13 Manfaat Serbaguna Spons Selain Buat Cuci Piring yang Kamu Nggak Pernah Kepikiran Sebelumnya

shares |


Semua orang tahu bahwa spons identik dengan mencuci piring. Busa berongga yang kebanyakan berwarna kuning ini merupakan benda yang nggak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama rumah tangga. Sayangnya, nggak banyak orang tahu bagaimana cara memanfaatkan spons dengan baik. Padahal strukturnya yang berpori dengan permukaan yang lembut dan dapat menyerap cairan membuat spons menjadi benda yang serbaguna.

Coba bayangkan, jika benda kecil berwarna kuning dan hijau dengan harga yang relatif murah ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tentunya pekerjaan rumah tangga akan dapat diselesaikan dengan mudah dan efektif, bukan? Nah, apa saja manfaat dan kegunaan lain dari spons? Mari simak bersama ulasan Hipwee Tips berikut ini.

1. Nggak perlu lagi pakai lap basah, jendela yang terbuat dari kaca nako bisa dibersihkan menggunakan spons

Kamu hanya membutuhkan 2 spons yang punya lembar hijau di salah satu sisinya, pisau dan penjepit makanan.
Iris sedikit bagian tengah spons yang berbatasan dengan lembar hijaunya, usahakan jangan sampai putus.
Masukkan kedua sisi penjepit makanan ke dalam spons yang sudah berlubang tadi.
Selesai! Kamu bisa bersihkan kedua sisi jendela nako sekaligus.

2. Buatmu yang berhijab, spons sangat efektif untuk difungsikan sebagai tempat menyimpan jarum pentul agar tetap tajam

Jika kamu malas ribet untuk membeli wadah penyimpan jarum pentul, tancapkan saja mereka dalam spons yang telah kamu siapkan khusus. Mudah dan murah, bukan?

3. Biar cuci tangan lebih praktis dan hemat, kamu bisa gunakan sabun batang mini yang dimasukkan ke dalam spons, lho!

Cukup iris bagian tengah spons, lalu masukkan sabun batang mini (sabun batang hotel, misalnya) ke dalam lubang spons tersebut. Kamu tinggal meremas-remas spons, maka busa otomatis akan ke luar dan bisa digunakan untuk cuci tangan.

4. Menempatkan spons di bagian bawah pot berfungsi sebagai penyimpanan air, jadi kamu nggak perlu repot menyiraminya setiap saat

Cara ini memiliki dua manfaat bagi tanaman. Pertama, kelebihan air dalam tanah akan diserap oleh spons sehingga tanaman nggak mudah busuk. Kedua, kandungan air dalam spons akan bertindak sebagai cadangan air jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tanaman.

5. Daripada harus repot membuka sisi kipas angin untuk membersihkan debunya, kamu hanya butuh spons untuk membuatnya kembali mengkilap

Caranya, iris dadu bagian busa spons yang berwarna kuning, tapi jangan sampai putus. Busa yang bagian busanya teriris ini bisa langsung kamu gunakan untuk membersihkan debu kipas angin dari luar. Nggak perlu repot untuk membuka ulirnya, deh!

6. Bilang ayahmu, jika selang penyiram tanaman atau pencuci kendaraannya kotor dan mengeluarkan lumut, bersihkan dengan spons saja!

Ambil bagian busa hijau yang agak kasar, lalu pilin hingga ukurannya bisa masuk ke dalam lubang selang, usahakan nggak terlalu besar.
Masukkan lintingan busa hijau tadi ke lubang selang, lalu nyalakan air.
Secara perlahan, kotoran dan lumut dalam selang akan terbuang karena terdorong oleh lintingan busa yang kamu buat. Smart, bukan?

7. Jika kamu ingin piknik dan membawa minuman dingin, manfaatkan spons yang bisa disulap jadi es batu darurat

Masukkan spons ke dalam plastik berukuran sedang, lalu tambahkan air di dalamnya, tutup rapat.
Bekukan di dalam freezer hingga mengeras.
Letakkan es batu spons ini ke dalam termos minuman untuk menjaganya tetap dingin.

8. Lemari es berbau amis atau kurang sedap? Atasi dengan spons yang telah dibubuhi soda kue di atasnya

Bubuhi bagian atas spons dengan soda kue, lalu letakkan di dalam kulkas untuk menyerap bau yang kurang sedap.

9. Cara praktis untuk menghilangkan kuteks kuku, tanpa kamu harus mengusapnya secara manual dengan aseton

Siapkan gelas kecil, masukkan spons halus tanpa lembaran hijau ke dalam gelas tersebut hingga memenuhi permukaan gelas, kemudian siramkan aseton ke dalamnya.
Masukkan jari tangan yang ingin dibersihkan kuteksnya ke dalam gelas perlahan.
Keluarkan, dan lihat apa yang terjadi. Kuteks akan hilang tersapu aseton yang diserap busa spons.

10. Bisa juga digunakan sebagai bantalan kaki kursi agar nggak mudah menggores lantai

Iris-iris spons lembut yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ujung kaki kursi. Bubuhi dengan lem kuat lalu tempelkan ke masing-masing ujung kaki kursi. Beres, deh!

11. Ibumu suka hidroponik? Gunakan spons sebagai wadah penumbuh benih tanamannya, ya!

Iris melintang spons kuning-hijau, jangan sampai putus.
Letakkan dan tata benih yang akan ditumbuhkan, kacang hijau misalnya.
Siram dengan air dan taruh di tempat yang cukup sinar matahari. Tunggu beberapa hari, maka akan muncul bakal tanaman. Tinggal pindahkan ke pot jika sudah besar nanti.

12. Melindungi benda pecah belah seperti piring dan gelas agar terhindar dari kerusakan selama perjalanan atau saat akan dipindahkan

Gunakan spons sebagai pelindung barang-barang pecah belah dengan meletakannya terlebih dahulu di wadah sebelum piring atau gelas. Spons akan berfungsi seperti bantal untuk menyelamatkan barang-barang ini dari segala bentuk resiko kerusakan.

13. Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, bulu hewan yang rontok dan menempel di karpet atau sofa dapat dengan mudah dibersihkan menggunakan spons

Tinggal tempelkan atau sapukan spons di atas permukaan yang penuh bulu. Bulu-bulu yang mengotori karpet, sofa atau bahkan bajumu ini akan ikut terangkat busa, lho.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa saksikan video pemanfaatan spons untuk segala keperluan berikut.

Luar biasa, ternyata banyak sekali kegunaan spons selain hanya untuk mencuci piring saja. Setelah membaca uraian di atas, semoga kita lebih bijak dalam memanfaatkan spons, ya!

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/13-manfaat-serbaguna-spons-selain-buat-cuci-piring-yang-kamu-nggak-pernah-kepikiran-sebelumnya/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment