Ini Dia Sosok Ibu di Balik Varian Rasa Mi Instan, Berkat Tangan Ajaibnya Terciptalah Kelezatan

shares |


Kebangetan kalau kamu sampai nggak tahu mi instan. Makanan alternatif selain nasi ini barangkali memang sudah turun temurun dan jadi favorit masyarakat Indonesia. Terlepas dari segala dampak negatif yang menjadi perdebatan, nggak bisa dimungkiri bahwa rasa asli mi instan buatan anak negeri ini sungguh tak tergantikan. Cara penyajian yang praktis dan mengenyangkan membuatnya digemari banyak orang.

Lewat beragamnya variasi cara memasak, jenis mi, kombinasi, serta varian rasa dari mi instan yang diolah begitu rupa, terciptalah rasa khas asli Indonesia yang tiada tandingannya. Indomie merupakan salah satu pionir produk mi instan dalam negeri yang punya rasa khasnya sendiri. Sampai-sampai banyak orang yang menyebut mi instan merek apapun sebagai Indomie. Hal ini membuat Indomie telah populer hampir di seluruh belahan dunia.

Tapi eh tapi, pernah nggak sih terlintas dalam benakmu, siapa sebenarnya sosok yang menciptakan resep Indomie? Hipwee Sukses telah menemukan jawabannya khusus buatmu yang penasaran. Cekidot!

Seorang ibu bernama Nunuk Nuraini adalah sosok di balik layar yang selama ini menciptakan semua rasa Indomie. Yuk, kenalan dulu~

Terungkaplah sudah, rahasia di balik kelezatan varian rasa Indomie yang melegenda. Adalah Nunuk Nuraini, wanita lulusan jurusan Teknologi Pangan di Universitas Padjajaran Bandung. Ibu Nunuk telah 26 tahun bekerja sebagai Flavor Development Manager Indofood.

Ia bertugas di dapur Indomie untuk menciptakan dan meramu varian rasa dalam produk mi instan tersebut. Dibantu oleh timnya, Ibu Nunuk memutar otak demi sebuah rasa mi instan dengan rasa lokal khas Indonesia. Kepiawaian dalam menjalani hobi memasak dibarengi dengan bekal ilmu yang mumpuni membuatnya sukses dan terus eksis menciptakan varian rasa Indomie yang menggoyang lidah semua penikmatnya. Mulai dari rasa original ayam bawang hingga premium real meat yang sekarang ini mulai banyak digemari. Nggak hanya di Indonesia, Indomie dengan berbagai rasa yang Ibu Nunuk ciptakan juga laris di pasaran luar negeri, lho. Luar biasa, bukan?

Ibu Nunuk tetap mengedepankan kealamian bahan-bahan yang digunakan, meski banyak orang mengeluhkan tentang bumbu mi instan yang disinyalir banyak mengandung penyedap rasa

Selain mi instannya yang menggunakan bahan pengawet, konsumen kerap dikhawatirkan dengan racikan bumbu yang dianggap mengandung banyak penyedap rasa atau MSG (monosodium glutamat). Menanggapi hal ini, sebagai peracik bumbu, Bu Nunuk memastikan bahwa bumbu yang ia olah berasal dari bahan-bahan alami dengan konsentrasi MSG yang sudah diatur porsinya.

Salah satu racikan bumbu yang ia gunakan antara lain terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, terkadang membutuhkan sedikit santan sesuai dengan rasa yang diinginkan. Bumbu-bumbu tadi lantas dicampur sekaligus dengan minyak alami yang ada di dalamnya. Awalnya, Ibu Nunuk membuat skala kecil terlebih dahulu sebagai tester, baru nanti dibuat skala produksi besar. Bumbu yang sudah jadi dikemas dengan teknologi retort, yaitu teknologi pengemasan secara kedap dan pemanasan dengan suhu tinggi. Teknologi ini memungkinan bahan makanan menjadi aman, dengan kualitasnya tetap terjaga, awet dan nggak rusak selama kemasan dalam kondisi baik.

Ibu Nunuk berpesan bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan itu pasti akan membawa dampak yang nggak baik, termasuk juga mi instan. Prinsip utama hidup sehat itu keseimbangan. Camkan baik-baik, ya!

Sayangnya, Ibu Nunuk hampir nggak banyak dikenal oleh publik. Ia lebih sering menghabiskan waktunya di belakang layar, mendedikasikan dirinya untuk memuaskan konsumennya

Ada yang sudah pernah mendengar nama Nunuk Nuraini sebelumnya? Hipwee Sukses saja baru ngeh beberapa minggu sebelum menuliskan artikel ini. Betul, Ibu Nunuk ini hampir nggak dikenal oleh publik karena dirinya memang jarang tampil di depan umum. Namun ia sempat muncul dalam peluncuran produk baru mi instan sejuta umat ini pada akhir Maret lalu. Terlepas dari kepiawaiannya mengembangkan citarasa mi instan khas panganan lokal, Ibu Nunuk tampak berpenampilan sederhana.

Nunuk Nuraini hanya berkonsentrasi untuk mengembangkan varian rasa baru dan pembuatan bumbu untuk produk mi instan. Soal pemilihan jenis mi atau pengawetan bukan lagi menjadi urusannya karena sudah ada divisi tersendiri untuk menangani hal tersebut. Ia harus mengasah kreativitasnya untuk menghadirkan rasa tertentu yang memanjakan lidah para konsumen. Dibalik kesuksesannya, Ibu Nunuk merasa bangga dan bahagia karena resep racikannya disukai oleh banyak konsumen, bahkan hingga menembus pasar luar negeri. Wah, selamat ya, Ibu Nunuk idolaku~

Nah, sekarang kamu sudah nggak penasaran lagi ‘kan, siapa pahlawan yang menciptakan varian rasa mi sejuta umat favorit kita semua? Jika tanpa tangan ajaib Ibu Nunuk, nggak ada senyum kebahagiaan dan mata yang berbinar-binar saat kamu mencium bau mi instan yang baru matang. Ibu Nunuk, kepadamulah kami bersimpuh~

Sumber; http://www.hipwee.com/sukses/anak-kost-harus-tahu-inilah-sang-pencipta-varian-rasa-mi-instan-yang-pantas-disebut-junjungan/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment