Si Doel Sekeluarga Reunian Lho, Inilah 5 Alasan yang Membuatnya Layak Ditonton Lagi

shares |


Bagi generasi 90-an, keberadaan Si Doel Anak Sekolahan pasti pernah begitu akrab dengan kita. Memang nggak bisa dipungkiri kalau sinetron Indonesia yang pertama ditayangkan oleh RCTI pada 1994 ini begitu digemari oleh segala usia. Makanya nggak heran kalau keberadaan mereka begitu dirindukan di hari ini. Ya, selain karena sosok Doel, Sarah, dan Zaenab yang buat kangen, nyatanya ada banyak hal lain lagi.

Untuk tahu kira-kira apa saja sih hal spesial dari Si Doel Anak Sekolahan sampai-sampai mereka jadi susah dilupakan, yuk, simak bareng Hipwee di bawah ini.

1. Si Doel Anak Sekolahan punya karakter yang begitu kuat dalam memperkenalkan budaya Indonesia

Kamu pasti paham betul ‘kan kalau Si Doel Anak Sekolahan punya karakter yang kuat banget dalam memperkenalkan seni budaya Indonesia. Ini diaktualisasikan lewat keseharian keluarga Doel yang sangat kental dengan tradisi Betawinya, seperti tanjidor, busana ala Betawi, dan logat serta bahasa yang mereka punya. Lebih-lebih, ini dilengkapi oleh kedatangan Basuki yang merupakan sosok pendatang dari Jawa, di mana dia terkenal dengan kepolosan dan kesopanannya.

Nggak cuma itu, dalam sinetron tersebut juga diajarkan dengan baik bagaimana pentingnya sebuah toleransi antar sesama. Contohnya jelas, ketika Basuki yang berbeda suku bisa diterima baik oleh keluarga Doel. Lainnya adalah sosok Sarah yang notabene berasal dari kota dengan keluarga yang berada, namun bisa juga menghargai nilai budaya yang ada di kampung, tempat di mana Doel tinggal.

2. Meski elemen-elemen wajib ini ada, namun Doel nggak melulu mengedepankan soal cinta dan persaingan

Buat kamu yang suka nonton sinetron, pasti paham banget ‘kan kalau sinetron sekarang kebanyakan berkutat dengan berbagai permasalahan asmara yang rumit. Bukan nggak mungkin jika hal itu turut menjadi alasan kenapa Si Doel Anak Sekolahan begitu dirindukan. Alasannya cukup jelas, semua karena sinetron Doel nggak melulu mengedepankan soal cinta, tapi bercerita tentang keputusan hidup, tanggapan masyarakat atas perkara pengangguran, kesenjangan sosial yang memang terjadi di masyarakat, sampai pada kesederhanaan di dalam keluarga. Meski memang nggak munafik jika ada bumbu asmara di dalamnya.

3. Pesan moral yang dimiliki juga nggak setengah-setengah, seperti ada banyak pesan dan manfaat yang bisa diambil

Ada banyak situasi dan percakapan yang sungguh membangun di sinetron Doel. Seperti misalnya bagaimana mereka mengajarkan untuk mau bekerja keras dan nggak pilih-pilih soal kerjaan, rendah hati, dan lain sebagainya.

Ya, kalau boleh dibandingkan dengan sinetron sekarang, rasanya jarang sekali ada pesan moral yang bisa didapat. Malah, bukan nggak mungkin yang didapat adalah kesenjangan karakter, alias karakter baik selalu seolah tertindas dan karakter jahat dengan persediaan kejahatan yang nggak ada habisnya. Menyaksikan hal itu, jadi sulit banget rasanya memetik pesan moral yang ada.

4. Kalau sekarang kamu kesulitan cari sinetron dengan cerita realistis, maka Doel memang terbukti nggak tergantikan

Cerita dalam Si Doel Anak Sekolahan bisa dikatakan sangat realistis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari perjuangan orangtua demi menyekolahkan anaknya sampai mendapatkan gelar sarjana, sampai pada perjuangan si anak dengan gelar sarjananya dalam mencari pekerjaan. Dan, mungkin kamu paham betul perbedaan realistis tersebut di dalam sinetron sekarang.

5. Dan, seperti ada kabar bahagia dari Doel dan kawan-kawan yang baru saja mengadakan reuni, kabarnya akan ada Si Doel Anak Sekolahan: The Movie. Yeay!

Bicara soal kerinduan akan sinetron legendaris tersebut, sepertinya sebentar lagi semuanya akan terobati. Sebab, belum lama ini personil sinetron Si Doel Anak Sekolahan mengadakan reunian, lho. Dalam reuni tersebut mereka menyebutkan jika sinetron legendaris itu akan kembali digarap dalam sebuah film.

Nah, buat kamu yang merindukan Si Doel, sabar ya untuk menunggu Si Doel Anak Sekolahan: The Movie. Semoga saja proses pembuatan filmnya lancar agar hasilnya nggak mengecewakan.

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/si-doel-sekeluarga-besarnya-reunian-lho-5-hal-ini-yang-bikin-kita-juga-perlu-reunian-nonton-lagi/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment