8 Cara Bahagia Tanpa Mengandalkan Uang Semata Alias Sederhana Saja

shares |


Banyak yang bilang uang itu segalanya. Nggak ada uang kamu bisa saja dianggap remah-remah rempeyek. Nggak ada uang kamu pun sulit untuk bertahan di dunia yang semakin keras ini. Kamu sendiri kadang mengeluh bingung mau melakukan apa cuma karena tak punya uang lebih untuk sekadar jalan-jalan atau mungkin membeli sesuatu yang kamu inginkan. Tapi apa iya harus selalu ada uang untuk membuat hidup ini terasa lebih seru dan menyenangkan?

Sementara aslinya bahagia tak selalu bergantung pada uang saja. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu rasakan tanpa perlu mengeluarkan uang, beberapa di antaranya seperti yang Hipwee Motivasi uraikan di bawah ini. Mau bahagia? Sederhana saja kok!

1. Klise, tapi membuat orang lain bahagia nyatanya buatmu merasakan hal yang sama. Dan itu sesederhana membantunya saja

Membantu tak selalu berupa uang. Kamu bisa mengandalkan ketrampilan dirimu sendiri. Atau sesederhana membantu ibu atau bapak lansia menyebrang jalan, sekalipun kamu tak kenal dengan mereka. Bisa juga membantu ibumu sendiri membereskan rumah. Apapun bantuan yang kamu ulurkan tak hanya berharga untuk mereka, tapi pun memberi kelegaan serta kebahagian sendiri untukmu.

2. Jalan-jalan ke tempat yang ramah lingkungan, seperti hutan atau danau terpencil mungkin

Jalan-jalan juga nggak harus ke mall melulu. Justru kamu perlu sesekali mencoba jalan-jalan ke tempat seperti taman daerah perumahanmu sendiri, hutan yang tak lebih kebun luas yang mungkin ada di belakang rumahmu, atau persawahan beserta sungainya yang juga masih bisa ditemui di sekitar tempat tinggalmu. Apapun itu yang penting membawamu lebih dekat dengan alam. Sebab alam juga yang akan memberi energi positif untuk dirimu ini. Jadi masih bingung mau jalan-jalan ke mana kalau sedang tak punya uang?

3. Olahraga nggak perlu muluk-muluk, cukup lari atau meditasi

Karena bahagia bisa saja berawal dari tubuh yang bugar. Sementara olahraga, bukankah ini seharusnya hal yang murah bahkan gratis. Kamu tak perlu repot-repot datang ke gym atau pusat kebugaran lainnya. Kamu cukup membiasakan diri lari entah pagi atau sore hari. Bisa juga sesederhana bermeditasi setiap subuh, tak hanya membuat hatimu lebih tenang tapi juga melatih konsentrasimu.

4. Nonton film dari laptop, nggak harus download atau streaming tapi cukup ngopy dari teman

Di zaman yang sudah tangguh ini, nonton film sih nggak harus pergi ke bioskop. Kalau memang ingin gratis, kamu cukup mengopi film-film dari temanmu. Atau kalau saja di rumahmu ada fasilitas wifi gratis, ‘kan kamu bisa sesekali streaming. Nggak hanya mengirit sekali pengeluaran, kamu pun otomatis bisa mengistirahatkan dirimu sendiri.

5. Kumpul sama keluarga, nggak harus ngeluarin uang dan kamu bisa meminta sesuatu sesekali ke mereka

Karena bersama keluarga bahagia itu tak selalu berupa uang. Cukup dengan berbagi cerita dan canda di meja makan. Mensyukuri apapun yang kalian makan. Setidaknya kehangatan keluarga lah yang jadi andil bahagia itu datang.

6. Memanjakan diri seperti maskeran atau luluran tapi pakai bahan-bahan yang ada di rumah

Perawatan sekadar maskeran atau luluran juga nggak harus ke salon. Kamu bisa melakukannya di rumah, dan cukup mengunakan bahan-bahan yang memang sudah tersedia. Semisal tanaman lidah buaya yang ada di halaman rumah, kunyit bubuk, lemon beserta telur yang ada di dapur. Toh perawatan diri di rumah pun bisa kamu lakukan bersama-sama dengan kakak atau adikmu.

7. Ngobrol, bercanda bareng pasangan atau teman dekat seharian penuh

Bersama mereka yang bisa diajak berbagi banyak hal itu tak hanya menyenangkan, tapi juga menenangkan. Tak harus orangtua atau saudara-saudaramu yang lain, tapi bisa juga dengan pacar bahkan teman dekatmu sendiri. Dan kamu bersama mereka tak hanya satu atau dua jam, tapi juga seharian penuh.

8. Sampai kapanpun kesempatan untuk tidur serta bermalas-malasan sepanjang hari itu membahagiakan sekali

Karena memang cuma tidur dan bermalas-malasan di rumah itu satu-satunya kebahagian hakiki yang teramat sederhana. Apalagi buat kamu yang dalam seminggu ini sudah sibuk bekerja keras. Istirahat di rumah seharian penuh jadi salah satu hal yang mewah sekali untuk dirimu.

Jadi, setelah membaca uraian ini, apa kamu masih merasa mati gaya saat tak punya uang lebih untuk bersenang-senang? Toh membuat dirimu senang bisa saja tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Sumber; http://www.hipwee.com/motivasi/8-cara-bahagia-tanpa-mengandalkan-uang-semata-alias-sederhana-saja/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment