Biaya Kuliah Mahal? Simak Nih 10 Negara Dengan Biaya Kuliah Murah Banget Bahkan Gratis

shares |


Memperoleh pendidikan yang layak adalah hak setiap manusia, itu kenapa pendidikan yang mahal di negeri ini jadi masalah besar. Ketika kita di Indonesia masih tertatih mencoba menjalankan wajib belajar 12 tahun, ada negara atau kota lain di dunia yang sudah menyediakan pendidikan tinggi gratis buat warganya. Ya memang tidak bisa disamakan karena kebanyakan negara dalam daftar ini adalah negara-negara dengan perekonomian maju. Hanya sekadar ingin mengedepankan betapa pentingnya investasi pendidikan bagi sebuah bangsa. Jika sumber daya manusianya terdidik, pasti masa depan negara juga jadi lebih cerah.

New York menjadi kota atau negara bagian pertama di Amerika Serikat yang berkomitmen menyediakan pendidikan gratis di tingkat universitas. Program kuliah gratis ini memang belum diberlakukan untuk semua, tetapi sekarang masih khusus untuk keluarga berpenghasilan rendah. CNN melaporkan bahwa pemerintah kota New York menilai investasi besar dalam dunia pendidikan ini sangat penting dan perlu untuk segera dilakukan. Disamping New York, sudah ada beberapa negara dan kota dunia yang memiliki kebijakan serupa. Enak banget ya! Lihat deh daftar yang berhasil dihimpun Hipwee News & Feature ini!

1. Salah satu penggagas awal program gratis kuliah adalah Jerman. Bahkan untuk mahasiswa internasional seperti kita, juga ada yang gratis!

Kalau kalian mau kuliah di luar negeri mending ke Jerman aja guys selain gratis, sistem pendidikan di sini juga nggak membebankan mahasiswanya. Mahasiswa di sini nggak diatur-atur malah disarankan untuk mengikuti naluri dan ketertarikannya sendiri. Menjadi mahasiswa di Jerman juga harus rajin cari informasi terkait kegiatan kampus, jangan harap ada notifikasi dari kampus untuk kalian deh. Ini nih beberapa universitas yang punya program kuliah gratis, yaitu Hamburg University of Technology, University of Leipzig, Ruhr University of Bochum, University of Stuttgart dan Darmstadt University of Technology.

2. Norwegia juga sudah menyediakan pendidikan gratis di semua universitas negrinya

Nggak kalah dari Jerman, Norweigia juga punya program pendidikan gratis khususnya untuk perguruan tinggi. Di sini kalian bisa kuliah gratis, selain itu kebudayaan di Norweigia yang ikonik bisa membuat kamu kerasan tinggal di Norweigia. Universitas yang punya program kuliah gratis di antaranya, University of Bergen, Nord University dan masaih banyak lagi lainnya.

3. Denmark, kalo mau kuliah gratis di negara ini kalian harus ikut program pertukaran pelajar dulu

Kalian yang pengen kuliah gratis di Denmark musti bersabar deh karena Denmark nggak membuka pendidikan gratis bagi pelajar non Eropa. Meskipun begitu jangan kecil hati deh kalau kalian ikut program pertukaran pelajar di Denmark, kalian nggak bakal dipungut biaya lho. Jangan kecil ati deh .

4. Estonia, kalian harus ngambil jurusan bahasa lokal di sana supaya bisa dapet kuliah gratis


Kalian mungkin bisa kuliah di Estonia tapi syaratnya sulit nih Kalian musti ambil jurusan bahasa lokal Estonia, hmm keberatan nggak nih? Mahasiswa di Estonia memang bebas biaya kuliah tapi kalo mereka nggak beres kuliahnya langsung dicabut tuh gratisannya.

5. Negara-negara Skandinavia emang terkenal dengan biaya kuliah gratis. Contohnya Swedia ini

Swedia memang sudah lama menerapkan sistem pendidikan gratis namun sayangnya Cuma berlaku bagi pelajar Eropa guys. Kalian yang ingin kuliah di Swedia musti sabar dulu ya semoga ada kebijakan baru di sana yang nggak melarang warga non EU untuk dapet kuliah gratis di sana.

6. Republik Ceko, di negara ini kuliah gratis, tapi cuma buat mereka aja yang di Eropa


Republik Ceko menerapkan sistem pendidikan gratis hanya untuk mereka yang mengambil konsentrasi pada bahasa lokal Ceko. Mending mana nih? Kuliah gratis di Ceko atau kuliah mahal di negeri sendiri? Tapi kalau kuliah gratisnya musti belajar bahasa asli sana doang apa iya kalian mau?

7. Finlandia juga menyediakan kuliah gratis untuk warga Eropa


Di Finlandia kuliah gratis hanya untuk mereka yang lahir dan tinggal di Eropa. Buat mahasiswa internasional lain, seperti kita yang orang Indonesia, tetap bayar penuh. Dengan salah satu biaya hidup tertinggi di dunia, kalau mau bayar sendiri biaya kuliahnya juga gede banget.

8. Walaupun nggak gratis, kuliah di Islandia atau Perancis tergolong murah dibanding di negara Eropa lain

Di Islandia dan Perancis biaya kuliahnya sangat murah guys. Bayangkan di negara Islandia, mereka mematok biaya regristasi hanya kisaran 10 juta rupiah dan bebas biaya per tahunnya. Di Perancis juga ada perguruan tinggi dengan biaya kuliah minim yaitu sebesar Rp3 juta untuk biaya registrasinya saja tanpa dipungut biaya lagi selain kebutuhan sehari-hari.

Ya namanya program pemerintah, memang kebanyakan bakal mendahulukan warganya dulu. Tapi ternyata ada juga kok negara yang memberikan kesempatan pelajar internasional untuk mengenyam pendidikan di negaranya secara gratis, seperti Jerman. Pendidikan berkualitas itu memang sebaiknya tersedia untuk semua warga negara tanpa terkecuali. Jangan sampai hanya mereka yang kaya saja yang punya akses terhadap pendidikan yang bagus. Kalau rumusnya begitu terus, pasti kesenjangan ekonomi dan sosial terus melebar. Dengan struktur yang timpang itu, sebuah negara tak akan bisa sepenuhnya berkembang jadi negara maju.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/new-york-gratiskan-biaya-kuliah-lihat-deh-10-negara-kota-lain-yang-universitasnya-juga-gratis/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment