Monday, May 29, 2017

7 Hal yang Harus Kamu Rahasiakan dari Anakmu Nanti. Sama Sekali Nggak Boleh Sampai Bocor!


Sudah bukan waktunya main-main buat kamu yang ada di posisi usia lebih dari seperempat abad. Di usiamu yang mendekati 30 ini, tentu sudah masanya untuk menikah dan punya anak. Hal ini akan membuatmu berubah 180 derajat, lantaran kamu yang dulu masih bisa bermanja-manja ke orangtua, kini harus belajar mengurus anak dan suami. Tanggung jawabmu besar. Harmonis atau tidaknya keluargamu nanti, salah satu faktor pendukungnya ada pada cara kamu sebagai seorang ibu dan istri dalam membangun keluarga.

Hal itu juga dilihat dari anak-anakmu berkembang seperti apa di kemudian hari. Bagaimana kamu mendidiknya menjadi tolok ukur pertumbuhan mereka kelak. Oleh karena itu, kamu nggak boleh asal berkata, bersikap, dan memberikan informasi kepada anak. Biar kamu mulai terbiasa, simak yuk hal-hal apa saja yang harus kamu rahasiakan dari anak-anakmu nanti berikut ini.

1. Jangan pernah pamer betapa nikmatnya makan junk food kalau nggak mau anakmu jadi pecandu berat makanan instan super enak ini

Nggak ada yang bisa menolak kelezatan junk food. Mau apapun jenis makanannya, pasti banyak yang suka. Tapi, karena kalau keseringan mengonsumsinya juga nggak baik, kamu harus menahan makan di depan anak-anak atau menceritakan kenikmatan makanan super enak itu ke anak-anakmu nanti. Apalagi saat mereka masih kecil dan masih belum mengerti apa-apa. Daripada nanti keturunanmu jadi pecandu berat makanan instan, lebih baik tahan ya untuk nggak pamer ke mereka.

2. Rasa malas saat akan membersihkan rumah nggak perlu diceritakan juga. Apa kamu mau anakmu nanti jadi ogah-ogahan berbenah rumah?

Serajin-rajinnya kamu membersihkan rumah, pasti ada saatnya kamu lagi malas. Bukan cuma bersihkan rumah saja, tapi juga malas masak dan hal lainnya. Karena orangtua adalah contoh bagi anak-anak, maka sebaiknya kamu menahan rasa malas tersebut saat ada anak-anak ya. Misalnya ada yang bertanya Mama kok nggak menyapu rumah? , jawablah dengan Iya nanti, ini mau ngerjain yang lain dulu . Hehe..

3. Ajarkan anak untuk mencintai sayuran lewat manfaat-manfaat yang didapat. Bukan dengan menakuti mereka dampak buruk apa yang dialami kalau nggak makan sayur

Biasakanlah mengajarkan segala sesuatu kepada anak-anak dengan menjunjung tinggi ketulusan hati. Ya, dengan mengerjakan melalui rasa tulus akan terasa jauh lebih nyaman dan mudah. Termasuk dalam mencintai sayuran. Bahan makanan yang kaya manfaatnya ini memang seringkali nggak disukai anak-anak. Rasanya yang pahit atau hambar adalah salah satu alasan mengapa mereka memilih untuk tidak memakannya. Meski begitu, jangan beri tahukan tentang dampak buruk yang didapat kalau nggak makan sayur. Karena hal itu seperti sebuah ancaman atau dan juga paksaan. Lebih baik ungkapkan berbagai manfaatnya. Dengan begitu mereka akan lebih mudah menyukainya.

4. Rasa sakit ketika melahirkan nggak perlu diceritakan. Kalau anakmu perempuan nanti, takutnya dia jadi enggan punya anak dan kamu dianggap nggak ikhlas melahirkan

Momen paling membahagiakan sekaligus mengharukan sebagai seorang wanita adalah ketika kamu melahirkan. Ya, itu jadi momen tak terlupakan seumur hidupmu. Rasa sakit ketika kontraksi tiada duanya. Hal itu tanpa disadari sering kamu ungkapkan ke banyak orang ketika sedang membicarakan proses kelahiran. Nah, kalau kamu punya anak perempuan, lebih baik cari kata-kata halus untuk menceritakannya supaya nggak bikin mereka sampai takut jadi seorang ibu. Karena kalau tidak, anak perempuan kamu bisa jadi penakut dan nggak mau punya anak. Begitupun kepada anak lelakimu yang bisa jadi merasa kamu itu nggak ikhlas melahirkannya karena selalu menceritakan betapa rasa sakitmu ketika melahirkan dia.

5. Terlalu mengkhawatirkan anak bisa jadi masalah. Coba perlihatkan sewajarnya saja agar mereka tak terganggu atau jadi penakut

Sebagai orangtua kamu akan punya rasa khawatir terhadap mereka. Hal itu sangat wajar dan anak-anakpun pasti mengerti akan kekhawatiranmu. Tapi, kalau kamu terlalu menghawatirkan dan mengungkapkannya ke mereka, yang ada anak-anak kamu jadi jengah dan nggak betah berada di dekatmu. Rasa khawatir berlebihan itu jadi bikin mereka takut mau melakukan apapun dan pergi ke manapun.

6. Jangan mengeluh ke mereka pas kamu dan suami lagi susah uang. Berikan pengertian untuk berhemat, tapi tidak dengan menceritakan keadaan sebenarnya

Biasanya, dalam hidup berumah tangga akan ada masa di mana kamu dan suami berada pada kondisi ekonomi sulit, dompet tipis, kantong cekak, tabungan pun mungkin tak ada. Saat itu muncul, cobalah untuk tidak mengeluh di depan anak-anak. Mereka memang berhak tahu soal kondisi keluarga yang keuangannya lagi susah, tapi cobalah dengan cara berbeda. Misalnya nggak membelikan mereka mainan baru. Lalu ketika mereka bertanya ‘Kenapa tidak belikan mainan?’ kamu jawab Sekarang kita berhemat dulu ya, Nak. Nanti kalau tabungan mama sudah cukup, kita beli mainan itu, ya’. Meski sambil menangis di dalam hati.

7. Melihat anak tidur adalah kenikmatan dunia, karena jadi bisa istirahat setelahnya. Tapi, nggak usah sampai diceritakan ke mereka juga kalau nggak mau dianggap ‘nggak suka mengurus anak’

Mengurus anak ketika masih kecil memang bikin lelah, terutama kalau anakmu sangat aktif. Oleh karena itu, saat mereka lagi tidur kamu bakal senang banget karena akhirnya bisa istirahat. Nah, hal seperti ini sebaiknya jangan diceritakan ya karena kamu nanti dianggap nggak ikhlas mengurus mereka. Atau kamu memang dianggap seorang ibu yang malas bermain sama mereka ketika masih kecil.

Karena kamu akan jadi seorang ibu dan istri, maka dari sekarang harus tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan. Kamu nggak boleh sembarang berkata atau bertingkah laku. Karena orangtua adalah contoh anak-anak, coba biasakan yuk dari sekarang.

Sumber; http://www.hipwee.com/wedding/7-hal-yang-harus-kamu-rahasiakan-dari-anakmu-nanti-sama-sekali-nggak-boleh-sampai-bocor/
Wednesday, May 24, 2017

7 Aspek dari Busana Cowok yang Begitu Disukai Cewek. Jangan Sampai Salah Pilih Lagi!


Jika selama ini pembicaraan soal penampilan selalu diidentikkan dengan cewek, maka itu perlu diubah. Sebab pada dasarnya nggak hanya cewek yang perlu memikirkan dan memerhatikan hal tersebut. Alasannya jelas, karena biar bagaimana pun kondisinya, cowok pun harus turut memperhatikan penampilan yang ada di dalam dirinya.

Nah, bagi cowok yang masih bingung bagaimana sih sebenarnya penampilan yang baik dan keren, lebih-lebih penampilan yang ampuh untuk meluluhkan cewek, Hipwee punya jawabannya. Coba yuk langsung lihat di bawah ini, apa-apa saja item pakaian cowok yang begitu disukai cewek. Cekidot!

1. Sepasang sepatu yang baik, bersih dan nggak sembarang pilih

Unsur utama bagi penampilan yang baik sepertinya terletak di bagian bawah tubuh. Yap! Sepatu. Seperti nggak bisa dipungkiri kalau sepasang sepatu yang baik sangat berpengaruh dalam menunjang penampilan. Maksud dari sepatu yang baik adalah pasangan sepatuh yang bersih. Dan nggak hanya itu, paduan warna antara sepatu dan pakaian yang dikenakan pun turut berpengaruh. Untuk itu, Boys, jangan sembarang pilih sepatumu, ya.

2. Kemeja atau kaus putih yang dipadukan dengan jeans, itulah sempurna!

Untuk tampil sempurna di hadapan cewek pun rasanya nggak ribet. Kemeja atau kaus putih yang dipadukan dengan celana jeans adalah kuncinya. Bohong kalau cewek nggak langsung terpikat saat melihat cowok dengan setelan seperti itu. Wuwuwu.

3. The power of lengan yang digulung pun nggak bisa ditampik pesonanya

Di mata cewek, the power of kemeja lengan panjang yang digulung pada cowok pun seperti nggak bisa ditampik pesonanya. Kemeja lengan panjang mungkin memang identik dengan cowok-cowok yang sudah bekerja, dan lengan panjang yang tergulung itu seperti menunjukkan jika memang mereka adalah pekerja yang cukup gigih. Berangkat dari pandangan tersebutlah maka bisa dikatakan kalau pesona yang ada seperti akan semakin merona.

4. Baju setelan berupa jas atau blazer dengan kesan klasik juga nggak boleh ketinggalan

Baju setelan yang biasanya berupa jas tau blazer dengan kesan klasik juga nggak boleh ketinggalan. Sebab, kesan klasik yang akan terlihat bisa menjadi sebuah pesona yang hakiki, logikanya adalah cewek mana sih yang nggak suka lihat cowok rapi. Hihi.

5. V-neck sweater yang dikenakan cowok pun nyatanya ampun jadi daya tarik tersendiri

Kerah V-neck dalam kaus ataupun sweater juga begitu ampuh jadi daya tarik tersendiri. Dan bukan tanpa alasan, potongan tersebut di masa sekarang ini seperti bisa memberikan kesan sopan bagi orang yang memakainya. Selain itu, kesan seseorang yang pandai mengurus diri juga bisa terlihat begitu kental.

6. Entah kenapa cowok bertopi seperti selalu punya ruang di hati kebanyakan cewek

Salah satu item yang cukup digemari kebanyakan cewek adalah topi. Entah kenapa cowok bertopi memang seperti selalu punya ruang di hati. Jadi buat para cowok yang belum punya koleksi topi, coba mulai sekarang dicicil. Hihihi.

7. Terakhir jelas dong kalau penampilan rapi jadi sesuatu yang sangat mendukung

Sebagus apapun busana yang terpasang di dalam tubuh jika nggak didampingi penampilan yang rapi, maka itu seperti hal sia-sia. Sebab bagaimana pun kondisinya, keadaan yang rapi, bersih, harum, dan sesuai dengan diri kita adalah hal utama untuk bisa tampil sempurna. Jelas rasanya jika tampil rapi akan mendukung ragam penampilan demi terlihat hakiki.

Itu dia item busana cowok yang dijamin bakal ampuh bikin penampilan jadi kian keren dan sempurna. Kalau busana itu sudah dipenuhi dengan baik, bukan nggak mungkin cewek-cewek mau berlalu begitu saja. Hihi.

Sumber; http://www.hipwee.com/style/7-aspek-dari-busana-cowok-yang-begitu-disukai-cewek-jangan-sampai-salah-pilih-lagi/
Tuesday, May 23, 2017

Kok Ya Orang Jepang Kepikiran Bikin 8 Mainan Ini Ya? Tapi Sejujurnya Kita Pengen Punya Juga Sih


Jika melihat bagaimana Jepang terus berkembang sampai hari ini, rasanya nggak heran kalau kemudian negeri Sakura tersebut disebut-sebut sebagai negara yang begitu kreatif. Nggak bisa dipungkiri jika Jepang begitu terkenal dengan ide-ide dan kreativitasnya yang tinggi. Makanya wajar kalau kemudian ada banyak barang-barang aneh yang bisa ditemui di sana, termasuk juga ragam mainan yang sangat unik.

Nah, untuk melihat bagaimana keunikan dari mainan-mainan tersebut, yuk, langsung saja simak bareng Hipwee di bawah ini!

1. Boneka kloning yang bisa menjadikan pemiliknya seperti punya kembaran

Bagi kamu yang ingin sekali punya kembaran, rasanya sebuah perusahaan di Jepang bisa mewujudkannya. Mereka membuat dan memproduksi “boneka kloning”. Seperti namanya, boneka tersebut dibuat dengan menciptakan kloning si pemiliknya. Sudah pasti jika boneka itu akan memiliki wajah yang sama persis seperti pemilknya. Diciptakan dari printer 3D, hasil dari boneka tersebut sangat realistis dan unik.

2. Mainan babi emas meleleh yang bisa kembali ke bentuknya semula, elastis

Sebuah perusahaan Jepang yang bernama Lukoloku Pig Toy memproduksi sebuah mainan berbentuk babi dengan warna emas yang cukup unik. Babi tersebut bisa meleleh lagi dan kembali ke bentuk asalnya meski sudah berulang kali meleleh. Memainkannya juga gampang, tinggal dilempar dan diamkan saja sampai dia kembali ke bentuknya semula.

3. Boneka mikroba yang rasanya bisa digunakan juga untuk anak-anak belajar banyak soal biologi

Boneka beruang atau barbie mungkin sudah terdengar biasa saja. Lain dengan boneka mikroba yang dibuat oleh Jepang ini. Mahluk kecil yang biasanya identik sebagai kotoran atau kuman ini bisa jadi sesuatu yang menggemaskan. Nggak hanya itu, rasanya keberadaan boneka tersebut pun turut bisa digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak untuk mengenal pelajaran biologi.

4. Kalau rata-rata boneka kucing itu lucu, lain dengan boneka kucing terlindas satu ini

Nggak tahu apa yang terlintas di pikiran mereka saat menciptakan mainan satu ini. Kalau biasanya mainan identik dengan sesuatu yang lucu, maka jangan harap kamu bisa menemukannya di mainan satu ini. Sebab, mainan kucing satu ini cenderung mengerikan. Mainan ini benar-benar menyerupai seekor kucing yang seolah habis terlindas dengan usus yang terburai keluar. Duh! 🙁

5. Ini sih pasti disukai para pecinta kucing! Mirip banget dengan anak kucing aslinya

Cat lovers pasti suka dengan mainan satu ini. Boneka kucing ini dijamin lucunya karena dia benar-benar mirip seekor kucing sungguhan. Boneka bernama dream cat venus satu ini memang sangat realistis dengan ekspresi wajah yang sebelas-duabelas dengan kucing asli. Bahkan, dia bisa mendengkur atau mengeong saat bagian samping tubuhnya dielus. Dia juga bisa menyipitkan matanya saat bagian bawah dagunya digaruk-garuk.

6. Punya boneka ini bikin ingin ikut menangis terus deh. Berasa punya teman galau

Nggak cuma kamu yang bisa nangis kalau disuntik atau kalau lagi galau. Boneka anak kecil menangis saat disuntik ini rasanya memang terinspirasi dari kehidupan nyata di mana anak-anak kecil pada umumnya selalu menangis saat disuntik ketika sakit.

7. Shaving doll ini cocok banget buat kamu yang terobsesi dengan bulu dan rambut~

Buat kamu yang begitu terobsesi dengan bulu, maka nggak salah menjadikan boneka satu ini sebagai mainan. Uniknya, kalau kamu nggak betah lihat bulunya, bisa kok dicukur. Hehehe.

8. Kalau kamu ingin main bubble wrap yang nggak ada habisnya, maka mugen puchi-puchi ini bisa jadi solusi

Pecinta bubble wrap pasti bakalan suka banget dengan mainan satu ini. Mainan ini bisa dipencet-pencet atau “dipeletekin” tanpa pernah habis. Gemasnya jadi nggak berkesudahan deh pokoknya.

Itu dia sederet mainan unik yang mungkin bikin kamu jadi gemas dan ingin memilikinya, atau bahkan bikin merinding geli juga ketakutan. Orang Jepang ini memang kreatif atau kurang kerjaan ya?

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/kok-ya-orang-jepang-kepikiran-bikin-8-mainan-ini-ya-tapi-sejujurnya-kita-pengen-punya-juga-sih/

Salahku Adalah Percaya Bawa Kau Adalah Laki-laki yang Mencintai Jiwaku, Bukan Tubuhku!


Setiap orang tentu ingin memiliki sebuah ikatan atau jalinan asmara yang menyenangkan. Bersanding dengan seseorang yang dapat melengkapi diri kita tentu akan membuat kehidupan menjadi lebih bahagia. Maka dari itu, tak salah ketika kamu datang padaku menawarkan cinta dalam sebuah komitmen hubungan. Selain karena cinta, tentu banyak pertimbangan lain yang kupikirkan sebelum kunyatakan cinta juga padamu.

Tapi semua seperti sia-sia, setelah kejadian waktu itu. Kudapati kamu tak hanya menawarkan sebuah hubungan dengan cinta yang membara. Lebih dari itu, kamu mengharapkan hal yang tak bisa kuberikan. Kecuali memang kita sudah berada pada level hubungan yang lebih tinggi; pernikahan.

Caramu untuk mengenal diriku begitu intim dan hangat. Perjuanganmu yang begitu keras harus kuakui, berhasil membuatku jatuh hati

Dengan gagahnya kamu menawarkan sebuah cinta padaku. Sebuah hal yang setiap perempuan inginkan. Serta segala perjuanganmu untuk mendapatkan perhatianku pun cukup besar. Begitu intim dan hangat perhatian dan kasih sayang yang kamu tunjukkan padaku. Percayalah, semua itu berhasil membuatku jatuh hati. Ya, aku jatuh hati padamu.

Satu hal lagi, kau berhasil membuatku percaya akan visi misimu dalam hidup ini. Pandanganmu atas dunia begitu menjanjikan

Dalam hidup, bukan sarapan yang membuat orang bertahan, melainkan harapan. Perempuan mana yang bisa menolak sebuah harapan yang menjanjikan dari seorang laki-laki yang memiliki segunung cinta untuknya? Seperti ucapanmu waktu itu. Dari sana kudapati kamu memiliki visi dan misi yang mengagumkan. Ya, kuakui aku kagum dengan cara pandangmu atas kehidupan ini. Terlena aku akan ucapan-ucapanmu. Terlebih catatan hati perempuan yang pernah jatuh ke pelukanmu.

Segala hal yang ada padamu memang membuatku luluh. Seperti usahamu dalam bekerja tanpa mengenal peluh dan keluh

Ya, saat itu kamu pun berhasil membuatku terpesona sekali lagi, pada kegigihanmu dalam berusaha. Bukan hanya berusaha untuk menaklukkan hatiku, melainkan usahamu dalam bekerja. Tanpa pernah mengeluh, kamu bekerja seperti tanpa beban. Sebagai lelaki, kamu tampak seperti seorang calon suami idaman yang menjadi dambaan setiap perempuan.

Berjalan beberapa waktu bersamamu memang menghadirkan nyaman untukku. Lambat laun, kamu banyak menuntut soal penampilanku

Memang hanya nyaman dan aman yang kudapatkan dari kehadiranmu. Kamu membimbingku ke jalan agama yang baik, menuntunku menuju cahaya masa depan yang gemilang, dan menggandeng tanganku untuk terus berjuang melewati hari-hari nan berat. Kamu bisa memberikan apa yang kebanyakan perempuan dambakan. Termasuk mengurusi hingga menggurui masalah penampilan. Apa yang salah dengan penampilanku yang kurasa cukup sopan ini?

Ternyata fisik yang kamu lihat. Bisa kusimpulkan, kamu lelaki yang sangat belum dewasa untuk membina hubungan!

Setelah semuanya berjalan normal layaknya sepasang kekasih yang berbagi kasih, ternyata ada yang keliru dari hubungan kita ini. Ekspektasiku padamu yang begitu tinggi, seketika jatuh dan hancur pada tanah kering. Frekuensi kita bertemu pun cukup intens, hingga menimbulkan kecurigaan yang berlebih padaku atasmu. Ya, kamu meminta lebih atas hubungan ini. Terlebih fisik, kamu memaksaku untuk menjadi media bagi birahimu yang tak pernah bisa kamu kendalikan. Hei, maaf, itu bukan jalan hidupku! Kuminta untuk akhiri saja hubungan kita ini, dasar bocah!

Sekali lagi kutegaskan, fisik bukanlah segalanya dalam hubungan. Anggaplah fisik sebagai bonus yang bisa kamu dapatkan!

Kecewaku jelas nyata. Seribu maaf dan apapun yang kamu tawarkan untukku, itu sia-sia. Tak ada sesuatu yang bisa menambal luka, selain kamu pergi dari hadapanku saat ini juga. Maaf, aku harus mengubur segala rasa yang ada untukmu.

Sakit yang kurasa memang beralasan. Sebuah hubungan tak harus selalu soal bentuk badan. Pergilah kalau hanya itu yang kamu harapkan. Tapi tolonglah hargai aku sebagai perempuan. Masih begitu banyak cita-cita dan mimpi yang belum kugenggam. Jangan kamu pentingkan hasrat seksualmu saja. Cobalah pahami aku atau perempuan lainnya sebagaimana mestinya. Fisik hanyalah bonus semata yang bisa kamu dapatkan nantinya!

Maaf, harus kuakhiri ceritaku kali ini, serta kuakhiri kisah kita berdua. Meski cinta yang kamu tawarkan begitu megah, aku tak sudi menjalin hubungan yang semata hanya karena tubuhku yang indah. Semoga hidupmu lebih berwarna setelah kamu paham, bahwa aku bukanlah perempuan yang bisa dengan mudah kamu taklukan. Apalagi hanya karena kamu tertarik dengan tubuhku. Selamat tinggal!

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/untukmu-lelaki-yang-hanya-mencintai-karena-tubuhku-biar-kusimpan-kesal-dan-kuucapkan-selamat-tinggal/

Realita Twitwar Zaman Sekarang, Ini Nih Alasan Kenapa Orang Lebih Suka Blak-blakan di Media Sosial


Belakangan nama Marissa Haque kembali hits di media sosial Twitter. Pasalnya istri penyanyi Ikang Fawzi yang kini menjadi dosen itu membuat beberapa cuitan yang berakhir twitwar. Awalnya, Marissa Haque terlibat twitwar dengan sutradara Joko Anwar mengenai Pilkada DKI. Selanjutnya, pemilik dua akun twitter @HaqurMarissa dan @Haque_Marissa itu sempat ngecengin Chico Hakim soal statusnya sebagai lajang.

Seperti yang kita tahu Chico Hakim adalah mantan suami Wanda Hamidah. Saking terkejutnya disindir kalah bercinta oleh Marissa Haque, Chico Hakim sampai berharap akun tersebut sedang dibajak. Bukan cuma itu, akibat sindirannya yang dianggap keluar konteks, itu, Marissa Haque juga menuai banyak hujatan dari netizen.

Terakhir Marissa Haque terlibat twitwar dengan akun @lunaticcedric, yang merupakan menantu dari Christine Pandjaitan, penyanyi senior yang dulu pernah menjalin hubungan dengan Ikang Fawzi. Dalam rentetan perang twit itu, Marissa Haque menuduh Christine Pandjaitan belum move on dari Ikang Fawzi dan membuat lagu yang berkisah tentang masa lalu.

Selain itu, Marissa Haque juga terlihat sangat menggarisbawahi dan membanggakan rumah tangganya dengan Ikang Fawzi yang sudah berjalan 31 tahun. Ya memang mengarungi rumah tangga selama 31 tahun adalah prestasi yang membanggakan. Tapi apakah seperlu itu untuk diumbar di media sosial?

Cuitan Marissa Haque mengundang respon netizen beragam. Ada yang tertawa, mengritik, dan ujung-ujungnya berantem sendiri

Saat Marissa Haque menyindir Cristine Pandjaitan belum move on dari sang suami, netizen justru mempertanyakan sebaliknya: apakah Marissa Haque merasa insecure karena Ikang Fawzi belum move on dari sang mantan pacar. Apalagi sebelumnya, Marissa Haque pernah melaporkan acara Rumpi No Secret ke KPI karena mengulik soal masa lalu Christine Pandjaitan dan Ikang Fawzi.

Ah, seperti itulah media sosial. Daripada menyimak kasus yang terjadi, terkadang lebih seru menyimak komentar netizen yang beragam. Ada yang menyesalkan komentar-komentar Marissa Haque, ada yang memberi dukungan, dan ada yang berantem sendiri.

Media sosial agaknya menjadi tempat pelarian keluh kesah. Apa yang di-share terkadang harusnya jadi konsumsi pribadi saja

Mengapa Marissa Haque menyindir Christine Pandjaitan soal move on dari sang mantan barangkali membuat kita bertanya-tanya. Bukankah itu urusan pribadi dan rumah tangga, kenapa pula harus disebar-sebarkan? Tapi Marissa Haque bukanlah yang pertama. Selama sudah banyak drama di media sosial yang serunya mengalahkan sinetron-sinetron di layar kaca. Mulai dari kisah perceraian Athalarik Syah dan Tsania Marwa yang mondar-mandir di media. Curhatan Tsania Marwa di akun IG-nya membuat publik kian bertanya, sebenarnya ada apa?

Lalu ingat juga soal seorang dokter yang posting soal kisah perselingkuhan suaminya. Serangan demi serangan yang dilancarkan kepada selingkuhan suaminya, secara tak langsung membeberkan perkara rumah tangga. Apa yang seharusnya diselesaikan kedua belah pihak menjadi konsumsi netizen yang gemar ikut berkomentar atas segala urusan.

Banyak alasan orang jadi overshare di media sosial salah satunya adalah tempat mengekspresikan diri. Tak bisa disangkal, terkadang kita butuh panggung bukan?

Media sosial barangkali sudah ada sejak era Friendster dahulu. Namun barangkali tren orang curhat dan bertengkar di medsos baru booming beberapa tahun belakangan. Memang media sosial adalah tempat yang mudah bagi setiap orang untuk mengekspresikan dirinya.

Ada yang kesulitan mencari teman di dunia nyata, namun lebih percaya diri di dunia maya. Di media sosial, dia yang bukan politisi, artis, atau apapun yang punya banyak mimbar, bisa mengutarakan pendapat dan mengekspresikan dirinya. Media sosial juga menjadi cara seseorang menunjukan jati diri. Love dan like serta share di media sosial punya banyak makna, salah satunya adalah menunjukkan bahwa “ini lho aku” atau “ini aku banget“. Kamu juga begitu?

Beberapa yang lain “tepaksa” curhat di medsos untuk cari dukungan. Memang jejaring sosial adalah layar sempit yang luasnya tanpa batas

Betapa melegakannya bisa mencurahkan uneg-uneg dalam hati. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya. Ada yang memang tak punya seseorang yang cukup dipercaya untuk bercerita. Ada juga yang tak punya nyali untuk menceritakan isi hatinya, sebab isi hati memang bukanlah hal yang sederhana. Barangkali karena itulah orang memilih media sosial sebagai tempat curhat yang aman sekaligus tempat mencari dukungan. Saat bu dokter yang membongkar perselingkuhan suaminya, barangkali sebenarnya dia sedang mencari kekuatan dan dukungan untuk menyelesaikan urusan rumah tangganya.

Saat Tsania Marwa curhat di medsos soal perlakuan suaminya, barangkali itulah satu-satunya cara untuk “bicara” kepada Athalarik Syah. Sebab katanya sang suami memblokir semua media komunikasi sekaligus akses pertemuan dengan kedua buah hati. Yah, kita tak tahu apa yang terjadi sebenarnya, jadinya suka menduga-duga bukan? Sekilas media sosial memang hanya kehidupan di layar gadget. Tapi jangkauannya sangat luar biasa, dan bisa menghimpun opini ataupun dukungan.

Tapi sharing sesuatu di media sosial juga harus dipikirkan. Sebab di era digital ini agaknya berlaku prinsip “you’re what your share on your timeline"

Memang melegakan punya tempat curhat dan tempat ekspresi diri yang “aman”. Tapi seberapa jauh kita boleh blak-blakan di media sosial? Masalahnya, masyarakat era digital selama ini punya kebiasaan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Identitas seseorang seringkali diasosiasikan dengan apa yang dia tulis di media sosialnya.

Hanya membuka dan stalking timeline-nya selama beberapa jam, kita bisa percaya diri menyebut “si dia” itu orang seperti apa. Dalam politik, dia yang suka mengritik si A bisa dengan mudah dianggap sebagai pendukung si B. Padahal terkadang bersama selama puluhan tahun pun belum tuntas untuk memahami seseorang, jadi bagaimana kita bisa paham hanya bermodal kicauan di media sosial?

Reputasi bermain-main di media sosial. Jadi meski “berbagi” itu melegakan, ada baiknya selalu ada batas apa yang boleh dan tidak dibagi ke dunia luar

Awalnya media sosial dibuat untuk sekadar “having fun” dengan komunikasi dan menjalin pertemanan. Tapi belakangan sepertinya medsos menjadi lebih serius dari itu karena sering dijadikan rujukan untuk menilai kepribadian. Kamu tidak tahu kan kalau bosmu bisa saja mengulik timelinemu untuk melihat kamu ini orang seperti apa? Dan kamu yang sering gagal wawancara, bisa saja karena tim HRD mendapati hal-hal yang tak sesuai di timeline media sosialmu. Gebetan potensial bisa saja berubah pikiran saat tahu apa yang kamu tulis di media sosialmu. Memang sekarang cuitan, tapi efeknya bisa panjang.

Tentu media sosial bukan sesuatu yang buruk dan harus dihindari. Media sosial bisa menjadi tempat yang tepat untuk berbagi, mencari teman, bahkan mencari peruntungan seperti akun-akun online shop. Tinggal bagaimana kita yang memakainya. Menentukan batas apa yang boleh/tidak boleh dishare itu mutlak perlu. Pertama, karena tak semua orang mau menyimak kehidupan pribadimu. Kedua, ingat bahwa timelinemu menentukan reputasimu.

Media sosial memang sebuah ruang dengan banyak sekat. Setiap sekat ada kepentingan dan tujuan. Kita yang datang berkunjung, harus pandai-pandai memilah mana yang harus dikunjungi, dan mana yang harus dilewati.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/realita-twitwar-zaman-sekarang-ini-nih-alasan-kenapa-orang-lebih-suka-blak-blakan-di-media-sosial/

Karena Cantik Saja Tak Cukup, 7 Putri Sulamit Ini Mengajarkan Kamu Untuk Berarti Lewat Hati


Dewasa ini, hampir setiap cewek ingin sekali terlihat cantik secara penampilan. Sedangkan aspek lain dari dirinya, seperti karakter, kecerdasan, bahkan kepekaan sosial yang sebenarnya lebih dibutuhkan untuk membentuk kecantikan justru dikesampingkan. Tapi di tengah kondisi yang seperti itu, sebenarnya masih ada kok cewek-cewek cantik yang juga berkarakter kuat dan punya impian untuk memberikan perubahan ke lingkungannya. Setidaknya mereka bisa menjadi inspirasi kepada kamu juga cewek lainnya, kalau cantik itu tak hanya paras tapi juga hatinya.

Dan lewat Program Putri Sulamit yang digagas oleh Lisa Sanusi dan Yohana Limarno, ketujuh cewek ini dibina dan didukung sepenuhnya untuk merealisasikan program yang mereka ciptakan sendiri. Program Putri Sulamit ini sendiri bukan seperti kontes kecantikan pada umumnya. Sebab ketujuh cewek ini tidak dicari melalui pendaftaran dan ikut berkompetisi untuk memperebutkan siapa yang paling baik. Tapi mereka memang sengaja dicari melalui informasi yang dihimpun di setiap daerah. Lalu setelah terpilih ketujuhnya menjalani karantina untuk dibimbing dalam mewujudkan programnya masing-masing.

Penasaran seperti apa saja sosok cewek-cewek yang tak hanya cantik, tapi juga “Berarti Lewat Hati”? Semoga menginspirasi ya!

1. Lewat proyek Deaf Talk, Gektri dari Bali mengajak kita lebih bisa membuka diri dan menghargai kaum tuna rungu atau tuli

Dari prinsip itulah A. A. Istri Putri Dwi Jayanti alias Gektri memberanikan diri untuk menggagas program Deaf Talk yang bertujuan untuk mengangkat kesetaraan kamu tuli atau tuna rungu dalam masyarakat. Dimana ide program ini tercetus atas rasa iba karena kaum tuli menjadi kamu minoritas dalam berbicara. Apalagi kakak angkat Gektri sendiri seorang tuna rungu. Gektri tak hanya merasakan bagaimana menghadapi mereka, tapi juga kesulitan yang dialami oleh kaum tuli.

Sampai akhirnya cewek berusia 20 yang juga anak komunikasi ini berusaha memotivasi serta memfasilitasi kaum tuli di Bali untuk mengenalkan diri serta budaya mereka ke kaum dengar. Mengingat para kaum tuli ini juga punya mimpi atau cita-cita yang sangat besar. Mereka juga sebenarnya orang-orang yang ramah dan baik, hanya saja perbedaan cara berkomunikasi sering membuat mereka dianggap sombong oleh masyarakat.

2. Tak hanya peduli dengan kecantikan dirinya, Yunita dari Papua pun peduli dengan kelestarian lingkungan dan wisata daerahnya

Cantik itu bukan hanya kulit yang putih mulus atau rambut yang lurus tergerai. Tapi cantik pun seperti Yuanita Alanda Monim, cewek asli Sentani Papua berumur 19 tahun ini, yang dengan berani menceburkan diri pada kegiatan-kegiatan sosial yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan pariwisata. Seperti tahun 2015 lalu, Yuanita sendiri terpilih sebagai Duta Generasi Berencana, kemudian di tahun 2016 sebagai Duta Wisata Indonesia – Papua, dan di tahun 2017 ini dia terpilih sebagai salah satu Putri Sulamit.

Sebagai Putri Sulamit sendiri, Yuanita masih menunjukkan konsistensinya, dengan mengusung proyek PokDarLing dan PokDarWis yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian anak muda dalam gerakan pelestarian lingkungan dan pariwisata. Setidaknya Yuanita juga ingin anak muda di Papua tak lagi mengikuti budaya pernikahan dini serta terjerumus dalam pergaulan berisiko.

3. Akwilina seorang penari dari Ngabang yang ingin anak muda sadar dengan kebudayaan Indonesia salah satunya lewat tari tradisional

Akwilina Jeni, Putri Sulamit termuda berusia 17 tahun dan masih duduk di bangku SMA. Tapi biarpun muda, kamu tak bisa menyepelekan cewek asal Ngabang Kalimantan Barat ini. Akwilina yang memiliki bakat sebagai penari pun ingin mengajak generasi muda sadar dengan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Lewat proyek “Menari Luar Biasa” Akwilina juga ingin menari sembari menayomi anak-anak berkebutuhan khusus.

4. Karena dari tubuh yang sehat akan tercipta individu yang hebat, dan Nisha dari Surakarta ingin menyadarkan kembali hal ini ke masyarakat

Menjadi Putri Solo 2015 tak membuat Nishada Warih Segara Muncar berhenti mengukir prestasi. Terbukti dengan terpilihnya kembali Nisha menjadi Putri Sulamit 2017. Cewek berusia 21 tahun ini berharap bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan lewat proyek sosialnya “Kecantikan yang Mengalir”. Setidaknya masyarakat khususnya anak muda paham bagaimana pola hidup sehat. Toh generasi yang hebat akan muncul dari jiwa-jiwa serta tubuh yang sehat.

5. Tak hanya memotivasi, Trya asal Manado pun berusaha memfasilitasi mereka untuk bisa mendapat ilmu atau pendidikan yang layak

Dibesarkan dari keluarga broken home tak membuat Trya Dinity Malensang terjerumus dalam pergaulan yang salah. Kondisi keluarganya justru membuat Trya lebih semangat untuk mengangkat martabat dirinya juga keluarganya. Cewek 20 tahun asal Manado ini pun tergerak untuk berkontribusi dalam Tim Kolintang dalam perekrutan Nyong dan Noni Sumatra Utara. Tim Kolintang sendiri bertugas untuk melestarikan alat musik tradisional kolintang dari Sulawesi Utara.

Sementara proyek sosial yang Trya usung dalam Putri Sulamit ini bernama “Pasar Pustaka” yang bertujuan untuk membantu anak-anak pasar mendapatkan ilmu pengetahuan atau pendidikan yang layak. Mengingat pendidikan ini hal penting untuk kemajuan generasi selanjutnya.

6. Duma asal Medan yang tak hanya berjuang untuk mengangkat derajat dirinya, tapi juga ingin wanita lain pun mengikuti jejaknya

Menjadi anak penjual sayur tak membuat Duma Mariana Simanjuntak asal Medan berputus asa. Duma justru gigih menunjukkan kemampuannya pada orang-orang, kalau seorang anak penjual sayur yang sempat bekerja sebagai cleaning service pun mampu melanjutkan kuliah dan mengukir prestasi.

Segala omongan yang tak menyenangkan berusaha dia kesampingkan. Bekerja keras demi mengumpulkan biaya kuliah Duma lakoni tanpa pernah mengeluh. Sampai akhirnya Duma mendapat kesempatan untuk menjadi inspirasi bagi cewek lainnya lewat Proyek “Beauty Express” di Program Putri Sulamit ini. Duma ingin wanita Indonesia bisa terus gigih memperjuangkan mimpinya dalam kondisi apapun.

7. Berbagi tak perlu muluk-muluk seperti yang dilakukan Poppy asal Banten dengan proyek hijab berbaginya

Mungkin di mata orang, guru Sekolah Dasar bukanlah profesi yang wah. Tapi Poppy Indrawati Safitri asal Serang Banten mematahkan segala stereotip tersebut. Dengan berbekal keinginan untuk berbagi yang kuat, Poppy pun menggagas proyek sosial “Hijab Berbagi”. Proyek sederhana, dimana Poppy mengajak mahasiswi yang ada di Serang untuk berbagi hijab yang mereka miliki. Hijab-hijab ini akan dijual kembali, yang hasil penjualannya akan disumbangkan ke tempat-tempat ibadah yang ada di Serang.

Setidaknya para Putri Sulamit ini bisa menjadi teladan untuk wanita di Indonesia untuk terus mengembangkan potensi diri dan kecantikan yang tak hanya dari parasnya saja. Karena dengan begitu, mereka bisa benar-benar menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara.

Sumber; http://www.hipwee.com/motivasi/karena-cantik-saja-tak-cukup-7-putri-sulamit-ini-mengajarkan-kamu-untuk-berarti-lewat-hati/

Hebatnya Teknologi Masa Kini. Bahkan Kotoran Sapi Bisa Disulap Jadi Pakaian yang Bernilai Tinggi!


Selama ini, kotoran sapi biasanya cuma digunakan sebagai pupuk saja. Ya, baru-baru ini aja sih pengelolaan kotoran sapi menjadi energi biogas jadi ngetren. Cuma ya itu, penggunaannya masih terbatas dalam bidang itu-itu saja. Kalau nggak energi ya pupuk. Nah ini ada terobosan baru dalam memanfaatkan kotoran sapi yang sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya. Bukan digunakan sebagai penyubur tanah atau dibakar jadi energi, ada orang yang bisa memakai kotoran sapi jadi sandang alias baju untuk dipakai.

“Lah? Kotoran sapi jadi baju? Mana bisa?”

Eits, jangan salah. Seorang desainer asal Belanda rupanya bisa loh menyulap kotoran sapi menjadi sebuah produk fashion. Bukan hanya bikin orang terheran-heran, ternyata inovasi ini dihargai mahal lho. Nggak percaya?! Nih Hipwee News & Feature punya buktinya…

Berawal dari permasalahan kotoran binatang yang melimpah, Jalila Essa di punya satu ide brilian. “Kenapa kotoran nggak disulap jadi pakaian?!”

Jalila Essa di sadar betul bahwa kotoran binatang yang menumpuk cuma akan jadi limbah yang mencemari lingkungan. Dari perhatiannya terhadap lingkungan tersebut, ia memiliki satu ide brilian yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain.

“Daripada cuma jadi pupuk dan biogas, kenapa nggak mengubah kotoran sapi ini jadi pakaian?”

Meskipun terdengar gila dan nggak masuk akal, nyatanya Essa di benar-benar membuktikannya. Proyek yang berawal dari kepeduliannya terhadap lingkungan tersebut kini jadi salah satu produk unggulan dunia fashion untuk memerangi pemanasan global. Memang sih eco-friendly fashion sudah ada sejak lama. Namun ide soal kotoran sapi jadi pakaian belum pernah terpikirkan sebelumnya!

Proses pengolahan dari kotoran jadi pakaian ini terbilang sangat ramah lingkungan. Meski rada rumit, tapi worth it!

Oh iya, jangan bayangan pakaiannya memiliki tekstur ‘iyuh’ seperti kotoran sapi itu loh ya. Namanya juga pakaian, ia tetap terbuat dari serat-serat benang. Bedanya, benang yang digunakan untuk membuat pakaian ini didapat dari proses pengolahan kotoran sapi.

Prosesnya sendiri pun cukup rumit. Jalila harus memisahkan kotoran sapi antara yang kering dan yang basah. Lalu mengekstrak selulosa dari kotoran kering, mencampurnya dengan asam khusus dan kemudian mengubahnya jadi selulosa asetat yang nantinya bisa jadi benang yang disebut “mestic“. Dari mestic inilah kemudian pakaian yang apik itu dibuat. Nah yang bikin makin ramah lingkungan adalah fakta bahwa tak sedikit pun kotoran sapi terbuang dalam proses ini. Asam khusus yang digunakan untuk campuran kotoran kering tadi ternyata juga dibuat dari kotoran basah sapi.

Jangan khawatir. Selama proses pengolahan tersebut, bau dari kotoran yang ada berangsur hilang. Ketika sudah jadi mestic, baunya benar-benar tak tercium sama sekali kok!

Karya Essa di ini telah dianugerahi penghargaan. Ini bukti bahwa pakaian dari kotoran sapi ini bukan produk fashion sembarangan!

Kekerenan mestic ini tidak berhenti di sana saja. Sebagai produk ramah lingkungan namun tetap memiki nilai fashion yang tinggi, mestic ternyata telah mendapatkan penghargaan dari Global Change Award pada tahun 2016 kemarin. Hal tersebut tentunya tak cuma didasari dari kreativitas dan nilai fashion-nya saja loh ya.

Selama proses pembuatan mestic, gas metan dari kotoran sapi yang notabene merupakan salah satu polutan terbesar udara bumi tersebut juga turut tereduksi. Hal inilah yang semaki menguatkan nilai baju olahan mestic yang disebut “Manure Couture” ini sebagai salah satu produk unik yang peduli dan ramah terhadap lingkungan.

Penasaran sama gimana bentuk jadi pakaiannya? Nih lihat dan buktikan sendiri gimana kerennya…




Pakaian dari kotoran sapi ini bisa dibilang unik dan belum ada orang lain yang kepikiran konsep serupa. Tenang, bentuknya nggak se’iyuh’ yang ada di bayangamu kok. Nih silahkan lihat sendiri.

Sejauh ini sih Jalila masih fokus di kotoran sapi. Nah ke depannya Jalila berjanji akan mencoba untuk mengolah kotoran binatang-binatang lainnya. Keren, ya…

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/kreasi-desainer-keren-ini-bikin-geleng-geleng-baju-buatannya-terbuat-dari-kotoran-sapi/