Duit Baru Masih Belum Tersebar Rata, Bapak Tukang Cincau Ini Sudah Ditipu Pakai Duit Mainan, Tega!

shares |


Beberapa waktu lalu tepatnya pada Desember 2016, mata uang Indonesia resmi dirilis dengan tampilan baru. Terdapat 12 uang kertas dan 3 uang logam dengan desain yang jauh berbeda dari sebelumnya. Pada uang rupiah ini juga terpampang pahlawan-pahlawan baru sebagai bentuk penghargaan kepada mereka. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan pada seri sebelumnya. Para pahlawan yang tertera di uang kertas tersebut antara lain gambar Ir Soekarno dan Moh. Hatta (pecahan Rp 100.000,00), gambar Ir. H. Djuanda Kartawidjaya (pecahan Rp 50.000,00), gambar G.S.S.J Ratulangi (Rp 20.000,00), gambar Frans Kaisiepo (Rp 10.000,00 ), gambar K.H Idham Chalid ( Rp 5.000,00), gambar Mohammad Hoesni Thamrin (Rp 2.000,00) dan gambar Tjut Meutia (Rp 1.000,00). Sedangkan untuk pecahan logam, terdapat gambar utama I Gusti Ketut Pudja (Rp 1.000,00), (gambar Letjend TNI T.B Simatupang (Rp 500,00), gambar Tjiptomangunkusumo (Rp 200,00) dan gambar Herman Johannes (Rp 100,00).

Meski serentak dirilis di Bank Indonesia yang ada di 33 provinsi, tapi penyebaran uang baru ini belum merata. Karena memang penarikan uang lama dilakukan bertahap. Sehingga masih ada masyarakat yang belum tahu dan belum pernah melihat model terbaru uang rupiah ini. Namun, masih saja ada orang-orang nggak bertanggung jawab yang sudah memalsukan uang baru ini. Kejadian ini salah satunya dibagikan oleh netizen melalui akun Facebooknya.

Seorang netizen bernama Erick Masterlie membagikan kejadian melalui Facebook-nya tentang penipuan duit palsu yang dialami seorang penjual cincau

Erick Masterlie adalah seorang netizen yang membagikan kejadian ini melalui akun Facebook-nya pada Rabu lalu. Ia menumpahkan kekesalannya melalui media sosial tentang penipuan dengan menggunakan uang rupiah model terbaru itu. Hal ini bukan terjadi padanya, melainkan pada seorang penjual es cincau yang ada saat itu kebetulan sedang berjualan di dekat rumahnya. Cerita tersebut bermula saat bapak penjual es cincau menanyakan keaslian uang tersebut kepadanya.

Seorang pembeli membayar dengan uang 10 ribu rupiah yang ternyata uang mainan

Uang dengan nominal Rp 10.000,00 tersebut dilihat sekilas memang seperti uang asli. Tapi jika benar-benar diperhatikan, uang tersebut jelas-jelas adalah uang mainan alias palsu. Pada uang kertas yang ada gambar Frans Kaisiepo ini, tertulis kalimat “uang mainan”. Bank yang merilisnya pun bukan Bank Indonesia melainkan Bank Mainan Kita. Tapi sang penjual es cincau tentu nggak terlalu memerhatikannya. Apalagi ia mengaku uang tersebut diberikan dengan cara dilipat-lipat oleh seseorang yang mengendarai mobil. Bapak tersebut sempat ragu, namun sang pembeli sudah pergi jauh saat ia mencoba memanggilnya. Cerita tersebut tentu saja bikin geram. Bayangkan, seorang penjual es cincau yang untungnya nggak seberapa itu ditipu oleh seseorang yang bisa dibilang dari kalangan berada. Kekesalan inilah yang diluapkan oleh Erick melalui unggahannya.

Iseng2 jajan cincau di deket rumah. Habis bikin es cincaunya, si bapak yang jual nanya gw sambil tunjukin duit.

Bapak (B): “dek mau nanya ini uang asli apa ngga yah?”
Gw: “ini palsu pak. Tuh ada tulisan mainannya pak. Dapet darimana?”
B: “tadi sebelumnya ada yang beli, kasihnya sambil dilipet, sempet liat sebentar trus ragu. Udah bapak panggil tapi udah jauh. Yang beli pake mobil juga tuh.”

Seriously, yang ngasih ini udah pasti sengaja. Buat siapapun yang ngelakuin ini, hidup lu ga bakal berkah. Sampe segitunya mau kerjain rejeki orang. Beli mobil mampu, tapi beli cincau musti gitu.

Buat si bapak jual es cincau. Mudah2an rejekinya makin dilancarkan.

Nb: sorry for the rant. I didn’t use to make this kind of post. But seriously, this really pissed me off.

Kejadian ini memicu kekesalan netizen karena pelaku tega menipu seseorang yang memenuhi kebutuhan hidupnya dari berjualan cincau

Uang Baru yang Lucu Bakal Suram Nasibnya Jika Kamu Masih Melakukan Kebiasaan Buruk Ini

Nggak cuma Erick saja ternyata yang dibuat kesal oleh kejadian ini, tetapi para netizen yang membaca unggahan ini juga ikut geram. Bagaimana bisa seseorang dengan sengaja mempermainkan rezeki orang lain dengan memberikan uang mainan seperti ini. Beragam komentar pun ditulis oleh para netizen lainnya. Ada yang membahas tentang peredaran uang masih sedikit sehingga orang nggak terlalu memerhatikan keaslian uang tersebut. Ada pula yang mendoakan penjual yang kena tipu tersebut dilancarkan rezekinya.

Rahardiansyah:seenaknya saja tuh orang biadad,sabar pak semoga allah selalu memberi rezeki dan semoga daganganya laku terus aminn

Aqila Raisha:Aduh di jaman sekarang masih aza ada org yg bgtu
Kasihan si mang nya..
Semoga lancar terus jualan nya..Aamiin

Andry Kurnia:Kesempatan buat para oknum karena uang baru ini belum banyak orang mengenal . Jadi banyak kesempatan untukenipu bagi yg belum memahami.
Lebih baik berhati hati saja dan selalu teliti jika ada pembeli atau penukar uang.

Hingga saat ini sudah hampir seribu orang yang membagikan cerita tersebut. Semoga kejadian kayak begini nggak ada lagi ya. Selain merugikan, ‘kan kasihan orang-orang yang belum pernah lihat bentuk nyatanya jadi gampang tertipu 🙁

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/padahal-baru-saja-beredar-uang-baru-sudah-ada-palsunya-kasihan-tukang-cincau-ini-kena-tipu-tega/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment