Biar Level Memasak Pastamu Meningkat Lagi, 8 Cara yang Nggak Biasa Ini Bisa Kamu Ikuti

shares |


Kehadiran pasta instan jelas membuatmu berpikiran kalau proses masaknya tak jauh beda seperti mi instan dan kawan-kawannya. Mudah, praktis, dan pastinya harganya tak semahal di restoran. Tapi, apa kamu nggak bosan menikmati pasta dengan rasa yang itu-itu saja? Padahal kalau kamu mau memasaknya dengan cara yang tak biasa, bukan tekstur atau rasanya saja yang beda, tapi cara menyantapnya pun bisa lebih seru.

Paling tidak dengan mengikuti beberapa cara yang Hipwee Tips bagikan ini, level memasak pastamu pun meningkat. Yuk, dicoba!

1. Biar pastamu lebih terasa bumbunya, kamu bisa menumisnya lebih dulu di wajan bekas tumisan sausnya

Jika biasanya pasta kering langsung kamu rebus dengan air mendidih sampai ke tingkat kematangan tertentu, kali ini demi mendapatkan pasta yang lebih terasa bumbu, kamu harus lebih dulu menumisnya di wajan atau penggorengan bekas memasak sausnya. Nggak perlu lama-lama, cukup 5 menit atau sampai pasta keringmu tadi berubah warna lebih cokelat. Setelahnya, kamu bisa langsung merebusnya dengan air matang atau air kaldu agar rasanya lebih gurih.

2. Nggak cuma punya rasa unik tapi juga warna yang menarik, dengan merendam pastamu terlebih dulu di air perasan wortel atau sayuran pewarna lain

Sebenarnya, resep awalnya adalah direndam dengan red wine. Tapi jika kamu kurang cocok dengan gaya memasak a la western, kamu bisa kok mengganti red wine dengan air perasan sayur atau buah lainnya yang bisa memberi tambahan warna dan rasa. Supaya spageti atau pastamu ini punya warna serta rasa yang lebih unik. Udah gitu sehat lagi~

3. Spaghetimu juga bisa berubah jadi ramen lho, cukup dengan memberikannya soda kue

Seperti yang kamu tahu, ramen dan pasta itu punya bentuk yang berbeda meski teksturnya hampir sama. Tapi berkat soda kue, spagetimu bisa kok disulap jadi ramen yang kriwil-kriwil. Pastinya ramenmu ini lebih kenyal juga.

4. Pengen ngemil yang kriuk-kriuk? Pasta lasagna yang direbus sebentar dan digoreng bisa jadi solusinya

Sebenarnya sama seperti makaroni. Pasta lasagnamu pun bisa jadi camilan kriuk-kriuk semacam keripik pangsit tapi dengan rasa yang lebih gurih. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebusnya sampai setengah matang, setelah itu potong-potong sesuai selera, dan goreng hingga kering.

5. Biar pastamu lebih creamy ala-ala mi kuah susu, bisa lho pastamu direbus pakai susu juga

Direbus dengan susu segar juga sah-sah saja. Nggak perlu khawatir protein susunya rusak, asalkan kamu tak memasaknya dengan api yang terlalu besar. Dijamin spageti atau pastamu akan lebih kental dan creamy.

6. Atau, agar pastamu punya rasa yang lebih gurih tanpa micin, kamu juga bisa merebusnya dengan air kaldu

Kalau kamu nggak begitu suka pasta yang creamy, kamu juga bisa menggantinya air rebusannya dengan air kaldu. Dengan begitu, kamu tak perlu menambahkan penyedap rasa seperti MSG ke pasta atau spagetimu juga. Karena air kaldu sudah pasti membuatnya lebih gurih.

7. Bikin tekstur pasta lebih kenyal dan tetap segar dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air dingin

Setiap orang memang punya selera yang berbeda-beda. Tapi nggak ada salahnya mencoba memasak spageti atau pasta lain dengan cara baru demi mendapatkan tekstur yang berbeda. Paling tidak dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air dingin selama 30 menit, pastamu ini jadi lebih kenyal dan tetap terasa segar.

8. Alih-alih kerja dua kali, merebus pasta dan sausnya sendiri, kenapa nggak dimasak berbarengan saja?

Memasak pasta sekaligus dengan sausnya, bukan cuma menghemat waktu, tapi membuat rasa saunya lebih meresap ke dalam pastanya. Sementara teksturnya tetap saja bisa disesuikan, mau benar-benar matang atau sedikit crunchy. Terserah seleramu saja.

Setelah mengetahui tutorial memasak pasta dengan cara yang beda dan sederhana, kamu nggak lagi memasak pasta yang cuma direbus lalu disiram sausnya saja, ‘kan? Mau mempraktekkan yang mana dulu nih?

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/8-cara-memasak-pasta-yang-nggak-biasa-biar-kemampuan-memasakmu-naik-tingkat/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment