Menopause Memang Tak Bisa Dihindari. Tapi dengan 4 Tips Ini Paling Tidak Kamu Bisa Menundanya Lebih Lama

shares |


Mau nggak mau, menopause akan tetap dihadapai. Siap nggak siap, kamu nggak bisa sembunyi dari yang namanya menopause. Buat cewek, menopause memang jadi hal yang menakutkan. Bayangan tak bisa lagi jadi wanita seutuhnya sudah menghantui saat mendengar kata menopause. Meski itu akan terjadi masih puluhan tahun lagi dari sekarang, nggak ada salahnya kamu mempersiapkan semuanya sejak dini. Karena sebenarnya, menopause bisa ditunda lebih lama lagi dengan gaya hidup sehat yang kamu terapkan mulai saat ini.

Walaupun pada umumnya menopause dialami saat menginjak usia 50 tahun, nggak sedikit juga yang sudah mengalaminya saat usia baru 40 atau bahkan 30 tahun! Nggak heran sih, gaya hidup sekarang yang banyak terpapar radiasi, alkohol, rokok dan juga banyaknya makanan junk food jadi faktor pemicunya. Nah, agar kamu nggak mengalaminya di usia muda, Hipwee akan memberikan 4 tips yang bisa kamu lakukan sebagai upaya agar nantinya menopause tak datang dengan cepat.

Tapi, sebelumnya kamu perlu tahu, sebenarnya, menopause itu apa, sih?

Menopause adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita sejalan dengan bertambahnya usia, dan bukanlah suatu penyakit atau gangguan medis. Menopause didefinisikan sebagai keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan. Dalam kata lain, menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi hingga sesaat setelah periode menstruasi berakhir. Namun secara umum menopause dapat dikatakan sebagai berakhirnya siklus menstruasi pada wanita.

Selain berakhirnya siklus menstruasi, ada gejala lain yang umum dialami wanita saat menopause

Gejala dan indikasi lain yang umum dialami wanita menjelang atau ketika menopause antara lain:

Insomnia
Mood swings
Jantung berdetak kencang dan cepat
Kelelahan
Lekas marah
Depresi
Sakit kepala, migrain
Sakit pada otot dan persendian
Frekuensi urinasi meningkat dan masalah kontrol kandung kemih
Libodo menurun
Vagina kering dan kurang elastis, sebagai akibat dari penipisan jaringan vulva, vaginal dan serviks
Meskipun tak bisa dihindari, ada beberapa upaya yang bisa membuat menopause datang lebih lama dari seharusnya. Simak baik-baik ya!

1. Kandungan pada madu dipercaya dapat menunda menopause. Rasanya ‘kan enak, jadi bisa lah dirutinkan minum mulai sekarang

Madu yang mengandung protein, asam lemak esensial, asam amino, vitamin B kompleks, enzim dan mineral sangat bagus jika dikonsumsi untukmu para cewek. Manfaatnya mungkin nggak akan kamu rasakan saat ini juga, tapi nanti saat usia semakin bertambah. Kandungan tersebut berkhasiat untuk proses regenerasi sel, memperbaiki proses reproduksi, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan otak, dan mencegah munculnya osteoporosis. Selain itu mengkonsumsi madu dapat menghambat penuaan.

2. Alkohol, kafein, soda adalah jenis-jenis minuman yang sebaiknya dihindari. Kalau kamu nggak ingin cepat-cepat menopause

Mengurangi minum kafein dipercaya dapat menghilangkan beberapa gejala fisik yang tidak menyenangkan saat memasuki fase menopause. Menopause bisa datang lebih lama jika seorang wanita mampu menjaga keseimbangan hidupnya. Misalnya dengan menghindari polusi, alkohol, kafein dan juga soda. Kamu bisa mengganti minuman tersebut dengan susu, yogurt dan keju. Dengan berkurangnya kadar kafein dalam tubuh, sistem metabolisme akan berjalan lebih baik. Memang nggak mudah untuk merubah gaya hidup, tapi kalau hasil jangka panjangnya untuk menunda masa menapause, nggak ada salahnya untuk dicoba.

3. Daun kemangi juga bisa dikonsumsi untuk menunda menopause. Enak sih kalau ini dimakan sama sambel

Setangkai daun kemangi mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang produksi hormon estrogen dan androgen. Kemangi juga banyak mengandung senyawa boron, anetol dan zat stigmaasterol yang dapat merangsang pembentukan sel telur dan zat triptofan yang mampu menunda terjadinya menopause.

4. Ada ramuan tradisional yang dipercaya ampuh menunda menopause. Mungkin rasanya sedikit nggak enak, tapi khasiatnya luar biasa

Fungsi utama ramuan ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan hormon. Bila dikonsumsi secara teratur, maka produksi hormon estrogen wanita akan menjadi teratur juga.

Bahan – bahan:

Siapkan tumbuhan jari temugiring sebanyak 25 gram
Lada hitam 3 butir
Cabai jawa 2 buah
Adas sebanyak seujung sendok teh
Kayu manis
Cengkeh 5 butir
Air 500 cc
Cara membuat:

Bersihkan semua bahan di atas
Tumbuk sampai halus
Seduh dengan air mendidih kemudian saring
Bisa diminum saat sudah dingin
Mengkonsumsi minuman ini 2 kali seminggu dipercaya dapat terhindar dari menopause dini.

Meski pada akhirnya menopause akan datang juga, tapi menerapkan tips di atas bisa membuat kamu terhindar dari menopause dini, yang datang lebih cepat dari seharusnya. Mestinya kamu ingin ‘kan melayani suami lebih lama? Yuk, hidup sehat dari sekarang!

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/menopause-memang-tak-bisa-dihindari-tapi-dengan-4-tips-ini-paling-tidak-kamu-bisa-menundanya-lebih-lama/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment