Monday, May 29, 2017

7 Hal yang Harus Kamu Rahasiakan dari Anakmu Nanti. Sama Sekali Nggak Boleh Sampai Bocor!


Sudah bukan waktunya main-main buat kamu yang ada di posisi usia lebih dari seperempat abad. Di usiamu yang mendekati 30 ini, tentu sudah masanya untuk menikah dan punya anak. Hal ini akan membuatmu berubah 180 derajat, lantaran kamu yang dulu masih bisa bermanja-manja ke orangtua, kini harus belajar mengurus anak dan suami. Tanggung jawabmu besar. Harmonis atau tidaknya keluargamu nanti, salah satu faktor pendukungnya ada pada cara kamu sebagai seorang ibu dan istri dalam membangun keluarga.

Hal itu juga dilihat dari anak-anakmu berkembang seperti apa di kemudian hari. Bagaimana kamu mendidiknya menjadi tolok ukur pertumbuhan mereka kelak. Oleh karena itu, kamu nggak boleh asal berkata, bersikap, dan memberikan informasi kepada anak. Biar kamu mulai terbiasa, simak yuk hal-hal apa saja yang harus kamu rahasiakan dari anak-anakmu nanti berikut ini.

1. Jangan pernah pamer betapa nikmatnya makan junk food kalau nggak mau anakmu jadi pecandu berat makanan instan super enak ini

Nggak ada yang bisa menolak kelezatan junk food. Mau apapun jenis makanannya, pasti banyak yang suka. Tapi, karena kalau keseringan mengonsumsinya juga nggak baik, kamu harus menahan makan di depan anak-anak atau menceritakan kenikmatan makanan super enak itu ke anak-anakmu nanti. Apalagi saat mereka masih kecil dan masih belum mengerti apa-apa. Daripada nanti keturunanmu jadi pecandu berat makanan instan, lebih baik tahan ya untuk nggak pamer ke mereka.

2. Rasa malas saat akan membersihkan rumah nggak perlu diceritakan juga. Apa kamu mau anakmu nanti jadi ogah-ogahan berbenah rumah?

Serajin-rajinnya kamu membersihkan rumah, pasti ada saatnya kamu lagi malas. Bukan cuma bersihkan rumah saja, tapi juga malas masak dan hal lainnya. Karena orangtua adalah contoh bagi anak-anak, maka sebaiknya kamu menahan rasa malas tersebut saat ada anak-anak ya. Misalnya ada yang bertanya Mama kok nggak menyapu rumah? , jawablah dengan Iya nanti, ini mau ngerjain yang lain dulu . Hehe..

3. Ajarkan anak untuk mencintai sayuran lewat manfaat-manfaat yang didapat. Bukan dengan menakuti mereka dampak buruk apa yang dialami kalau nggak makan sayur

Biasakanlah mengajarkan segala sesuatu kepada anak-anak dengan menjunjung tinggi ketulusan hati. Ya, dengan mengerjakan melalui rasa tulus akan terasa jauh lebih nyaman dan mudah. Termasuk dalam mencintai sayuran. Bahan makanan yang kaya manfaatnya ini memang seringkali nggak disukai anak-anak. Rasanya yang pahit atau hambar adalah salah satu alasan mengapa mereka memilih untuk tidak memakannya. Meski begitu, jangan beri tahukan tentang dampak buruk yang didapat kalau nggak makan sayur. Karena hal itu seperti sebuah ancaman atau dan juga paksaan. Lebih baik ungkapkan berbagai manfaatnya. Dengan begitu mereka akan lebih mudah menyukainya.

4. Rasa sakit ketika melahirkan nggak perlu diceritakan. Kalau anakmu perempuan nanti, takutnya dia jadi enggan punya anak dan kamu dianggap nggak ikhlas melahirkan

Momen paling membahagiakan sekaligus mengharukan sebagai seorang wanita adalah ketika kamu melahirkan. Ya, itu jadi momen tak terlupakan seumur hidupmu. Rasa sakit ketika kontraksi tiada duanya. Hal itu tanpa disadari sering kamu ungkapkan ke banyak orang ketika sedang membicarakan proses kelahiran. Nah, kalau kamu punya anak perempuan, lebih baik cari kata-kata halus untuk menceritakannya supaya nggak bikin mereka sampai takut jadi seorang ibu. Karena kalau tidak, anak perempuan kamu bisa jadi penakut dan nggak mau punya anak. Begitupun kepada anak lelakimu yang bisa jadi merasa kamu itu nggak ikhlas melahirkannya karena selalu menceritakan betapa rasa sakitmu ketika melahirkan dia.

5. Terlalu mengkhawatirkan anak bisa jadi masalah. Coba perlihatkan sewajarnya saja agar mereka tak terganggu atau jadi penakut

Sebagai orangtua kamu akan punya rasa khawatir terhadap mereka. Hal itu sangat wajar dan anak-anakpun pasti mengerti akan kekhawatiranmu. Tapi, kalau kamu terlalu menghawatirkan dan mengungkapkannya ke mereka, yang ada anak-anak kamu jadi jengah dan nggak betah berada di dekatmu. Rasa khawatir berlebihan itu jadi bikin mereka takut mau melakukan apapun dan pergi ke manapun.

6. Jangan mengeluh ke mereka pas kamu dan suami lagi susah uang. Berikan pengertian untuk berhemat, tapi tidak dengan menceritakan keadaan sebenarnya

Biasanya, dalam hidup berumah tangga akan ada masa di mana kamu dan suami berada pada kondisi ekonomi sulit, dompet tipis, kantong cekak, tabungan pun mungkin tak ada. Saat itu muncul, cobalah untuk tidak mengeluh di depan anak-anak. Mereka memang berhak tahu soal kondisi keluarga yang keuangannya lagi susah, tapi cobalah dengan cara berbeda. Misalnya nggak membelikan mereka mainan baru. Lalu ketika mereka bertanya ‘Kenapa tidak belikan mainan?’ kamu jawab Sekarang kita berhemat dulu ya, Nak. Nanti kalau tabungan mama sudah cukup, kita beli mainan itu, ya’. Meski sambil menangis di dalam hati.

7. Melihat anak tidur adalah kenikmatan dunia, karena jadi bisa istirahat setelahnya. Tapi, nggak usah sampai diceritakan ke mereka juga kalau nggak mau dianggap ‘nggak suka mengurus anak’

Mengurus anak ketika masih kecil memang bikin lelah, terutama kalau anakmu sangat aktif. Oleh karena itu, saat mereka lagi tidur kamu bakal senang banget karena akhirnya bisa istirahat. Nah, hal seperti ini sebaiknya jangan diceritakan ya karena kamu nanti dianggap nggak ikhlas mengurus mereka. Atau kamu memang dianggap seorang ibu yang malas bermain sama mereka ketika masih kecil.

Karena kamu akan jadi seorang ibu dan istri, maka dari sekarang harus tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan. Kamu nggak boleh sembarang berkata atau bertingkah laku. Karena orangtua adalah contoh anak-anak, coba biasakan yuk dari sekarang.

Sumber; http://www.hipwee.com/wedding/7-hal-yang-harus-kamu-rahasiakan-dari-anakmu-nanti-sama-sekali-nggak-boleh-sampai-bocor/
Sunday, May 28, 2017

Sebelum Fix Pesan Kamar, Perhatikan 11 Rahasia Hotel yang Jarang Diketahui Tamu. Ini Penting!


Hotel menjadi salah satu tempat yang dituju khususnya bagi para pecinta traveling. Selain sebagai tempat singgah atau beristirahat, hotel justru menjadi alasan seseorang untuk pergi liburan ke suatu tempat. Mereka yang sedang bulan madu misalnya, di mana mengharuskan kamu dan pasangan lebih banyak berada di hotel dibandingkan pergi jalan-jalan. Atau, bagi orang-orang yang sudah penat dengan pekerjaan, terkadang memanfaatkan hotel sebagai tempat peristirahatan dengan tujuan fasilitas dan kenyamanannya.

Bagi sebagian orang, memilih hotel hanya dilihat dari segi harganya saja. Mereka nggak melihat bagaimana kondisi, fasilitas, hingga pelayanan yang tersedia di hotel tersebut. Sebenarnya ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh tamu hotel tentang bagaimana kondisi maupun kemudahan yang bisa ditemui ketika menginap. Biar lebih berhati-hati dan bisa memaksimalkan momen menginap di hotel, yuk simak rangkuman penelusuran Hipwee Tips berikut.

1. Kamu bisa mendapatkan tipe kamar yang sama dengan setengah harga. Caranya, pesan kamar setelah pukul 18.00 secara langsung

Beberapa hotel biasanya memiliki kebijakan untuk menyewakan kamar kosong terakhir dengan harga yang lebih murah. Namun, para staf hotel nggak serta merta menunjukkan harganya pada publik karena selalu ada kemungkinan calon tamu akan memesan kamar dengan membayar biaya penuh pada saat-saat terakhir. Nah, ini adalah kesempatan buatmu untuk mendapatkan harga kamar yang lebih miring.

Pastikan kamu menelepon langsung ke hotel untuk memesan kamar setelah pukul 18:00. Dengan menelepon langsung, biasanya kamu bisa mendapatkan diskon yang signifikan, terutama jika hotel yang kamu pilih adalah hotel independen. Di waktu ini juga harga kamar cenderung lebih murah daripada di pagi hari.

2. Banyak juga pihak ketiga yang menawarkan harga yang lebih murah daripada harga aslinya. Cek dulu sebelum memesan, ya!

Apakah kamu pernah iseng-iseng membandingkan harga hotel dengan pihak ketiga? Pihak ketiga dalam hal ini adalah website, aplikasi, atau portal khusus yang menyediakan layanan pemesanan hotel. Terkadang harga hotel tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan pihak ketiga. Jadi, alangkah bagusnya jika kamu rajin-rajin untuk mengecek pihak ketiga ketika memesan hotel. Nah, nggak jarang pihak ketiga ini juga menawarkan promo khusus dan tentu harga yang lebih murah.

3. Jangan percaya jika resepsionis bilang, “Semua kamar kami sama”. Selalu ada yang kurang dan lebihnya

Saat kamu memilih kamar, resepsionis biasanya mengatakan, “semua kamar kami sama”. Dilansir dari laman Brightside, Jacob Tomsky, seseorang yang telah bekerja di bisnis hotel selama bertahun-tahun dan menulis sebuah buku tentang rahasia hotel mengatakan bahwa tiap kamar selalu berbeda, ada yang memiliki tampilan lebih indah, kamar mandi lebih baik, atau TV yang lebih baik, dan sudut ruangan lebih luas. Jadi, jangan ragu untuk memberikan uang tip pada resepsionis agar kamu mendapatkan ruang yang lebih baik dan mendapatkan bonus yang berbeda. Misalnya, film-film atau minibar gratis. Lumayan, ‘kan?

4. Soal kebersihan, jangan sepenuhnya percaya. Jika kamu risih, boleh kok meminta penggantian sprei atau bed cover-nya

Beberapa hotel memiliki kebijakan masing-masing dalam hal kebersihan. Ada hotel yang rutin membersihkan sprei setiap hari, tapi ada juga yang seminggu sekali. Bahkan, ada lho bed cover yang hanya dicuci ketika kotor saja. Duh, kok ngeri, ya.

Ketika kamu sampai di kamar hotel, langsung biasakan untuk melihat apakah sprei dan bed cover sudah bersih atau belum. Jika dirasa kotor, kamu boleh meminta penggantian. Telepon resepsionis atau kamu bisa meminta penggantian pada room service jika kebetulan ada yang sedang berkeliling.

5. Pun perabot seperti gelas dan water heater perlu kamu perhatikan juga kebersihannya. Hubungannya langsung menuju perut, lho!

Biasanya, petugas kebersihan kamar hotel hanya diberikan waktu selama 30 menit atau kurang untuk membersihkan satu kamar. Kebayang nggak, bagaimana cara mereka membersihkan seluruh perabotan kamar, termasuk gelas dan water heater? Gelas di kamarmu mungkin mengkilap, tapi nggak selamanya yang mengkilap itu bersih, bukan? Untuk memberikan sugesti bersih pada seluruh perabot di dalam kamar, biasanya sejumlah hotel menggunakan semir perabot. Cara ini nggak terkecuali dilakukan terhadap perabot seperti gelas dan water heater. Itulah sebabnya, penting sekali untukmu tetap mencuci gelas atau perabot makan dan minum lainnya dengan air panas sebelum digunakan, ya!

6. Soal keamanan, jangan pernah sepelekan pengait pintu rantai atau card lock yang ternyata bisa saja ‘diakali’

Menginap di hotel yang murah atau mewah sekalipun, selalu kunci pintu setiap kali kamu berada di dalam kamar. Seberapapun canggihnya sistem keamanan pintu, sistem kunci rantai maupun kartu elektronik mudah diakali dan dibuka. Pun pengait pintu baik yang menggunakan besi maupun rantai, sama-sama masih bisa diakali dari bagian luar kamar. Itulah kenapa, kamu tetap harus waspada dengan selalu mengunci pintu kamar terutama saat kamu sedang mandi atau tidur.

7. Hati-hati juga terhadap lubang pengintip yang beberapa bisa diakses dari luar kamar. Nggak mau, ‘kan?

Kamu pasti seringkali menemukan pintu kamar hotel yang dilengkapi dengan lubang pengintip untuk melihat tamu sebelum kamu membukakan pintu. Hati-hati, beberapa lubang pengintip ternyata juga bisa ‘diakses’ dari luar kamar, lho! Sebaiknya, kamu menutup lubang tersebut dengan benda apapun sebelum menempati kamar hotel dan menggunakan seperlunya.

8. Nah, benda ini biasanya sering kamu cari, remot TV. Hati-hati lho, segala jenis kuman bersarang padanya

Dari seluruh benda yang ada dalam kamar hotel, remot TV menduduki peringkat teratas sebagai benda tempat bersarangnya kuman. Selain mencuci sendiri gelas sebelum digunakan, ada baiknya kamu juga membersihkan permukaan remot TV menggunakan cairan antiseptik atau tisu basah. Apalagi jika kamu menginap bersama balita atau anak-anak, hal ini juga bisa menjadi upaya untuk menghindarkan mereka dari kuman penyakit.

9. Satu lagi, jangan pernah bersandar di jendela kamar. Ini bahaya!

Jendela di kamar hotel seringnya nggak diperiksa secara teratur, bahkan di kamar-kamar hotel mewah di dalam bangunan tinggi. Nggak jarang banyak tamu hotel yang terlalu asyik melihat pemandangan di luar hotel sambil bersandar pada jendela tanpa sengaja. Hati-hati, tindakan ini sungguh berbahaya. Nggak peduli apakah hotel yang kamu inapi tersebut hotel murah atau hotel mewah, keduanya memiliki kemungkinan yang sama terkait keamanan. Jadi, jangan pernah bersandar pada jendela kamar hotel, ya!

10. Jangan terburu-buru mengambil makanan atau minuman di dalam hotel, nggak semuanya gratis, lho!

Semua hotel pasti memiliki fasilitas makanan atau minuman di dalam kamar hotel. Tapi, tahukah kamu bahwa nggak semua makanan yang ada di kamar hotel itu gratis? Makanan atau minuman yang sudah pasti gratis adalah air putih, teh atau kopi yang ada di meja hotel. Selain itu, makanan atau minuman di hotel adalah berbayar. Jika di kamar kamu terdapat mini bar yang berisi makanan atau minuman mewah, biasanya itu berbayar. Ada baiknya jika kamu bertanya kepada room service atau bellman, mana makanan yang berbayar dan mana makanan yang gratis.

11. Terakhir, memberikan uang tip pada doorman atau bellman akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelayanan ekstra

Beberapa orang malas memberikan tip kepada doorman atau bellman. Bahkan kamu sendiri mungkin nggak pernah memberikan tip kepada karyawan hotel, walaupun pelayanannya sudah memuaskan. Ternyata, doorman ataupun bellman ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan segala kemudahan, mulai dari upgrade kamar hingga mendapatkan sarapan atau makan malam gratis. Jadi, jika kamu punya rezeki lebih dan ingin berbaik hati, sisihkan uang tip untuk karyawan hotel.

Nah, setelah membaca artikel ini, baiknya kamu lebih teliti dan berhati-hati sebelum menginap di kamar hotel, ya. Semoga bermanfaat!

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/sebelum-fix-pesan-kamar-perhatikan-11-rahasia-hotel-yang-jarang-diketahui-tamu-ini-penting/

9 Potret Kehancuran Pasca Perang Ini, Begitu Memilukan. Dalam Sekejap, Mereka Kehilangan Semuanya


Tak ada perang yang tak menyisakan airmata. Apapun alasannya, perang sudah seharusnya segera dihentikan demi keamanan dan peradaban umat manusia di bumi ini. Perang merupakan sebuah upaya atau cara untuk mengungkapkan permusuhan. Yang selalu jadi masalah adalah, kenapa hal ini selalu berdampak bukan pada musuhnya semata? Kenapa orang-orang tak bersalah yang harus menjadi tumbalnya? Lagipula, kenapa harus ada peperangan sih?

Menyangkut orang-orang tak bersalah yang tak tahu apa-apa dan menjadi korban, siapa yang akan bertanggung jawab atas nyawa-nyawa mereka yang terenggut semena-mena itu? Setelah itu, peperangan hanya akan menyisakan kenangan pahit dan kehampaan yang begitu dalam. Lihat saja foto-foto yang Hipwee News & Feature kumpulkan ini. Beberapa gambar yang berhasil diambil oleh para fotografer dunia ini akan membuka mata batinmu bahwa para korban peperangan ini selalu kelidan dengan kelam.

Perang yang terjadi di Aleppo meninggalkan reruntuhan The Citadel of Aleppo. Benteng tertua dan terbesar di dunia, hancur begitu saja

Selain orang-orang tak bersalah menjadi korban, hampir seluruh bangunan juga rata dengan tanah. Sesuatu yang dulunya dibanggakan, kini hanya tinggal kenangan.

Seorang anak gadis menahan airmatanya yang terus meluap setelah tragedi yang menimpa Aleppo pada tahun lalu

Salah satu korban anak-anak yang menerima perawatan pertama di salah satu rumah sakit swasta di Douma, Damascus, Syiria, pada Agustus 2016 lalu.

Seorang wanita memangku keponakannya yang terluka akibat ledakan bom di Kabul, Afganistan dengan satu tangan. Tangan yang lain memangku kesedihan

Sisa peperangan yang meninggalkan korban orang-orang tak bersalah. Bahkan tak tahu apa penyebab dan pelakunya.

Setelah serangan kesekian Israel ke Palestina, seorang wanita meratapi nasib di reruntuhan bangunan rumahnya. Tiada yang tersisa selain airmata

Serangan yang telah menjadi ‘sarapan’ bagi rakyat Palestina beberapa tahun terakhir, menyisakan kekalutan yang luar biasa bagi mereka.

Josephine Mwamini diperkosa berulang kali hingga mengidap AIDS oleh tentara musuh yang menyerang desanya Walikali di Kongo. Dan dia bukan satu-satunya!

Mwamini merupakan salah satu dari seluruh wanita yang ada di Walikali, Republik Kongo yang diperkosa oleh tentara musum yang menyerang desanya pada 2010 dan 2015 lalu. Bahkan anak-anak gadis pun jadi sasarannya. Gila!

Sementara perang oleh Presiden Filipina pada narkoba dan para penggunanya, menewaskan banyak korban. Perang yang tak sewajarnya

Perang pada narkoba yang diagungkan Presiden Rodrigo Duterte menewaskan ratusan hampir ribuan orang pada 2016 lalu. Presiden yang dijuluki The Punisher ini memerintahkan aparat untuk membunuh pengguna dan pengedar narkoba di manapun mereka berada. Tapi menurut laporan, banyak orang yang belum diputuskan bersalah juga langsung dieksekusi.

Pengeboman di Gori, Georgia pada 2008 lalu, menewaskan setidaknya 5 warga sipil. Rusia yang harus bertanggung jawab!

Zaza Razmadze memegang tubuh saudaranya, Zura, setelah pesawat tempur Rusia menjatuhkan bom di sebuah apartemen di Kota Gori, Georgia.

Meski perang belum usai, perjuangan anak-anak untuk pendidikan tetap terjaga. Hati mana yang tak teriris melihat niat mereka mendapatkan haknya?

Anak-anak belajar di dalam gedung bekas hantaman peluru dan bom di Gaza, 2014.

Kembali ke tahun 2007, bom dahsyat yang menimpa Irak, menyisakan potongan-potongan tubuh yang tercerai berai. Orang-orang saling bantu untuk menemukannya

Bom yang meledak dari dalam mobil dengan kekuatan dahsyat menewaskan banyak korban jiwa. Hingga tubuhnya terburai menjadi beberapa potongan. Beberapa orang membantu mencarinya dalam genangan darah.

Ini hanyalah beberapa potongan rekam jejak kehidupan setelah perang yang berlangsung di seluruh belahan dunia. Masih banyak kesedihan pascaperang yang tak terekam dan tersebar di media masa. Paling tidak, dari sini kita bisa mengambil pelajaran untuk terus bersyukur atas keadaan kita yang sekarang. Atau foto-foto ini belum cukup mengerikan dan menggetarkan hatimu sebagai manusia? Mengerikan!

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/9-potret-kehancuran-pasca-perang-ini-begitu-memilukan-dalam-sekejap-mereka-kehilangan-semuanya/

Biaya Kuliah Mahal? Simak Nih 10 Negara Dengan Biaya Kuliah Murah Banget Bahkan Gratis


Memperoleh pendidikan yang layak adalah hak setiap manusia, itu kenapa pendidikan yang mahal di negeri ini jadi masalah besar. Ketika kita di Indonesia masih tertatih mencoba menjalankan wajib belajar 12 tahun, ada negara atau kota lain di dunia yang sudah menyediakan pendidikan tinggi gratis buat warganya. Ya memang tidak bisa disamakan karena kebanyakan negara dalam daftar ini adalah negara-negara dengan perekonomian maju. Hanya sekadar ingin mengedepankan betapa pentingnya investasi pendidikan bagi sebuah bangsa. Jika sumber daya manusianya terdidik, pasti masa depan negara juga jadi lebih cerah.

New York menjadi kota atau negara bagian pertama di Amerika Serikat yang berkomitmen menyediakan pendidikan gratis di tingkat universitas. Program kuliah gratis ini memang belum diberlakukan untuk semua, tetapi sekarang masih khusus untuk keluarga berpenghasilan rendah. CNN melaporkan bahwa pemerintah kota New York menilai investasi besar dalam dunia pendidikan ini sangat penting dan perlu untuk segera dilakukan. Disamping New York, sudah ada beberapa negara dan kota dunia yang memiliki kebijakan serupa. Enak banget ya! Lihat deh daftar yang berhasil dihimpun Hipwee News & Feature ini!

1. Salah satu penggagas awal program gratis kuliah adalah Jerman. Bahkan untuk mahasiswa internasional seperti kita, juga ada yang gratis!

Kalau kalian mau kuliah di luar negeri mending ke Jerman aja guys selain gratis, sistem pendidikan di sini juga nggak membebankan mahasiswanya. Mahasiswa di sini nggak diatur-atur malah disarankan untuk mengikuti naluri dan ketertarikannya sendiri. Menjadi mahasiswa di Jerman juga harus rajin cari informasi terkait kegiatan kampus, jangan harap ada notifikasi dari kampus untuk kalian deh. Ini nih beberapa universitas yang punya program kuliah gratis, yaitu Hamburg University of Technology, University of Leipzig, Ruhr University of Bochum, University of Stuttgart dan Darmstadt University of Technology.

2. Norwegia juga sudah menyediakan pendidikan gratis di semua universitas negrinya

Nggak kalah dari Jerman, Norweigia juga punya program pendidikan gratis khususnya untuk perguruan tinggi. Di sini kalian bisa kuliah gratis, selain itu kebudayaan di Norweigia yang ikonik bisa membuat kamu kerasan tinggal di Norweigia. Universitas yang punya program kuliah gratis di antaranya, University of Bergen, Nord University dan masaih banyak lagi lainnya.

3. Denmark, kalo mau kuliah gratis di negara ini kalian harus ikut program pertukaran pelajar dulu

Kalian yang pengen kuliah gratis di Denmark musti bersabar deh karena Denmark nggak membuka pendidikan gratis bagi pelajar non Eropa. Meskipun begitu jangan kecil hati deh kalau kalian ikut program pertukaran pelajar di Denmark, kalian nggak bakal dipungut biaya lho. Jangan kecil ati deh .

4. Estonia, kalian harus ngambil jurusan bahasa lokal di sana supaya bisa dapet kuliah gratis


Kalian mungkin bisa kuliah di Estonia tapi syaratnya sulit nih Kalian musti ambil jurusan bahasa lokal Estonia, hmm keberatan nggak nih? Mahasiswa di Estonia memang bebas biaya kuliah tapi kalo mereka nggak beres kuliahnya langsung dicabut tuh gratisannya.

5. Negara-negara Skandinavia emang terkenal dengan biaya kuliah gratis. Contohnya Swedia ini

Swedia memang sudah lama menerapkan sistem pendidikan gratis namun sayangnya Cuma berlaku bagi pelajar Eropa guys. Kalian yang ingin kuliah di Swedia musti sabar dulu ya semoga ada kebijakan baru di sana yang nggak melarang warga non EU untuk dapet kuliah gratis di sana.

6. Republik Ceko, di negara ini kuliah gratis, tapi cuma buat mereka aja yang di Eropa


Republik Ceko menerapkan sistem pendidikan gratis hanya untuk mereka yang mengambil konsentrasi pada bahasa lokal Ceko. Mending mana nih? Kuliah gratis di Ceko atau kuliah mahal di negeri sendiri? Tapi kalau kuliah gratisnya musti belajar bahasa asli sana doang apa iya kalian mau?

7. Finlandia juga menyediakan kuliah gratis untuk warga Eropa


Di Finlandia kuliah gratis hanya untuk mereka yang lahir dan tinggal di Eropa. Buat mahasiswa internasional lain, seperti kita yang orang Indonesia, tetap bayar penuh. Dengan salah satu biaya hidup tertinggi di dunia, kalau mau bayar sendiri biaya kuliahnya juga gede banget.

8. Walaupun nggak gratis, kuliah di Islandia atau Perancis tergolong murah dibanding di negara Eropa lain

Di Islandia dan Perancis biaya kuliahnya sangat murah guys. Bayangkan di negara Islandia, mereka mematok biaya regristasi hanya kisaran 10 juta rupiah dan bebas biaya per tahunnya. Di Perancis juga ada perguruan tinggi dengan biaya kuliah minim yaitu sebesar Rp3 juta untuk biaya registrasinya saja tanpa dipungut biaya lagi selain kebutuhan sehari-hari.

Ya namanya program pemerintah, memang kebanyakan bakal mendahulukan warganya dulu. Tapi ternyata ada juga kok negara yang memberikan kesempatan pelajar internasional untuk mengenyam pendidikan di negaranya secara gratis, seperti Jerman. Pendidikan berkualitas itu memang sebaiknya tersedia untuk semua warga negara tanpa terkecuali. Jangan sampai hanya mereka yang kaya saja yang punya akses terhadap pendidikan yang bagus. Kalau rumusnya begitu terus, pasti kesenjangan ekonomi dan sosial terus melebar. Dengan struktur yang timpang itu, sebuah negara tak akan bisa sepenuhnya berkembang jadi negara maju.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/new-york-gratiskan-biaya-kuliah-lihat-deh-10-negara-kota-lain-yang-universitasnya-juga-gratis/

Nggak Selalu Jadi Dubes Saja, 6 Pekerjaan Ini Potensial Buatmu Para Lulusan Hubungan Internasional


Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan yang punya banyak peminat. Nggak mengherankan juga sih, banyak orang yang menganggap bahwa kuliah di jurusan ini prestise-nya tinggi, bisa kerja di luar negeri, jadi diplomat dan sibuk mengurusi hubungan antar negara. Gimana nggak keren, coba?

Tapi, tahu nggak sih kalau prospek kerja lulusan HI itu ternyata sangat luas. Ada banyak peluang pekerjaan yang bisa digeluti jika kamu adalah lulusan dari jurusan ini. Buatmu yang hanya terpancang untuk jadi diplomat atau duta besar yang kerjanya di kementrian, coba deh, lihat dulu peluang lainnya. Siapa tahu cocok juga!

1. Prospek kerja terbaik dari lulusan HI memang ada pada jabatan duta besar. Kamu punya cita-cita untuk menduduki pekerjaan ini?

Kompetensi utama dari lulusan HI memang diarahkan ke jabatan ini. Semua yang dipelajari selama bangku perkuliahan tentunya jadi bekal untuk bisa mumpuni menjadi seorang duta besar. Tapi, untuk sampai ke posisi ini, tentunya tidak serta merta bisa dilantik begitu saja. Karena merupakan hak prerogatif presiden untuk memilih siapa yang pantas menjadi seorang duta besar, maka diperlukan sepak terjang yang cukup kuat agar bisa dilirik.

Anggapan kebanyakan orang, menjadi duta besar adalah satu-satunya prospek kerja yang paling menjanjikan dari lulusan HI. Padahal, masih banyak pekerjaan lain yang bisa didapatkan. Seperti yang disebutkan pada poin-poin setelah ini. Stay tune, ya!

2. Sebagai fresh graduate dari jurusan HI, peluang paling memungkinkan adalah menjadi international officer. Kerja di PBB, mungkin?

Berprofesi sebagai pekerja di kantor urusan internasional menjadi salah satu prospek yang menjanjikan untuk lulusan HI. Seorang international officer bisa bekerja di beberapa instansi antara lain Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat ataupun Atase, bahkan di kantor PBB. Begitu juga dengan LSM yang bergerak di dunia internasional, atau yang disebut dengan INGO (International Non Governmental Organization).

Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal, maka posisi yang paling tepat untuk profesi ini ialah para lulusan HI yang dapat menerapkan seluruh materi dan hal-hal praktis yang telah dipelajarinya secara mendalam selama perkuliahan.

3. Atau, bisa juga menjadi seorang konsultan internasional. Tentunya harus paham betul tentang seluk beluk sebuah hubungan internasional, dong…

Lingkup kerja konsultan internasional bekerja meliputi penasihat, pendamping, atau pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan internasional sebuah negara. Tentunya menjalin hubungan skala internasional dibutuhkan keahlian yang nggak sembarangan dan akan menghadapi beberapa kendala, mulai dari bahasa, hingga isu-isu yang sedang berkembang. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam sebuah hubungan internasional, maka diperlukan adanya konsultan yang benar-benar mengerti permasalahan antar negara yang sesungguhnya terjadi.

4. Peka dan dituntut aktif terhadap isu politik juga jadi alasan tepat lulusan HI bekerja menjadi seorang politisi

Peka dan dituntut aktif terhadap isu politik yang erat kaitannya dengan persoalan negara, membuat lulusan HI juga cocok menggeluti dunia politik. Apalagi kalau ditempatkan pada bidang yang mengurusi hubungan bilateral atau berkaitan dengan kerjasama antar negara. Harapannya, lulusan HI dapat menjadi politisi yang mengkritisi kebijakan-kebijakan baik di dalam negerinya sendiri, ataupun kebijakan yang berasal dari lingkup internasional yang sekiranya dapat mempengaruhi negara.

5. Selain itu, dosen juga bisa jadi pilihan profesi ketika bidang akademisi ingin serius digeluti

Menjadi dosen juga bisa jadi pekerjaan yang dipilih ketika bidang akademisi ingin serius digeluti. Tentunya, perlu dibarengi dengan studi lanjut ke jenjang S2, bahkan sampai S3. Kalau memang ada cita-cita sebagai dosen, teori-teori yang dipelajari haruslah kuat untuk menunjang pekerjaan nantinya. Cocok banget buatmu yang memang punya ketertarikan untuk mengamalkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, lho.

6. Wartawan atau jurnalis juga bisa digeluti lulusan HI. Memegang kolom internasional akan jadi keahlian tersendiri

Dengan berbekal ilmu tentang dunia internasional selama kuliah di jurusan HI, menjadi seorang wartawan atau jurnalis tentu akan memudahkan. Untuk skala media nasional, mengisi kolom internasional menjadi kelebihan tersendiri jika merupakan lulusan HI. Bahkan bukan tak mungkin untuk bisa menjadi jurnalis internasional karena bekal ilmu yang mumpuni. Terbiasa berfikir kritis dengan isu-isu internasional juga menjadi kebiasaan yang akan membantu saat menjadi jurnalis kelak.

Pada dasarnya, tak ada prospek kerja sempit pada sebuah jurusan. Tentunya ini dibarengi dengan keuletan dan keseriusan saat proses perkuliahan. Nah, buatmu yang baru saja memasuki jenjang perkuliahan atau sebentar lagi lulus dari jurusan HI, semoga artikel ini bisa menginspirasimu, ya!

Sumber; http://www.hipwee.com/sukses/nggak-selalu-jadi-dubes-saja-6-pekerjaan-ini-potensial-buatmu-para-lulusan-hubungan-internasional/

7 Hal Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Sehabis Shalat Subuh. Kemewahan Waktu Justru Ada di Sini


Penyakit anak muda yang sulit diperbaiki hingga kini salah satunya ibadah. Di usia yang baru matang ini memang lagi semangat-semangatnya beraktivitas, sehingga setiap hari ada banyak kegiatan yang dijalani. Kesibukan itu jadi penyebab kenapa susah banget buat bangun shalat subuh. Atau ketika shalat subuh pun, setelahnya malah tidur lagi. Kamu jadi kesiangan dan nggak produktif.

Padahal, ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan supaya nggak tidur lagi. Kegiatan ini tentu bermanfaat buat jasmani dan rohani kamu. Penasaran apa saja? Hipwee Tips berikan 7 bocorannya berikut ini.

1. Luangkan waktu baca buku itu sulit kalau tidak terpaksa. Daripada waktu pagimu tidur saja, mendingan baca buku

Biasakanlah memulai hari dengan hal-hal positif seperti baca buku. Kamu bisa baca jenis buku yang kamu suka atau yang belum kamu selesaikan. Apapun genre bukunya terserah, yang penting kamu suka. Jadi, nggak masalah kalau kamu mau baca komik-komik sekaligus nostalgia zaman sekolah dulu. Dengan begitu, kamu jadi lebih bersemangat dan senang menjalani hari.

2. Gunakan waktu setelah shalat subuh untuk nonton film atau melanjutkan drama korea yang belum selesai. Asal ingat waktu ya

Buat kamu yang hobi nonton film atau penggila drama korea, bisa memanfaatkan waktu pagi untuk menonton. Kamu dapat memulai hari dengan baik karena telah memanfaatkan waktu setelah shalat subuh untuk mendapat hiburan sejenak. Toh, aktivitas padat seperti bekerja dan kuliah memang perlu ada hiburannya.

3. Sibuk itu bukan berarti kamu puasa dengan berita dan informasi. Menonton berita di pagi hari bisa jadi solusi jitu

Di era digital seperti sekarang ini mungkin kamu terbiasa mendapat informasi dengan buka gadget. Padahal, ada baiknya jika kamu tetap menonton berita melalui layar kaca. Hal ini karena menonton berita dari televisi mampu mengistirahatkan jari-jemari dan mata yang biasanya melihat layar ponsel secara lekat. ‘Kan nonton TV cuma tinggal duduk manis dan menikmati berita.

4. Menulis itu nggak harus berupa diary. Sekadar menuliskan cita-citamu yang ingin diraih setiap hari pun bisa

Menulis itu memang nggak banyak yang menyukai. Meski begitu, terdapat kebaikan yang sayang kamu lewatkan. Kamu bisa mulai menuliskan hal-hal apa saja yang kamu mau lakukan seharian penuh. Atau kamu juga dapat menuliskan hal-hal yang ingin dicapai dan belum terealisasi. Tuliskan itu selalu agar hidup kamu jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Bersih-bersih rumah saat kamu masih mengantuk adalah godaan terbesar di pagi hari. Tapi, saat itu lah kamu bisa quality time bersihkan rumah karena nggak ada yang ganggu

Kamu bisa membersihkan rumah di pagi hari setelah shalat subuh. Hal ini efektif lantaran orang-orang rumah pasti banyak yang belum bangun. Dengan begitu, kamu jadi lebih gampang membersihkan rumah nggak ada yang mengganggu. Mulai dari perabotan, lantai, hingga pekarangan pun selesai deh.

6. Manfaatkan hobi masakmu buat jualan. Lumayan lho karena pagi-pagi banyak orang yang nggak sarapan

Punya hobi masak? Jangan kamu sia-siakan begitu saja. Coba deh kamu maksimalkan hobi masak kamu untuk menghasilkan uang, seperti jualan kecil-kecilan. Untuk itu, kamu bisa gunakan waktu setelah shalat subuh kamu memproduksi makanan yang akan dijual. Apalagi saat pagi hari rata-rata masyarakat suka terburu-buru dan mengabaikan sarapan. Alhasil, perut jadi lapar. Nah, kesempatan emas nih buat kamu jualanan nasi uduk, gorengan, atau kue-kue lainnya.

7. Siapkan bekal yuk! Pengeluaranmu jadi lebih hemat dan bisa dialokasikan buat jalan-jalan

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa menyiapkan bekal buat makan siang di kantor atau kampus. Kamu bisa bereksperimen juga nih mau masak apa biar bekal yang kamu bawa nggak itu-itu saja. Apalagi kalau bekal kamu rasanya memang enak dan teman-teman yang mencoba pun menyukai. Kamu bisa ditawari untuk jualan bekal, lho.

Kalau dulu kamu suka mengisi waktu setelah shalat subuh untuk tidur saja, kini kamu punya pilihan kegiatan lainnya. Pagi hari kamu jadi lebih bermanfaat dan nggak mubazir deh.

Sumber; http://www.hipwee.com/tips/7-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-sehabis-shalat-subuh-karena-tidur-lagi-nggak-bermanfaat-sama-sekali/

7 Pertengkaran Wajar yang Pasti Membumbui Hubungan Kalian Seiring Berjalannya Waktu


Nggak ada hubungan yang cuma berjalan pada garis lurus saja. Setiap hubungan tentu ada lika-likunya. Terkadang penuh suka, tapi tak jarang ada duka yang sesekali menyapa. Semakin lama hubungan berjalan, tentu cobaan yang datang akan semakin berat. Diibaratkan pohon yang semakin tinggi, maka semakin banyak dan kuat pula angin yang menghempaskan. Lalu urusan berhasil atau berhenti sampai di situ sajanya hubungan pun kembali lagi kepada kalian berdua.

Toh, pertengkaran yang mewarnai hubunganmu tak selamanya buruk. Ada pertengkaran-pertengkaran yang sepertinya memang “dibutuhkan” agar hubungan kalian semakin dewasa. Kadang ada juga pertengkaran yang hadir karena kalian sudah sangat dekat. Pertengkaran yang biasanya hanya dirasakan oleh mereka yang sudah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama. Seperti ini kira-kira pertengkarannya….

1. Males ketemuan gara-gara jenuh biasa dialami oleh mereka yang hubungannya sudah lama berjalan

Tentu masih tergambar jelas di ingatanmu bagaimana dulu awal-awal kalian pacaran. Setiap hari rasanya ingin bertemu. Kalau saja tak bertemu, entah kenapa seperti ada sesuatu yang kurang, bahkan membuatmu tak bersemangat. Dan saat beberapa hari tak bertemu, rasanya sudah rindu setengah mati. Ya namanya juga fase awal, rasanya cinta masih hangat-hangatnya.

Berbeda dengan sekarang, ada waktu-waktu tertentu kamu atau dia malas untuk bertemu. Seringnya sih karena rasa bosan. Karena memang kegiatan saat bertemu tak jauh dari makan, nonton, nongkrong atau sekadar jalan-jalan. Sampai akhirnya rasa malas bertemu ini berujung pada pertengkaran. Apalagi kalau salah satu dari kalian ada yang sengaja mencari alasan untuk tak bertemu. Kalau sudah seperti ini ceritanya, sebaiknya kalian membicarakan secara langsung dan baik-baik. Atau solusi paling mudah, ya memberi waktu untuk sendiri-sendiri dulu.

2. Perasaan yang sensitif menjelang tamu bulanan datang, nggak jarang mengundang rasa kesal dan uring-uringan

Sekian lama hubungan kalian berjalan, semestinya pacarmu tahu kalau setiap tamu bulanan datang emosimu bisa mendadak labil. Kadang kamu gelisah, sendu, kadang bisa tiba-tiba senang, tapi tak lama kemudian uring-uringan. Biasanya sih pacarmu ini yang akan jadi sasaran. Hal-hal remeh bisa dengan mudah menyulut kekesalanmu. Jadilah perasaan sensitif itu berujung pada kesalahpahaman.

Membuat cowok sebaiknya sedikit mengalah dan lebih pengertian lagi. Setidaknya dia harus memutar otak untuk mengendalikan suasana hatimu yang labil ini. Misalnya dengan memberikan cokelat dan menunjukkan perhatian sedikit lebih banyak dari biasanya. Jadi intinya kesensitifanmu ini tak perlu diambil hati. Toh setelah tamu bulanannya pergi kamu akan baik-baik lagi.

3. Menanyakan kepastian hubungan di masa depan dan cuma dijawab jalanin dulu aja, kalau jodoh nggak ke mana

Setiap hubungan tentu memiliki tujuan bersama. Lebih tepatnya hubungan ini akan berakhir di mana. Sementara tentu inginnya hubungan kalian berakhirnya ya di pelaminan. Tapi nggak ada yang tahu kapan waktu itu akan datang. Bisa saja dalam hitungan bulan, atau malah butuh waktu bertahun-tahun. Tergantung pada kesiapanmu dan pasangan.

Dan biasanya saat hubungan sudah terhitung lama, bertanya kepastian hubungan seperti kapan akan diresmikan sebenarnya jadi hal yang wajar. Tapi alih-alih dapat jawaban melegakan, jawaban pasanganmu pasti selalu sama, “jalanin saja dulu”. Membuatmu kesal dan bertanya-tanya, dia benar-benar ingin serius denganmu atau nggak sih?! Ujung-ujungnya pun sama yaitu pertengkaran. Tapi jangan sampai karena hal seperti ini kamu mengambil jalan pintas dengan cara menyudahi hubungan. Karena menaikkan level hubungan memang tak semudah saat kalian memutuskan untuk pacaran.

4. Saking fokusnya menyelesaikan pekerjaan, sering bikin pasangan lupa waktu untuk istirahat dan makanan

Kesibukan masing-masing yang bikin lupa waktu. Parahnya lagi sampai salah satu dari kalian kadang lupa untuk istirahat dan makan. Padahal kesehatan tetap harus diutamakan. Memang sih, tuntutan pekerjaan nggak bisa diabaikan begitu saja. Tapi bukankah kalian tetap harus peka terhadap batas tubuh sendiri. Kalau udah sakit tentu nggak cuma kamu yang repot, tapi juga pekerjaan jadi numpuk dan terbengkalai. Makanya, nggak sedikit cewek jadi nyinyir dan cerewet kalau pasangannya udah sibuk kerja sampai lupa waktu kayak gitu. Sampai kadang lagi-lagi kalian bertengkar karena masalah sesepele ini.

5. Membahas gaji yang entah kenapa habis hanya untuk membeli barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan

Semakin lama hubungan, semakin dekat kalian membicarakan urusan uang bukan lagi hal yang tabu. Selama urusan uang yang dibahas tak melewati batasan dan hanya sekadar mengingatkan. Contohnya kecilnya, mengenai guang yang kalian habiskan tiap bulan.

Kalau sebatas pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok sih nggak masalah. Tapi kalau menghabiskan uang untuk hal yang nggak perlu, seperti membeli barang yang tak seberapa penting? Ada rasa geregetan yang kadang tak bisa terbendung. Awalnya sih sekadar mengingatkan. Tapi kalau yang diingatkan susah, lama-lama pasti kalian bertengkar juga. Toh dari persoalan ini juga kamu atau dia bisa belajar terbuka urusan finasial sebelum berumah tangga nantinya.

6. Hubungan yang semakin dekat terkadang membuat kamu atau pasangan lupa untuk tetap saling menghargai

Bertengkar karena salah satu dari kalian tersinggung? Jadi hal yang wajar dalam hubungan yang sudah tahunan. Di masa awal-awal pacaran, kalian biasanya masih membatasi diri untuk mengungkapkan perasaan masing-masing. Masih menjaga setiap perkataan dan perlakuan satu sama lain. Karena rasa-rasa takut kehilangan masih besar.

Tapi seiring berjalannya waktu, kedekatan dan kenyaman kadang membuat kalian bersikap seenaknya kepada pasangan. Entah perkataan atau perlakuan yang kelewat batas, meski kamu merasanya masih biasa saja. Sementara pasanganmu ini sudah terlanjur tersinggung dan tersakiti. Berangkat dari sini, harusnya kalian mengingat-ingat dengan baik, kalau kamu atau dia tetap harus saling menghargai. Setidaknya menghargai perasaan satu sama lain jadi cara agar hubungan tetap awet dan langgeng hingga nanti.

7. Kebiasaan jam karet lama-lama bikin kesal karena berdampak pada hal lain yang harus kamu lakukan

Zaman awal pacaran, mungkin kamu atau pasanga ingin terlihat baik dan sempurna. Mempersiapkan penampilan, menunjukkan perhatian yang nyata, dan lain sebagainya. Menjadi seseorang yang tepat waktu mungkin juga jadi salah satunya. Jam berapapun janjian, kamu atau dia berusaha datang lebih awal. Tujuannya, supaya tak ada yang menunggu-nunggu.

Tapi, itu dulu. Jagi-lagi kenyamanan dan kedekatan membuat kalian menggampang sesuatu termasuk waktu. Janjiannya jam berapa, eh…. datangnya jam berapa. Kesal tak usah ditanya. Tapi lebih kesal lagi kalau yang diingatkan justru ikutan kesal. Alhasil kalian bertengkar lagi. Kadang juga malah jadi saling menyalahkan atau mengungkit-ungkit kejadian yang lalu.

Tapi, setidaknya pertengkaran demi pertengkaran seperti ini masih terbilang wajar. Apalagi kalau pertengakaran ini pun jadi bukti kalau kalian semakin dekat dan mengenal satu sama lainnya. Paling tidak, di usia hubungan yang sudah tahunan, tak ada lagi pertengkaran karena hal receh seperti tak segera membalas pesan atau tak mengatakan akan pergi kemana. Jadi, tetap santai ya menghadapinya….

Sumber; http://www.hipwee.com/hubungan/7-pertengkaran-wajar-yang-pasti-membumbui-hubungan-kalian-seiring-berjalannya-waktu/