Daripada Pakai Kemoceng, Mending Bersihin Rumah Pakai 7 Cara Ini. Debu Dijamin Nggak Beterbangan

shares |


Anak muda saat ini bisa dibilang sarat akan eksistensi di dunia maya. Hal itu dijadikan sebagai salah satu kesibukan yang cukup menyita waktu dan bikin anak muda jarang mengurusi rumah. Nah, nggak heran kalau kondisi rumah atau kamarmu berantakan dan kotor. Ketika kamu lagi sempat membersihkan perabot pun, ternyata debu-debu tetap menempel dan noda bekas makanan masih ada. Wajar sih karena cara kamu membersihkan rumah dan perabot salah.

Salah satu cara nggak tepat yang kamu terapkan yaitu mengelap perabot kemoceng. Karena debu-debu malah berterbangan dan pindah ke perabot lain. Selain itu, noda-noda yang susah hilang seperti bekas makanan pun tetap ada. Untuk itu, kamu simak dengan baik ya trik membersihkan rumah yang benar supaya apa yang kamu lakukan nggak sia-sia.

1. Jangan bersihkan furnitur dengan kemoceng kalau mau debu-debu menghilang dengan sempurna

Selama ini mugkin kamu selalu membersihkan perabot dari debu menggunakan kemoceng. Caranya yang praktis ini memang memudahkan, tapi sama sekali nggak membuat rumahmu bersih dengan sempurna. Karena debu-debu yang dibersihkan pakai kemoceng akan berterbangan, lalu hinggap pada perabot lain. Apalagi kemoceng juga nggak bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda-noda membandel seperti bekas makanan.

Sebaiknya, bersihkan dengan kain lap basah agar seluruh permukaan perabot terjangkau. Setelahnya, bilas kain lap hingga bersih agar kotoran tak menempel pada kain.

2. Hindari menunggu vacuum bag sampai penuh. Biasakan saat sudah terisi 2/3 kamu ganti ya

Buat kamu yang menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya hindari mengganti vacuum bag menunggu sampai penuh. Karena yang benar yaitu kamu ganti ketika isinya sudah mencapai 2/3-nya, biasanya sih 6-8 minggu. Hal ini karena isi vacuum bag yang ada debu dan pasir-pasir ini bakal mengurasi daya hisap vacuum, sehingga tak bisa maksimal kerjanya ketika digunakan kembali. Belum lagi ada sisa makanan yang kemungkinan membusuk di dalam, pasti bikin aroma vacuum jadi nggak enak.

3. Tak perlu bersihkan jendela saat cuaca lagi cerah karena panas matahari akan meninggalkan bekas sabun pembersih pada kaca

Saat cuaca lagi cerah, kamu jadi semangat membersihkan jendela. Padahal, cuaca yang seperti itu sebaiknya kamu hindari untuk tidak membersihkan jendela. Karena sinar matahari akan membuat sabun pembersih kaca membekas pada jendela. Cepat kering sih, namun justru itu yang jadi masalahnya. Maka dari itu, lebih baik pilih waktu membersihkan kaca ketika cuaca mendung dan gunakan cuka putih bersama koran agar jendela berkilau.

4. Rumah bersih itu tercipta dari kain pel yang setiap dua bulan sekali kamu ganti

Selama ini mungkin kamu sering terpikir rumah bersih itu kalau lantainya kinclong. Padahal, tampilan yang seperti itu belum tentu terbebas dari kuman karena terdapat jutaan bakteri mengumpul. Apalagi kalau rumahmu jarang dibersihkan, lalu kain pelnya juga jarang diganti. Hiii!

Untuk itu, setiap selesai mengepel sebaiknya bilas kain pel hingga air cucinya bening. Lalu, rutinkan ganti kain setiap 2 bulan sekali.

5. Kalau karpet kotor itu jangan digosok. Lebih baik gunakan baking soda saja

Karpet itu sering kamu gunakan ketika ada acara di rumah atau berleha-leha sejenak di lantai supaya nggak dingin. Nah, ketika karpet kotor biasanya kamu bakal menggosok-gosok supaya bersih. Cara ini sebenarnya kurang tepat karena bisa memperlebar noda dan merusak karpet kamu. Hipwee Tips menyarankan cukup gunakan baking soda pada area yang terkena noda dan tekan-tekan ke bawah secara lembut pakai kitchen roll atau sikat. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Selain bersih, aroma karpetmu juga sedap!

6. Nggak hanya karpet, namun kasur pun bisa kamu bersihkan pakai baking soda

Tanpa harus pakai pewangi ruangan gara-gara aroma kamar tidur tak sedap karena kasur, kamu bisa gunakan baking soda supaya wanginya enak dihirup. Wangi ini lebih segar dan bikin tidurmu jadi lebih nyenyak, lho. Ditambah lagi menaburi kasur dengan baking soda juga bikin kasurmu bersih.

7. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan televisi. Debunya bisa menghilang dan kamu jadi nggak terganggu saat menonton

Rumah yang sudah bersih itu memang nyaman ditempati. Sayangnya, kenyamanan itu bisa hilang saat kamu mau menonton televisi layarnya penuh debu. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan kain mikrofiber – kain yang biasa dipakai untuk kacamata. Caranya yaitu matikan TV agar letak debunya terlihat jelas, lalu lap layar TV dengan tidak menekan untuk menjaga kejernihan layar. Jika terpaksa memakai cairan, maka kamu harus pastikan cairannya tercantum pada brosur TV. Hal ini untuk melindungi layar TV tidak tergores dan debu benar-benar menghilang.

Dengan menerapkan 7 cara tadi, kamu jadi mudah membersihkan rumah dan perabotnya. Nggak ada lagi keluhan-keluhan karena masih ada noda makanan atau debu-debu menempel. Selamat mencoba.

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/bersihkan-perabot-rumah-pakai-kemoceng-itu-percuma-simak-7-trik-cara-yang-benar-ini-ya/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment