Meski Dibelain Terus, Tapi Hampir Mustahil Lagu ‘Becekin Adek Bang’ Ini Maknanya Nggak Ngeres

shares |

loading...
loading...

Lagi-lagi video musik terbaru seorang seleb menghebohkan jagat YouTube Indonesia. Bukan Raisa, bukan Afgan, apalagi Agnezmo. Tak jauh beda kelasnya dengan Awkarin, kali ini giliran Frida Angella yang unjuk gigi. Dia dan timnya membuat lagu yang kontroversial di tengah masyarakat karena dianggap terlalu erotis. Jika awkarin, Frida bahkan sudah menjualnya sejak orang melihat judulnya, Becekin Adek Bang (B.A.B). Judul lagu ini memang terkesan nakal dan mengundang gairah bukan?

Sebagai situs berbagi video terbesar dan paling banyak diakses di Indonesia, banyak netizen menyayangkan keputusan YouTube Indonesia untuk menjadikan video ini sebagai trending topic. Karena artinya akan makin banyak orang yang mengakses video tersebut tanpa batasan umur, sehingga anak-anak pun bebas mengaksesnya.
terlalu vulgar dan tidak mendidik. Padahal konten video tersebut dianggap sama sekali tidak mendidik.

Berikut ini adalah ulasan lengkap Hipwee tentang lagu B.A.B karya Frida Angella yang tak seharusnya ditayangkan bebas untuk konsumsi adik-adik kita yang masih di bawah umur.

Sebelumnya kamu harus mengenal Frida Angella, penyanyi sekaligus pencipta lagu Becekin Adek Bang

Berdasarkan deskripsi yang ditulis di keterangan videonya, Frida Angella adalah penyanyi dangdut pendatang baru yang berasal dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Ia pindah Jakarta 5 tahun yang lalu demi mengejar impiannya. Bakat seninya sendiri sudah tampak sejak Frida berusia 9 tahun. Ia banyak mengikuti ajang pencarian bakat, dan sempat muncul beberapa kali di FTV, sinetron dan film layar lebar. Salah satunya adalah film yang berjudul Kesurupan Jumat Kliwon dan 90an VS Komika bersama aktor Jaja Miharja dan Adi Bing Slamet.

Diluncurkan oleh Leora Musik Indonesia pada Kamis minggu lalu (16/3/2017), video klip B.A.B sudah ditonton lebih dari satu juta kali

Label musik yang baru di-subscribe oleh 1104 akun ini sudah mendapatkan jumlah views lebih dari satu juta untuk video terbarunya, B.A.B. Bisa dibilang ini pencapaian yang luar biasa, di mana pihak manajemen Frida, penyanyi Becekin Adek Bang, pun mengakuinya. Mereka sama sekali tidak menyangka karena promosi yang gencar mereka lakukan bukanlah di YouTube, melainkan lebih berfokus pada aplikasi digital seperti Emusic, Spotify, dan Google Play. Promosi lainnya mereka lakukan lewat radio-radio secara serentak.

Lagu ini memang booming, tapi sebabnya karena dihujat dan dikecam. Lalu apa ini keuntungan yang membanggakan?

20 Tantangan Ini Nggak Akan Dipahami Anak Berusia di Bawah 15 Tahun, Semua Butuh Perjuangan
Tidak bisa dipungkiri kalau lagu ini booming karena mendapat kecaman, netizen menonton untuk kemudian menghujat mereka. Bisa dibilang ini bukanlah sesuatu yang membanggakan karena artinya mereka mendapatkan uang bukan dengan cara yang dianggap positif. Per hari Kamis (23/3/2017 pukul 13:20) saat tulisan ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 1.209.805 kali. Jumlah sukanya sudah mencapai 2136 dan yang tidak suka berjumlah tujuh kali lipat yaitu 15 697. Sementara komentarnya ada 2997 dan hampir seluruhnya bernada kecaman.

@sitampan: Gue salah satu dari 12rb yg nge dislike @Dan Arthur1: dulu dangdut tidak begini, tetapi semuanya berubah ketika negri api mulai menyerang..
@KNoWNAME YABOKU: kaget pas scroll kbwh trending liat judulnya click bait nih , asli youtube indonesia makin kesini makin ancur kwokwokw
Banyak dikecam dan dihujat, pihak manajemen memberikan pembelaan tentang makna sebenarnya dibalik lagu B.A.B.

Lagu ini dikarang oleh Frida sendiri berdasarkan pengalaman pribadinya. Sama sekali tidak seperti dugaan masyarakat bahwa lagu ini ‘ngeres’. Frida terinspirasi dari aplikasi streaming NonoLive (semacam Bigo), ia menjadi pembawa acara di sana dan sering mendapatkan gift berupa ‘ice tea‘. Lalu tanpa sengaja ia melontarkan ‘Becekin Adek Bang’ yang maksudnya adalah permintaan agar ia diberi gift ‘ice tea‘ lebih banyak.

Tak jauh beda, manajemen Frida juga menyampaikan pembelaan terhadap lagu ini. Menurut mereka makna kata ‘becek’ yang dimaksud adalah keringat penyanyi dangdut yang keluar demi mencari nafkah. Bukan hal-hal ‘ngeres’ seperti yang diduga oleh banyak orang.

Sekarang kita lihat apakah pembelaan itu masuk akal atau tidak, atau hanya untuk ‘menenangkan’ gelombang kecaman?

Katanya video ini sama sekali tidak bermaksud ‘ngeres’, tapi dalam video klip kita dapat melihat dengan jelas bagaimana Frida bergoyang ‘nakal’ dengan memperlihatkan belahan dada. Bahkan terlihat beberapa kali Frida mengigit bibir, bahasa tubuh yang dimaknai berniat mengundang gairah. Kalau goyangan dan belahan dada itu ada yang masing menganggapnya wajar untuk ukuran video klip lagu dangdut, coba kita lihat dari sisi liriknya.

Yang digoyang goyang dulu bang
Diuleg uleg sayang
Yol digeyol geyol dulu bang
Diputer puter sayang
Asik Asik Asik
Kira-kira hubungannya sama ‘ice tea’ apa ya?
…….
Nggak mau pulang adek maunya goyang
Nggak mau pulang maunya becekin abang
……..
Daripada becek hujan hujanan
Mending becek sama biduan
Katanya tadi ‘becek’ itu artinya keringat penyanyi dangdut, tapi kok ini ‘becekin abang’, jadi yang ‘becek’ itu penyanyi apa abang? Atau saling ‘membeceki’? Kalau begini, yang dimaksud sama lagu ini beneran ‘ngeres’ dong jadinya!
“Kenapa lagu Barat ‘ngeres’ tidak dipermasalahkan, tapi dangdut ‘ngeres’ diteriaki. Bukannya memang beda konteksnya ya?

@refo khary1: “Lagu dangdut “B.A.B Becekin Adek Bang” dicaci-maki, dihina, dianggap merusak citra musik Indonesia. Tapi lagu “Versace on the floor” didownload, dihafalin, dijadiin playlist sebelum tidur. Video clip “Get Low” dinikmatin, dinyanyiin, dan dijadiin playlist sebelum berangkat kuliah. Yang jadi masalah bukan lirik atau video clipnya yang erotis dan vulgar. Tapi mindset kita terhadap genre musik dangdut itu sendiri. Letak perbedaannya sederhana, lagu dangdut dianggap murahan oleh masyarakat kita. Sedangkan lagu-lagu barat (yang video klipnya cuma pakai celana dalam atau liriknya lebih frontal) dianggap keren dan enak lagunya. Jadi ya jangan mencaci secara moral musik dangdut, kalau masih menikmati lagu-lagu Pitbull, Rihanna, atau Nicki Minaj. Toh sebenarnya sama aja. Sc : hidden secret”
Komentar ini pada akhirnya mendapat hujatan dari netizen lain juga. Berikut ini beberapa komentar balasannya.
@Karlina Widya: “dangdut udh pasti anak anak pada hafal artinya karena emg lgu indonesia, untuk masalah lagu luar blm semua anak kecil tau artinya yg mereka pikirin cmn karena lagunya enak, ga ky gini orng indonesia lagi,”
Kamu setuju sama komentar yang mana Guys?
@irfan fahri rizk: “refo khary 1. gak semua anak2 bisa mengakses video dari mereka 2. gak semua orang indo bisa bahasa luar 3. masalah mindset mungkin ia, karna dangdut telah mengalami kemerosotan besar dalam kualitasnya ditambah dengan kontes dangdut yang nyanyi 5 mnt dikomentarin 2 jam. tp sangat berbeda dengan dangdut jaman dulu, dimana kualitas lebih diutamakan”
Jadi, menurut kamu bagaimana sebaiknya sikap kita untuk menanggapi fenomena seperti ini?

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/meski-dibelain-terus-tapi-hampir-mustahil-lagu-becekin-adek-bang-ini-maknanya-nggak-ngeres/
loading...

Related Posts

1 comments

  1. umumnya becek itu di jalan dan di ituloh, klo becek di badan yg di maksud gmn tuh cara becekinnya..? wk wk wk frida gila.

    ReplyDelete