⁠⁠⁠7 Langkah Jitu untuk Mengembangkan Karier Pasca Resign. Hidupmu Tak Berakhir di Situ

shares |

loading...
loading...

Keputusanmu untuk berhenti kerja dari tempat terdahulu bukan tanpa alasan. Kamu memiliki berbagai hal yang jadi pertimbangan setelah dipikirkan secara matang. Beberapa di antaranya karena gaji yang tidak naik, jobdesk kerja nggak jelas, dan masalah sama atasan. Lantas, kamu jadi pengangguran dan tak tahu kapan akan mulai kerja kembali.

Supaya kamu nggak bingung memulai karier cemerlang setelah berhenti kerja, sebaiknya kamu pastikan hal-hal apa saja yang dipersiapkan. Hal ini untuk mengantisipasi dirimu yang kemungkinan nanti menyesal atau kecewa dengan ekspektasi dunia kerja selanjutnya. Simak langkah apa aja yang harus kamu lakukan supaya karier jadi lebih bagus, walau baru selesai menganggur berikut ini.

1. Ketahui apa yang kamu mau. Bekerja sebagai pegawai atau memulai untuk berbisnis?

Masa-masa menganggur sebaiknya tidak hanya dinikmati untuk bersenang-senang. Selain jalan-jalan sebagai ajang refreshing sejenak dari kepenatan, kamu bisa sekaligus memikirkan soal masa depan. Umur yang kian bertambah menuntut kamu untuk segera memilih karier yang akan diseriusi. Apakah sebagai pegawai lagi atau memulai sesuatu yang baru seperti berbisnis? Hal ini penting karena menjadi awal mula kamu menata karier yang sempat terpuruk tempo hari. Dengan mengetahui bekerja lagi pada perusahaan atau berbisnis, kamu jadi tahu harus melakukan apa. Langkah-langkah kamu jadi lebih terarah – nggak asal bertindak.

2. Tanyakan ke diri sendiri bidang apa yang mau kamu tekuni. Apakah masih di bidang yang sama seperti dulu atau hal yang berbeda?

Selain memutuskan jadi pegawai lagi atau coba berbisnis, kamu pun perlu pastikan bidang apa yang akan ditekuni. Jika masih hal yang sama, paling tidak kamu sudah mengetahui dan berpengalaman sedikit untuk mengerjakannya. Kamu tinggal memperluas pengetahuan lagi agar bidang pekerjaan yang kamu tekuni semakin baik. Lain halnya jika bidangnya berbeda karena kamu harus belajar lagi dari awal. Akan ada banyak ilmu yang harus kamu pelajari, misalnya mengambil kursus, bergabung dengan komunitas, atau kuliah lagi.

3. Sebisa mungkin upgrade kemampuan kamu biar ilmu yang dimiliki makin meluas

Apapun yang sudah kamu bisa lakukan usahakan untuk tidak cepat puas. Karena pada dasarnya perkembangan ilmu pengetahuan kian meluas, maka akan ada perubahan-perubahan yang kamu nggak tahu. Untuk itu, kamu harus sering kepo perkembangan terkini dalam bidang yang kamu tekuni. Dengan begitu, kamu nggak ketinggalan zaman dan ilmu yang dimiliki makin meluas. Ini sangat baik dalam menggapai angan karier cemerlangmu.

4. Hubungi koneksi kamu sebanyak mungkin. Entah bertanya soal lowongan pekerjaan atau mengajak berbisnis

Jangan pernah gengsi untuk memulai menghubungi koneksimu. Kamu bisa melakukannya dari media sosial (medsos) maupun mengontaknya langsung via aplikasi chatting. Yah, asal di awalinya bukan langsung minta lowongan pekerjaan atau mengajak berbisnis saja. Komunikasi itu ada kiat-kiatnya, jadi kamu harus paham cara jitu apa yang bisa diucapkan saat menghubungi kenalan. Lakukan dengan cara seelegan mungkin ya.

5. Jaga keuanganmu dengan baik karena kamu masih berada dalam kondisi ‘mengganggur’

Jadi pengangguran itu banyak cobaannya, seperti banyak kebutuhan yang harus terpenuhi dengan segera. Awalnya kamu yang anak kos, lalu biasanya telat bayar uang bulanan tak dipermasalahkan, lantas tiba-tiba harus dibayar saat hari H. Atau teman-teman banyak yang mengajak kamu jalan-jalan, padahal kamu sebelumnya sudah berjanji pada diri sendiri untuk tidak berpergian ke tempat jauh yang menghabiskan banyak uang. Ingatlah kondisimu yang masih menganggur agar keuangan terjaga dengan baik.

6. Saat memilih kerja di perusahaan ajukan permintaan gaji realistis. Sesuai dengan kemampuan dan pengalaman

Kamu memamg bukan anak yang baru selesai menamatkan pendidikan di universitas. Tapi, hal itu bukan jaminan lantaran kamu sudah satu, dua, atau tiga tahun kerja di tempat sebelumnya. Ilmu kamu belum seberapa, jadi mintalah gaji realistis yang tidak ketinggian. Semakin besar gaji yang kamu terima, maka semakin besar pula tanggungjawabnya. Sesuaikanlah dengan pengalaman dan ilmu yang kamu miliki, jangan lupa sebelumnya mencari tahu kisaran gaji posisi yang kamu lamar.

7. Jangan banyak membandingkan pekerjaan baru dengan yang lama. Tekunlah dan ambil illmu yang didapat

Bersyukur itu memang nggak gampang. Seperti halnya dalam pekerjaan yang semua diniatkan untuk mencapai kesuksesan bersama, kenyatannya malah sulit sekali. Kamu suka membandingkan pekerjaan baru dengan yang lama. Entah itu jobdesk, suasana kantor, atau manajemen perusahaan, pasti kamu suka banding-bandingkan. Sebenarnya, setiap pekerjaan dan kantor ada kurang dan lebihnya. Untuk itu, tekunilah dan ambil ilmu yang didapat. Jangan lupa bersyukur biar apa yang kamu miliki selalu bermanfaat untuk ke depannya.

Memulai bekerja setelah cukup lama menganggur bikin kamu harus persiapkan berbagai hal. Apalagi dengan impian mencapai karier cemerlang segera. Yuk persiapkan dari sekarang!

Sumber; http://www.hipwee.com/sukses/%E2%81%A0%E2%81%A0%E2%81%A07-langkah-jitu-untuk-mengembangkan-karier-pasca-resign-hidupmu-tak-berakhir-di-situ/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment