Jawaban Ilmiah Kenapa Cowok Lebih Gampang Jatuh Cinta daripada Cewek. Tapi Gampang Bosan Juga Sih!

shares |


Lumrahnya, cowoklah yang mengatakan cinta kali pertama pada cewek, bukan cewek pada cowok. Dan, mayoritas cowok juga setuju dengan itu dan sering megungkapkan rasa cinta duluan. Mungkin memang ada yang nggak, tapi nggak sebanyak cowok yang rela melakukannya demi ceweknya. Lantas hal ini menjadi asumsi masyarakat bahwa cowoklah yang terlalu mudah untuk bilang cinta. Sementara cewek agak susah untuk jatuh cinta.

Ternyata memang demikian adanya, cowok bisa dengan mudah jatuh cinta dan mengatakan perasaannya pada cewek. Bahkan beberapa penelitian menghasilkan jawaban yang mendukung asumsi itu. Terlepas dari bahasan ilmiah, hasil dari penelitian tersebut sebenarnya masuk akal loh. Kalau nggak percaya, simak langsung aja deh, nih!

Secara psikologis, cowok lebih sering menggantungkan emosinya pada pasangan. Nggak jarang, cowok akan lupa pada teman ketika dia sudah punya pacar

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Match.com, sebanyak 54 persen cowok bisa dengan mudah jatuh cinta pada cewek. Sementara hanya 44 persen cewek yang mengaku demikian. Selain itu, dari survei tersebut juga mendapatkan hasil sebanyak 23 persen cowok akan menghabiskan waktu bersama teman-temannya, sedangkan cewek hingga 77 persen waktu akan dihabiskan dengan teman-temannya.

Dari sini sejarawan Stephanie Coontz yang juga ikut dalam survei mengatakan bahwa cewek lebih suka mempertahankan hubungan personal dengan teman daripada dengan pasangan. Sementara cowok cenderung tergantung secara emosional pada ceweknya. Maka dari itu, nggak jarang cowok akan lupa dengan teman-temannya ketika mereka sudah memiliki cewek.

Karena sesungguhnya cowok memiliki beberapa hormon yang memacu sikapnya atas rasa cinta pada cewek. Apalagi cowok adalah makhluk visual

Ada dua hormon yang berkaitan langsung dengan sikap cowok yang begitu mudah untuk mengatakan dan mengejar cinta pada cewek. Pertama karena cowok memiliki hormon testosteron yang berkaitan dengan seksualitasnya. Kedua karena cowok juga memiliki hormon adrenalin yang bekerja ketika mereka melihat sesuatu yang menantang. Menyatakan cinta pada cewek adalah sebuah tantangan yang menarik bagi cowok. Itulah kenapa cowok selalu menggebu-gebu ketika mengejar cinta dari cewek. Sebelumnya, cowok tentu melihat cewek karena dari fisiknya terlebih dulu. Sebab kalau cowok merasa sreg, dia akan mengejar dan menyatakan cintanya pada cewek tersebut. Ya, kan, cowok makhluk visual.

Resiko besar yang ditanggung cewek membuat mereka takut memilih. Cowok mau nggak mau harus lebih aktif dalam mencari pasangan.

Seorang psikolog asal Pennsylvania State University, Marissa Harrison, dalam The Journal of Social Psychology mengatakan bahwa cewek akan mengalami kerugian yang cukup kompleks secara biologis ketika mereka salah memilih pasangan. Sebab mereka harus hamil, menikah, dan mengasuh anak. Sementara cowok, yang menjadi masalahnya adalah harus menafkahi, bukan mengandung dan melahirkan. Masuk akal, kan?

Secara garis besar, sebenarnya cewek lebih berhati-hati dalam menentukan pasangan. Sebab kalau mereka salah memilih, mereka beranggapan bahwa masa depannya bisa hancur. Jadi jangan salahkan cewek kalau mereka kurang aktif dalam mencari pasangan. Sebabnya? Ya, itu tadi, secara psikologis mereka sadar benar dengan resiko yang mereka tanggung kalau sampai salah.

Demikianlah hasil penelitian yang pernah dilakukan pada cowok dan cewek masalah jatuh cinta dan menyatakan perasaan. Ternyata, asumsi bahwa cowok lebih mudah jatuh cinta dibandingkan cewek itu adalah fakta dan bukan hanya opini belaka.

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/jawaban-ilmiah-kenapa-cowok-lebih-gampang-jatuh-cinta-daripada-cewek-tapi-gampang-bosan-juga-sih/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment