Desain Gedung Ini Kreatif Banget! Masa Bisa Dibolongi Tengahnya untuk Lewat Kereta dan Jalan Raya

shares |


Apakah kamu pernah terpikir ada sebuah tempat tinggal yang di dalamnya bisa dilalui kereta? Percaya atau tidak, ternyata memang ada lho. Bangunan tinggi yang berada di Cina ini sebetulnya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan apartemen lainnya. Letak perbedaannya hanya di bagian tengah – di mana ada jalur yang menghubungkan langsung ke luar.

Jika Cina punya apartemen yang dalamnya bisa dilalui kereta, maka Jepang memiliki gedung juga yang unik menyerupai Cina. Bedanya yakni apartemen di Jepang bagian dalamnya bukan berupa jalur kereta, tapi jalan layang. Mobil, bus, dan truk adalah beberapa kendaraan yang bisa melewatinya. Penasaran seperti apa rupa bangunan unik kekinian di kala minim lahan? Simak ulasan Hipwee News & Feature berikut ini yuk!

1. Padatnya penduduk yang tinggal di Chongqing, Cina membuat arsitek dan perencana kota membangun apartemen ‘satu atap’ dengan jalur kereta

Saat mendengar ada gedung unik yang di dalamnya bisa dilalui kereta, kamu mungkin berpikir kalau bangunannya modern dan masih baru. Sebenarnya bangunannya ya nggak baru dan modern juga. Tapi yang jelas, para penghuni apartemen yang berada di Chongqing Cina ini sangat dimudahkan dalam beraktivitas lantaran gampang banget saat mau berpergian. Karena mereka tinggal ke lantai 6 dan langsung bisa naik kereta.

Kota Chongqing yang terletak di bagian tenggara Cina adalah kota metropolis yang penduduknya berjumlah 49juta jiwa. Jumlah penduduk yang banyak itu membuat para arsitek dan perencanaan kota mengeluarkan ide kreatifnya dalam membuat transportasi publik seefisien mungkin. Memudahkan dan irit lahan!

2. Sedikit berbeda dengan desain kreatif bangunan di Cina sebelumnya, Jepang memilih jalan layang di dalam gedungnya. Apakah benar karena efisiensi lahan atau ada alasan lain ya?

Lain halnya dengan Cina, terdapat bangunan yang di dalamnya terdapat jalan layang di kota Osaka, Jepang. Kalau di Cina dibuat karena inisiatif arsitek dan perencana kota membuat bangunan unik di lalui jalur kereta, berbeda dengan Gate Tower atau TKP Garden City di Osaka. Gedung ini dibangun khusus untuk bisa dilewati kendaraan karena sang pemilik gedung enggan memberikan lahannya pada pemerintah yang berencana membangun jalan. Oleh karena itu, antara pemilik properti TKP Garden City dengan pemerintah terjadi kesepakatan ini – jalan layang dan gedung yang dibangun secara bersama dalam satu atap.

3. Dua gedung di Cina dan Jepang ini bisa jadi contoh bagaimana mengatasi keterbatasan lahan di kota padat penduduk. Tentu saja diperlukan desain dan keahlian khusus untuk membangunnya

Adanya gedung unik yang di dalamnya terdapat jalur kereta dan jalan layang adalah bukti kalau Cina dan Jepang sangat menjaga efisiensinya. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan kebutuhan setiap tahun, maka tak heran jika ada bangunan multifungsi seperti itu. Apalagi Cina memang merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, oleh karena itu adanya apartemen yang dibuat bersama dengan jalur kereta memang wajar. Sedangkan Jepang terkenal dengan negara-negara berteknologi canggih dan serba efisien dalam hal apapun.

Nah, ngomong-ngomong Indonesia yang penduduknya juga padat kira-kira kapan ya bisa mengikuti? Melihat saat ini pembangunan jalur LRT lagi digencarkan, sepertinya bukan tidak mungkin kalau suatu saat di salah satu kota besar Indonesia memiliki bangunan multifungsi seperti itu.

Meski gedung ini bukan terbilang bangunan baru, nggak ada salahnya kalau saat ini di belahan dunia manapun juga membuatnya seperti itu. Karena dengan bertambahnya warga setiap tahun, penghematan lahan memang diperlukan.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/gila-ada-gedung-yang-dilubangi-khusus-buat-lewat-kereta-dan-jalan-raya-gimana-ya-cara-bikinnya/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment