga 1000 mil tanpa bantuan manusia sama sekali, lho.

4. Penasaran seperti apa rasanya menyicipi masakan robot koki? Bakal seenak koki manusia nggak ya

Percaya atau tidak, di dunia ini sudah terdapat robot yang mampu membolak-balikan daging burger pada sebuah restoran cepat saji. Selain itu, ada juga robot yang mampu memasak beberapa jenis makanan. Hal itu membuktikan kalau beberapa tahun kemudian bakal ada robot yang ahli dalam menggarap berbagai resep masakan nih. Kamu yang suka masak, jangan mau kalah sama teknologi ini ya!

5. Ada juga robot dari bidang hukum yang terancam digantikan yaitu paralegal

Tak hanya bidang kesehatan dan pelayanan, namun bidang hukum pun bisa punya pekerjaan yang terancam digantikan robot. Namanya yaitu paralegal pekerjaan yang membantu penyidikan melalui berbagai dokumen. Dokumen ini sangat dibutuhkan sebagai bukti di persidangan nanti. Nah, dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, tentu saja robot paralegal sudah direncanakan dari sekarang untuk memudahkan praktik-praktik teknis dunia hukum.

6. Tinggal tekan tombol, kamu bisa langsung pesan dan bayar. Ini contoh dari keberadaan robot kasir

Kamu tentu tahu kalau robot memiliki keahlian baik dalam bidang hitung-hitungan. Oleh sebab itu, pekerjaan kasir tinggal tunggu waktu untuk digantikan oleh robot. Saat ini pun sudah cukup banyak restoran yang menerapkan teknologi ini. Para konsumen tinggal memilih menu apa saja yang diinginkan, lalu juga bisa langsung membayarnya.

7. Apakah senyum para pramusaji manusia bisa dibandingkan dengan robot?

Selain koki, pramusaji juga bisa digantikan oleh para robot. Beberapa restoran di luar negeri sudah menggunakan jasa para robot ini, salah satunya di Cina. Mereka membantu para pramusaji manusia mengantarkan pesanan dan mengambil peralatan makan yang sudah kosong. Meski begitu, seperti apapun pintarnya para robot ini harusnya nggak bisa menggantikan senyuman indah pramusaji ya?

8. Jika sudah ada robot yang bisa meracik obat, tentu saja ada robot yang nggak kalah pandai jadi akuntan

Sudah ada teknologi seperti Smacc yang bisa membantu kegiatan para akuntan. Dengan menggunakan Smacc, kamu bisa menyerahkan bon dan dokumen yang diperlukan dalam bidang akuntansi. Kemudian, Smacc akan mengolah data yang diberikan menjadi format yang bisa dibaca mesin. Selanjutnya, Smacc akan melakukan enkripsi dan perhitungan sesuai kepentingan.

Itulah 8 pekerjaan yang diperkirakan suatu saat nanti diganti oleh para robot. Meski belum semua negara mempraktikkannya, kamu patut waspada. Nggak ada salahnya dari sekarang upgrade keahlianmu biar nggak kalah dari teknologi yuk!

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/ini-nih-8-profesi-yang-mesti-waspada-karena-sudah-mulai-banyak-digantikan-oleh-robot/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment