7 Cara Alami Atasi Rambut Rontok dan Botak. Agar di Usia 20an Nggak Kayak Om-om dan Tante-tante

shares |


“Dil, kamu harus bantu aku. Aku kan bakal nikah enam bulan lagi nih.”

“Bantu apa?”

“Selama enam bulan rambutku harus tumbuh sempurna, nggak boleh botak lagi.”

Kamu nggak perlu nunggu menikah kan buat mengatasi rambut rontok dan kepala botakmu itu? Eits, botak nyatanya bukan hanya milik pria lho, wanitapun kerap mengalami masalah serupa. Akibatnya apalagi kalau bukan rambut rontok parah dan sulit tumbuh?

Penyebab kepala botak pun beragam, bisa karena pengaruh hormon dan kesalahan diet. Cara menumbuhkan atau memanjangkan sebenarnya juga ada banyak, tergantung mana yang lebih membuatmu nyaman. Bisa menggunakan obat penumbuh rambut, konsumsi obat, sampai perawatan secara alami. Biar bagaimanapun, yang alami memang lebih disarankan. Nih ada 7 cara yang bisa kamu pilih untuk antisipasi masalah kebotakan di usia muda.

Minyak zaitun tak hanya berguna untuk bahan masakan, tapi juga untuk kecantikan. Ada banyak senyawa mineral alami yang baik untuk rambutmu lho

Bangsa Timur Tengah telah lebih dulu menggunakan minyak zaitun untuk beragam keperluan. Mulai dari memasak, pengobatan, hingga perawatan kecantikan. Caranya sederhana, siapkan minyak zaitun seperlunya. Sebelum menggunakan, akan lebih baik kalau kamu keramas dulu agar kotoran tak menghambat penyerapan. Setelah itu barulah oleskan minyak ke seluruh bagian rambut. Diamkan satu jam baru dibilas dengan air dingin. Lebih dari sekadar memanjangkan, minyak zaitun juga bisa melembapkan serta menghitamkan.

Santan kelapa ternyata juga tak layak kamu abaikan. Air berwarna putih ini mengandung vitamin dan mineral yang mampu menumbuhkan rambutmu dengan sehat alami

Kalau mau hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin minimal tiga kali seminggu. Gunakan sekitar 300-500 ml santan. Sama halnya seperti minyak zaitun, gunakan setelah keramas dengan mengoleskannya ke seluruh bagian rambut. Pijat selama tiga hingga lima menit, dan diamkan selama 30 menit supaya meresap sempurna. Saking mujarabnya khasiat santan, ekstrak santan pun sudah banyak digunakan sebagai bahan dalam industri kosmetik perawatan rambut saat ini.

Walau tampak ‘mengerikan’ untuk rambut, tapi nyatanya putih telur punya kandungan protein, zat besi dan mineral alami yang cukup lengkap lho. Kalau mau cepat, kamu harus berani gunakan bahan ini sih

Pertama-tama, kamu harus pisahkan dulu antara kuning dan putih telurnya. Gunakan hanya dari satu telur ayam saja, lalu kocok si putih telur hingga berbusa. Kalau nggak mau terlalu amis, kamu pun bisa menambahkan tiga sendok makan minyak zaitun. Setelahnya, baru oleskan dengan kuas secara merata ke rambut dan kulit kepala. Tahan nafasmu ya, karena baunya memang sangat amis dan kamu harus mendiamkannya setidaknya selama 30 menit. Yang sabar ya, demi keindahan rambutmu sendiri ‘kan?

Untukmu yang hobi makan apel dan punya kebiasaan membuang kulitnya, kini saatnya kamu memanfaatkannya. Vitamin di kulit apel bisa menutrisi rambutmu lho

Kulit apel memiliki vitamin yang sangat berguna untuk sirkulasi darah di kulit kepala. Selain itu, juga mengandung polifenol yang bernutrisi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, serat juga tersedia. Itulah alasan kenapa selama ini para pakar kesehatan menyarankan untuk makan apel sekalian dengan kulitnya. Untuk rambut, silahkan kamu menyiapkan kulit apel yang terlihat masih segar secukupnya. Blender kulit-kulit itu hingga membentuk jus, kalau perlu tambahkan beberapa sendok air matang. Baru kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala dan diamkan 30 menit agar meresap.

Biji atau minyak kemiri ternyata juga mengandung zat yang mampu menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut. Kalau tak ada yang menjual minyaknya, kamu bisa membuatnya sendiri dari biji kemiri

Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino esensial maupun non esensial. Kalau asam amino non esensial fungsinya memberi rasa nikmat ketika si kemiri di gunakan sebagai bumbu, maka asam amino esensial berguna untuk pertumbuhan rambut. Sebab, asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk antibodi kita. Caranya, kamu cukup menumbuk beberapa biji kemiri, lalu rebus hasil tumbukan tadi hingga mengeluarkan minyak kemiri. Oleskan pada rambut dan gunakan sebelum tidur.

Masker buah-buahan bisa pula kamu gunakan sebagai cara mudah antisipasi kebotakanmu. Tak perlu pergi ke salon, masker ini bisa kamu buat sendiri di rumah kok

Gunakan beberapa jenis buah yang sudah tersedia di rumahmu. Seperti pisang, alpukat, semangka, dan melon misalnya. Lalu blender sampai halus setidaknya tiga macam buah tadi, tambahkan satu sendok yogurt tanpa rasa dan aduk hingga merata. Setelahnya, oleskan ke seluruh rambut dan tunggu sekitar 10-20 menit baru dibilas dengan air bersih. Buah-buahan tadi mengandung asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut dan membuatnya jadi lebih kuat.

Terakhir, silahkan manfaatkan campuran teh hijau dan daun seledri. Dengan antioksidan yang mereka punya, rambutmu bisa lebih subur dan panjang alami. Yakin nggak mau coba?

Sebelumnya, siapkan handuk kecil bersih dulu, juga mentimun dan lemon yang direndam dengan air hangat, serta teh hijau dan seledri yang telah diseduh. Lalu, ambil handuk kecil tadi dan rendam ke dalam air hangat yang berisi mentimun dan lemon selama 2-5 menit. Peras handuk dan tutup kepalamu menggunakan handuk tadi selama sepuluh menit. Setelahnya, baru teteskan teh hijau dan seledri secara bertahap pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga tak ada minya yang tersisa di rambut dan kulit kepala.

Bukankah cara-cara alami untuk memanjangkan dan menguatkan rambut di atas cukup mudah? Sejatinya, untuk hasil lebih maksimal kamu juga bisa meminimalisir kebiasaan-kebiasaan yang selama ini terlihat remeh tapi juga terbukti jadi penyebab kerontokan rambut. Jangan terlalu lama berada di bawah sengatan sinar matahari misalnya. Hal ini akan membuat rambutmu menjadi kering dan memicu datangnya kerontokan. Semakin kamu sering menggunakan bahan kimia yang ditujukan untuk mempercantik rambut seperti rebonding, smoothing, dan keriting, rambutmu akan makin rapuh dan berimbas pada kerontokan. Pun jangan menyisir rambut saat masih basah dan mengikat rambutmu terlalu kuat ya. Kamu mau mencoba yang mana dulu nih?

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/7-cara-alami-atasi-rambut-rontok-dan-botak-agar-di-usia-20an-nggak-kayak-om-om-dan-tante-tante/
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment