Asalkan Ritual Ini Dibiasakan di Umur 20-an, Jadi Awet Muda Saat 50-an Nanti Bisa Jadi Kenyataan

shares |


Sebagai perempuan, kadang kita malas untuk melakukan banyak kebiasaan yang sebenarnya baik untuk diri kita sendiri. Padahal, seandainya saja dari sekarang bisa kita mulai, kebiasaan yang belum terlihat dampaknya ternyata akan berarti sangat besar di kemudian hari. Suka iri nggak sih kalau lihat mama kita yang umurnya sudah menginjak kepala 5 tapi badannya masih oke, kulitnya kencang, tulangnya kuat dan jarang mengeluh sakit?

Usut punya usut, ada banyak kebiasaan rutin yang harus dilakukan saat kita ada di usia 20an agar nantinya bisa selalu awet muda. Karena investasi ternyata nggak hanya berupa kebebasan financial saja, tapi justru yang paling penting adalah investasi kesehatan dengan terus bergerak dan jauh dari kata malas. Nggak mau ‘kan saat tua nanti sudah sukses karir, tapi waktu dan tabungan yang ada cuma akan habis karena kita yang sering sakit-sakitan?

Jadi, apa saja ritual yang harus dibiasakan agar kelak tetap awet muda di usia 50an?

1. Kulit jadi faktor penting penanda bertambahnya usia seseorang. Kalau bisa dirawat agar tak hanya sekadar awet muda tapi juga sehat, kenapa nggak?

Menjadi tua itu pasti, dan kulit menjadi faktor yang paling mudah terlihat saat usia tak lagi muda. Maka dari itu, menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah sangatlah penting dengan menjalani kebiasaan baik yang dimulai sejak dini, seperti selalu membersihkan wajah sebelum tidur, melindunginya dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya, dan juga menggunakan masker wajah dari bahan-bahan alami.

Meski mungkin kamu nggak merasakan efeknya secara signifikan saat ini, tapi kamu akan terkejut sendiri saat memasuki fase usia setengah abad nanti. Kulit lembab, kencang dan jauh dari keriput ternyata bisa didapatkan dengan rutin menjalankan kebiasaan ini. Yang penting harus konsisten ya!

2. Usia 20an biasanya semangat sedang tinggi-tingginya. Workaholic boleh, tapi ingat, tubuh juga punya hak untuk istirahat

Istirahat cukup juga merupakan prioritas utama jika awet muda jadi cita-cita. Rasanya janggal kalau di usia 50an nanti inginnya masih terlihat sehat, bugar dan fresh, tapi sejak muda saja sudah tak bisa mengatur waktu. Nggak ada yang salah dengan menjadi seorang workaholic. Tapi, kamu harus tahu kalau tubuh juga punya hak untuk istirahat.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan kamu memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, tapi juga menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas. Jadi, bekerjalah sewajarnya dan gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin. Dengan tubuh yang fit, tentunya kesehatan akan semakin mudah didapatkan dan menjadi tua tak lagi jadi hal yang menakutkan.

3. Lansia dengan kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibanding anak muda tapi malas bergerak. Yuk, olah raga secara rutin!

Kondisi kesehatan dan fisik yang buruk jadi salah satu penyebab terjadinya penuaan. James M. Rippe, M.D seorang cardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute memaparkan bahwa lansia yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Jadi, badan kencang saat tua nanti bukan lagi angan kalau mulai saat ini kamu rajin berolah raga secara teratur. Bonusnya juga jadi terhindar dari banyak penyakit.

4. Untuk investasi jangka panjang, nggak ada salahnya menjadikan makan makanan sehat sebagai gaya hidup

Percuma kalau sudah rajin olah raga tapi apa yang dikonsumsi nggak dijaga. Makanan sehat terutama yang mengandung antioksidan tinggi dipercaya mampu mengurangi gejala penuaan dini alias muka boros. Bahkan, antioksidan disebut-sebut sebagai makanan anti penuaan karena terbukti dapat mengikat dan menetralkan radikal bebas, menurunkan konsentrasi peroksida, serta memperbaiki kerusakan membran akibat oksidasi. Selain itu, ada juga yang bekerja sebagai regulator sel dan dapat mempengaruhi metabolisme serta produksi kolagen secara langsung, sehingga dapat menghambat proses penuaan. Contoh makanan yang mengandung antioksidan antara lain; kacang-kacangan, buah, sayuran, teh, anggur merah, brokoli dan tomat.

5. Hindari rokok dan juga alkohol. Tak ada yang lebih membahayakan daripada 2 hal ini

Banyak penelitian mengatakan bahwa merokok berarti otomatis memotong 7 tahun usia asli. Karena pada dasarnya merokok dapat membuat kulit menjadi keriput dan membuat kita terlihat lebih tua. Selain itu merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium sehingga kalsium yang disimpan dalam tubuh justru terbuang sia-sia. Akibatnya, tulang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Perokok wanita juga lebih berisiko terkena masalah kesehatan setelah menopause dini daripada wanita yang tidak merokok.

Tidak hanya rokok, alkohol juga membawa pengaruh buruk untuk tulangmu. Pecandu alkohol berat terbukti berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis. Terbukti berbahaya, ‘kan? Tulang saja dapat berkurang fungsinya karena 2 hal ini. Awet muda di usia 50an sepertinya masih jauh dari harapan kalau saat ini kamu masih saja dekat dengan rokok dan juga alkohol.

6. Menjadi awet muda berarti perlu untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot. Karena tulang, sendi dan otot yang terjaga mendukungmu untuk tetap dapat bergerak aktif hingga usia senja

Sendi dan tulang yang sering nyeri adalah salah satu tanda kalau tubuh perlu dirawat dengan baik dengan olahraga teratur dan asupan makanan yang baik. Dan susu merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium yang tinggi, protein dan berbagai nutrisi lain yang penting. Susu seperti ANLENE memiliki berbagai zat gizi yang difortifikasi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan mendukung kesehatan system musculoskeletal yang komponen utamanya adalah tulang, sendi dan otot. Dengan adanya kolagen, protein whey, vitamin D, C, E berbagai vitamin B, dan berbagai mineral yang kombinasinya saling menunjang kesehatan tulang, sendi dan otot.

Selain tentunya berolah raga, minum ANLENE setiap hari secara rutin menjadi pilihan jitu untukmu yang ingin tetap aktif di usia senja. Bohong juga kalau penampilan luar selalu terjaga, tapi justru hal penting seperti kesehatan tulang disepelekan. Sebuah survey menunjukkan bahwa 43% wanita Indonesia tidak memperhatikan kesehatan tubuhnya dan tulangnya.

Apalagi kamu adalah wanita yang kontribusinya sangat dibutuhkan terutama untuk keluarga. Karena kesehatan di masa depan tidak hanya berarti untuk dirimu sendiri saja, tapi juga orang-orang di sekitarmu. Yuk, kita berkomitmen buat lebih aktif bergerak demi tulang, sendi dan otot yang lebih sehat di hari tua dengan membuktikan bahwa wanita #TetapBisa! Yuk buktikan pada dunia bahwa kamu sebagai wanita juga nggak mau menyepelekan kebiasaan simple untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini di campaign #TetapBisa ini ya!

Jadi, tunggu apalagi. Awet muda di usia 50an sekarang bukan sekadar angan kalau kamu benar-benar menjalani ritual ini dan menjadikannya kebiasaan di usiamu sekarang. Tak hanya dari luar ya, awet muda juga berarti menjaga kesehatan terutama tulang agar di masa tua nanti kamu tetap bisa aktif dan terus bergerak.

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/asalkan-ritual-ini-dibiasakan-di-umur-20-an-jadi-awet-muda-saat-50-an-nanti-bisa-jadi-kenyataan/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment