Sunday, March 26, 2017

Kota di India Deklarasikan Internet Sebagai Hak Dasar Manusia. PBB Anjurkan Negara Lain Menyusul Lho


Selama ini kita kenal kebutuhan dasar manusia sebatas makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Tapi zaman baru sudah datang. Kini manusia pun kesulitan hidup tanpa paket data, alias koneksi internet. Mulai dari yang sebatas main-main saja di media sosial, hingga yang memang menumpukan aktivitas ekonominya melalui dunia maya. Internet sudah menjelma jadi kebutuhan primer, yang bisa mengganggu kestabilan bangsa bila terganggu eksistensinya.

Nah, bagaimana bila akses ke internet dijadikan salah satu fasilitas wajib dari negara? Seperti yang terjadi di Kerala. Pemerintahnya baru saja mengumumkan bahwa internet sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Apakah itu artinya internet sama pentingnya dengan makanan? Yuk, simak ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

Dianggap sebagai sarana kebebasan berekspresi, pemerintah Kerala akui internet sebagai hak bangsa yang harus dipenuhi negara

Kerala menjadi negara bagian pertama di India yang mendeklarasikan internet sebagai bagian dari hak asasi manusia. Karena itu juga, pemerintah akan membuat internet lebih bisa diakses untuk semua kalangan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Kerala, Thomas Isaac, saat mengajukan budget untuk tahun 2017-2018. Keputusan ini muncul karena internet dinilai sebagai sarana kebebasan berekspresi, mulai dari berkarya hingga menyalurkan pendapat. Karena itu, akses internet gratis menjadi kewajiban negara kepada rakyanya. Wah, keren ya?

“Internet akan menjadi hak untuk setiap orang, dan dalam 18 bulan ini akses internet akan diatur melalui jaringan K phone yang memakan biaya Rs 1000 crore.” ujar Thomas Isaac kepada Indiatimes.

Proyek Kerala Fibre Optic Network sudah diluncurkan. Tidak lama lagi 30 juta warga negara dijanjikan akses internet di mana-mana

Kerennya lagi, deklarasi ini tak sekadar deklarasi. Pemerintah Kerala sudah memasukan program ini dalam budget dan siap dieksekusi dalam waktu 18 bulan. Melalui program Kerala Fibre Optic Network (K-FON) ini, selain area free wifi, pemerintah Kerala juga memperpanjang koneksi broadband dari rumah ke rumah. Kepada Timeofindia, sekretaris Kementerian Elektronik dan Informasi Teknologi, M Sivasankar, menyatakan bahwa kabel-kabel internet ini akan diparalelkan dengan kabel elektronik.

“Inisasi pemerintah untuk mengirimkan koneksi internet dengan batas bandwidth kepada masing-masing rumah tangga melalui sebuah jaringan kabel optik yang akan dibuat paralel dengan distribusi jaringan dari KSEB (Kerala State Electricity Board).”

Jadi, kelak koneksi internet di setiap rumah nggak ada bedanya dengan akses listrik. Dengan begitu, milayaran penduduk akan mendapatkan akses internet gratis, sampai ke desa-desa. Hmm, bandingkan dengan Indonesia, yang di daerah-daerah perbatasan pun listrik jadi barang langka.

Kerala bukanlah negara pertama yang akui Internet sebagai hak dasar. Di beberapa negara Eropa, akses internet gratis sudah mulai digalakan


Untuk kamu yang belum tahu, Kerala adalah sebuah negara bagian di India Barat yang untuk ukuran sebuah negara, masih tergolong muda. Kerala dibentuk tahun 1956, dengan penduduk saat ini mencapai 30 juta jiwa. Kerala adalah negara bagian yang tingkat melek huruf penduduknya tertinggi di India. Di Kerala pula, pelajaran internet dan komputer diberikan kepada murid sejak masih SD, yang membuat Kerala disebut dengan “Digital Nation“.

Kerala adalah negara pertama di India yang mencanangkan akses internet sebagai kebutuhan dasar. Akan tetapi di Eropa, beberapa negara pun sudah melakukan hal yang sama. Di antaranya adalah Finlandia. Sejak tahun 2o10, Finlandia sudah menyatakan bahwa internet gratis adalah hak asasi manusia, dan setiap orang Finlandia berhak atas koneksi 100Mbps per tahun 2015. Misi dari pemerintah Finlandia ini menjadikan internet sebagai kehidupan sehari-hari, bukan sekadar sarana hiburan semata.

Kapan ya Indonesia bisa melakukan hal yang sama? Karena PBB pun ternyata sudah mengakui internet sebagai kebutuhan dasar manusia

Dahulu internet barangkali hanya salah satu sarana hiburan. Namun saat ini, internet sudah menjadi hidup keseharian yang menampung aktivitas ekonomi, komunikasi, hingga pertahanan nasional suatu negara. Bayangkan bila internet tiba-tiba down, maka banyak perusahaan yang gulung tikar dan perekonomian pun akan terguncang. Jadi, apakah menghalangi akses internet seseorang berarti sebuah pelanggaran atas hak asasi manusia? Ternyata PBB berpikir demikian.

Tahun 2016 lalu, PBB sudah mengeluarkan sebuah resolusi mengenai akses internet sebagai salah satu dari hak-hak dasar manusia. Harapannya, internet bisa diakses oleh semua orang tanpa pandang gender ataupun negara. Meski banyak yang setuju, resolusi ini belum mendapat persetujuan universal, karena ditolak oleh beberapa negara, seperti: Rusia, Cina, dan Afrika Selatan. Bisa dipahami sih, karena negara seperti Rusia dan Cina yang ketat mengontrol koneksi internet warganya memang akan dirugikan oleh aturan semacam ini.

Kemajuan zaman memang menuntut manusia untuk bisa beradaptasi, salah satunya dengan membiasakan diri di dunia yang serba online dan teknologi. Internet memang menjadi kebutuhan sehari-hari. Akses yang mudah dan murah tentu akan sangat membantu. Terutama untuk bersaing dalam persaingan global dan menjadi negara terdepan. Ya, kita yang di Indonesia sih berharap saja koneksi internet bisa lebih baik lagi. Tapi kita juga harus ingat, internet juga membuat segalanya jadi rentan karena semuanya menjadi digital, termasuk ancaman kejahatan. Jadi kemudahan akses internet juga harus disertai dengan kebijakan pemakainya.

Sumber; http://www.hipwee.com/feature/kota-di-india-deklarasikan-internet-sebagai-hak-dasar-manusia-pbb-anjurkan-negara-lain-menyusul-lho/

Asal 5 Gerakan Sederhana Ini Kamu Lakukan Tiap Hari, Perut Berlemak Nggak Akan Ada Lagi!


Salah satu masalah paling susah diselesaikan dalam mencapai bentuk tubuh ideal adalah masalah perut. Memang benar, bagian perut adalah bagian yang sangat susah untuk dibentuk. Memang masih ada lagi bagian lainnya yang juga susah dibentuk atau dikurangi lemaknya. Untuk mengurangi lemak perut, dibutuhkan waktu dan dedikasi yang tidak kecil. Mulai olahraga secara rutin, hingga pola makan yang benar-benar harus diatur dengan baik.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki perut rata tapi tak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya, ternyata ada cara yang mudah dan bisa kamu lakukan setiap hari. Ada beberapa gerakan atau makanan sederhana yang bisa menghilangkan lemak di perutmu dan membantumu memiliki bentuk tubuh yang ideal. Lalu, apa saja sih yang perlu kamu lakukan untuk memiliki perut rata? Yuk, langsung disimak aja!

1. Rutin sit-up. Meski sederhana, gerakan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk mengecilkan perut

Bagi kamu yang ingin memiliki perut rata, salah satu gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan perut rata. Pastinya kamu sudah tahu, ‘kan gerakan ini. Meskipun sangat sederhana, ternyata melakukan sit-up secara rutin akan mampu membuat perutmu rata. Pasalnya, gerakan ini akan membantu mengencangkan otot perut.

Bahkan kalau dilakukan secara rutin dan repetisi yang cukup signifikan, gerakan ini bisa membuat perutmu terlihat berotot. Jadi, bagi kamu yang ingin punya perut rata, jangan lupa untuk melakukannya tiap hari, ya!

2. Gerakan planking akan sangat membantu. Meski sederhana gerakan ini sangat efektif

Plangking secara rutin!Kamu pasti juga sudah tahu gerakan planking, ‘kan? Gerakan ini sangat populer akhir-akhir ini. Meski sangat sederhana, kamu hanya perlu menahan berat badanmu menggunakan tangan dan kaki dalam posisi tertentu.

Ternyata, planking memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk mengencangkan perut. Dengan rutin melakukan gerakan ini setiap pagi, kamu akan mampu memiliki perut rata dalam waktu yang cukup singkat.

3. Lari di tempat setiap sebelum tidur dan bangun tidur. Sangat bagus untuk membakar kalori

Mungkin ini terkesan sangat sederhana, namun sejatinya lari di tempat memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menguruskan badan. Selain bisa dilakukan kapanpun dan di manapun, lari di tempat mampu membakar banyak sekali kalori.

Kamu hanya perlu melakukan latihan ini 5 sampai 10 menit per hari sebelum dan setelah bangun tidur. Dengan rutin melakukannya, maka kamu akan mampu membuang sisa-sisa kalori yang tak terpakai yang kalau tidak dibuang akan menumpuk dan berubah menjadi lemak.

4. Minum air jeruk nipis hangat tiap pagi. Bisa bikin perutmu tambah langsung dalam waktu singkat

Minum air jeruk nipis hangat tiap pagi adalah hal yang sangat berguna untuk membuatmu langsing. Air jeruk nipis dipercaya mampu membantu tubuhmu untuk melakukan detoksifikasi sehingga sisa-sisa “sampah” dari makanan yang kamu makan hari sebelumnya bisa dibuang semuanya dan tidak menumpuk menjadi lemak.

Memang agak merepotkan sih. Kamu harus sigap buat bangun pagi untuk memeras jeruk nipis. Namun dengan rutin melakukannya, kamu bisa mendapatkan bentuk badan yang ideal dalam waktu beberapa bulan saja.

Belum lagi kalau kamu nggak terlalu suka dengan baunya yang asam. Efek bau asam juga akan menempel di mulutmu. Tapi tenang, bau mulutmu nggak akan jadi masalah saat LISTERINE Multi Protect Zero kamu andalkan tiap harinya. Berkumur secara teratur bisa memberikan 6 perlindungan ekstra untuk mulutmu.

5. Sarapan buah sangat dianjurkan untuk membuat perutmu bekerja lebih ringan. Bisa bikin langsing kalau sering dilakukan

Waktu pagi hari adalah masa “buang”. Jadi, sudah seharusnya kamu tidak membebani sistem pencernaanmu dengan beban baru. Sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin memiliki perut rata dan bentuk tubuh ideal untuk selalu sarapan dengan makanan yang ringan setiap pagi. Makanan seperti buah dan sayur sangat dianjurkan kalau kamu ingin memiliki tubuh ideal, dan tentu saja perut yang rata.

Semua usaha simple ini memang butuh effort lebih. Apalagi kalau ternyata kamu tergolong orang yang malas untuk bangun pagi. Demi perut rata yang semakin nyata, yuk keluar dari zona nyaman dan #BeraniTunjukinDirimu buat jadi lebih baik. Memulai hari dengan rutinitas sehat, akan bikin harimu makin bersemangat, sehat, dan menyehatkan tubuhmu.

Jangan hanya perut rata yang kamu impikan, mulut yang sehat juga perlu kamu jaga. Berkumur dengan LISTERINE Multi Protect Zero yang mampu melawan 99,9% kuman penyebab bau mulut dan rasa yang lebih ringan setelah sikat gigi bisa mendukungmu untuk siap dan #BeraniTunjukinDirimu. Yuk jaga pola hidup yang baik ini, ya!

Ada banyak cara yang bisa kamu ambil untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. Beberapa orang memilih untuk melakukan pola makan dengan menu yang diatur dan porsi latihan yang terprogram dengan baik. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki dedikasi dan waktu, sejatinya 5 hal di atas sudah cukup untuk membantumu memiliki bentuk tubuh yang ideal dan perut yang rata. Selamat mencoba, ya!

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/asal-5-gerakan-sederhana-ini-kamu-lakukan-tiap-hari-perut-berlemak-nggak-akan-ada-lagi/

4 Cara Menjaga Privasi Anak dari Kejahatan Seksual. Tips dari Dian Sastro Ini Salah Satunya


Maraknya kejahatan pada anak akhir-akhir ini cukup meresahkan banyak orang. Bayangkan saja, dari penculikan sampai pelecehan seksual lewat tangan para paedofil terjadi pada waktu yang berdekatan. Hal ini tentunya memunculkan rasa khawatir yang berlebih khususnya pada orang tua. Meski mungkin kamu belum jadi orang tua, nggak ada salahnya untuk belajar bagaimana pentingnya menjaga privasi seorang anak.

Walau bagaimanapun juga mereka butuh rasa aman dari bahaya yang mengintai di sekitarnya. Karena umurnya yang masih kecil membuat anak-anak memang sangat rawan terhadap kasus kejahatan. Kita sebagai yang lebih dewasa sudah seharusnya tahu bagaimana menjaga mereka agar jangan sampai menjadi korban, apalagi di era sosial media seperti sekarang ini.

1. Jangan terlalu sering mengekspos foto anak di sosial media, apalagi yang sedang mandi atau tidak pakai baju

Sering lihat nggak sih profil sosial media teman kita yang sudah jadi orang tua isinya didominasi sama foto-foto anak mereka? Nggak heran sih, habisnya anak-anak ‘kan lucu dan menggemaskan, segala macam tingkahnya rasanya ingin diunggah semuanya. Padahal, kejahatan pada anak bisa dimulai dari foto yang kita unggah, lho!

Pelaku kejahatan, baik itu penculikan ataupun kejahatan seksual, akan dengan mudah mengenali wajah dan nama anak melalu foto yang ada di sosial media. Itulah sebabnya mengapa jika kita akan membuat akun sosial media, biasanya ada ketentuan sudah berumur 17 tahun ke atas dan wajib menyertakan alamat email. Hal ini bukan tanpa sebab, tapi demi menjaga keamanan anak-anak.

Dian Sastro adalah salah satu artis yang sangat menjaga privasi anak-anaknya di sosial media. Kalaupun ia harus mengunggah foto anaknya, biasanya hanya akan tampak samping atau bahkan punggungnya saja. Tapi, yang ada sekarang ini justru anak-anak sengaja dibuatkan akun sosial media sendiri. Lucu sih, tapi ternyata bahaya di balik itu sangat mengerikan!

Belum lagi kalau yang diunggah adalah foto saat sedang mandi atau bahkan tak pakai baju. Jangan sekali-sekali pakai alasan karena mereka masih kecil. Ingat, paedofil sangat senang saat ada foto anak terlebih yang telanjang. Maka, berhati-hatilah!

2. Rahasiakan alamat rumah dan juga di mana anak bersekolah. Ini dia alasannya

Selain tidak mengumbar foto anak di sosial media, alamat rumah dan juga sekolah anak sangat dianjurkan untuk dirahasiakan. Pasti pernah dengar ‘kan tentang kasus penipuan melalui telepon yang sering mengabarkan tentang kecelakaan anak di sekolah (jatuh saat bermain, jatuh dari tangga, dan sebagainya). Penipu biasanya tahu persis nama anak dan di mana ia sekolah. Lha wong si penipu ini dapat informasinya justru dari sosial media yang kita punya, kok.

Belum lagi informasi tentang lokasi rumah atau sekolah yang juga memudahkan pelaku penculikan karena mereka tahu di mana rumah dan sekolah si anak. Makanya, mulai sekarang, bijak kiranya kalau tak mengumbar di mana alamat rumah dan juga sekolah. Karena nyatanya bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

3. Walaupun masih kecil, jika sedang berenang, usahakan memakai pakaian renang yang tertutup. Paedofilia mengintai di sekitar kita, lho!

Jangan anggap sepele karena mereka anak-anak lantas santai saja jika memberikan baju renang yang terbuka. Apalagi, banyak juga yang berganti baju di pinggir kolam renang. Lagi-lagi alasannya karena masih anak-anak. Tapi, sepertinya kebiasan ini harus segera diubah. Karena katanya, kolam renang jadi salah satu area menggiurkan bagi para paedofil, lho!

4. Stiker anggota keluarga yang ditempel di kaca mobil ternyata ada sisi buruknya. Sebaiknya tidak perlu ikut-ikutan punya

Sering nggak lihat di kaca mobil ada stiker yang isinya anggota keluarga? Biasanya stiker ini menggambarkan ayah, ibu dan jumlah anak yang dipunyai. Lucu sih, ditambah lagi ada nama anak di bawahnya. Tapi, kejahatan juga bisa bermula dari sini. Seperti pada poin-poin sebelumnya, pelaku kejahatan akan dengan mudah mendapatkan akses lewat nama anak yang ada dan berapa jumlah anak di keluarga tersebut. Meski kelihatannya sepele, tapi ini benar-benar harus diwaspadai.

Tentunya kita nggak mau ada korban lagi setelah ini. Maka dari itu, mengindahan aturan untuk menjaga privasi anak rasanya bukan hal yang sulit dilakukan. Apalagi jika ingin mereka benar-benar aman dari tangan-tangan jahat yang tak lagi peduli akan kasih sayang terhadap anak karena sudah dibutakan oleh nafsu dan keuntungan di balik tindakan bejatnya. Semoga kita semua terhindar dari kejahatan seperti itu ya!

Sumber; http://www.hipwee.com/wedding/4-pedoman-sederhana-lindungi-anak-dari-kejahatan-seksual-ngeri-kalau-baca-berita-akhir-akhir-ini/

Hal-Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan Kalau Pacarmu Cueknya Kebangetan


Dalam sebuah hubungan, selain rasa cinta dan saling percaya, perhatian kadang juga diperlukan untuk mempererat jalinan yang ada. Tapi, bagaimana jika cowokmu itu cueknya kebangetan? Soal perhatian akan jarang kamu dapatkan. Jangankan perhatian, pesanmu dibalas aja udah untung-untungan.

Tapi nggak selamanya pacar yang cuek itu penuh dengan sisi yang negatif. Di balik sikap cueknya pacar itu ternyata masih ada beberapa sisi positif. Jadi, jangan marah dulu jika pacarmu cuek padamu. Ambil sisi baiknya aja!

1. Kamu bebas melakukan kegiatan, tanpa terkekang aturan darinya. Biarpun bebas, tapi semua kegiatan yang kamu lakukan tetap diketahui olehnya

Cueknya pacar membuatmu bebas melakukan kegiatan yang kamu senangi. Mau ikutan kegiatan organisasi sampai malem, nonton film sama temen, sampai me-time yang kadang memakan waktu nggak sebentar, bisa kamu lakukan kapan aja. Nggak ada aturan khusus dari dia, asalkan kamu bisa bawa diri aja. Namun, biarpun kamu bebas melakukan kegiatan di luar, dia tetap mengetahuinya dari komunikasi yang kalian bangun berdua.

Kamu: Yang, hari ini nggak perlu jemput. Aku mau pulang sama temen-temen, sekalian mampir ke bioskop buat nonton bareng.

Dia: Oke.

2. Cemburu? Nggak pernah jadi masalah. Dia yang cuek itu udah percaya dan membebaskanmu bergaul dengan siapa saja

Kata orang cemburu itu tanda cinta, tapi dengan dia yang cueknya kebangetan, cemburu seakan terhapus dari kamus hubungan kalian. Mau kamu pergi sama temen-temen, sama temen cowok, sama siapa aja, cemburu nggak akan pernah ada. Dia yang cuek itu udah menanamkan rasa percaya dan membebaskanmu buat bergaul dengan siapa aja. Dari sana kamu bisa memperluas jaringan pertemananmu tanpa terhalang dengan aturan-aturan.

3. Karena cueknya dia, kamu jadi nggak sungkan lagi kalo mau rajin beli pernak-pernik lucu. Dia nggak akan rewel masalah itu

Kadang pacar sering mengomentari saat kamu khilaf beli banyak pernak-pernik lucu. Dikata boroslah, buang-buang uanglah, atau mending uangnya dipake buat beli barang yang lebih berguna. Maksud dari omongannya sebenarnya baik, selagi masih muda kamu jangan boros-boros. Tapi mengingat kamu beli pernak-pernik itu dengan uangmu sendiri, kamu pun kadang bete dengan sikapnya.

Nah, hal tersebut nggak akan kamu alami kalau punya pacar yang cuek. Bukannya dia acuh padamu tapi dia nggak menganggap kamu udah bisa mengatur keuangan sendiri.

4. Dia yang cueknya kebangetan memang bikin gemas. Kamu bisa sesekali menggodanya biar hubungan kalian nggak berjalan biasa aja

Kalo lagi nggak ada kerjaan, kamu bisa menjadikan cueknya pacarmu sebagai bahan candaan. Bukannya mau memancing amarahnya, tapi hanya untuk selingan agar hubungan kalian nggak berjalan biasa aja.

5. Pacar yang cueknya kebangetan bukannya nggak perhatian. Sekalinya dia ngasih perhatian, kamu dibuat meleleh hanya dengan sebuah tindakan

Pacar yang cuek memang minim dalam memberikan perhatian. Tapi, sekalinya perhatian, kamu bakal dibuat meleleh dengan tindakannya. Misalnya dia yang nggak pernah ingat tanggal jadian, tiba-tiba datang ke rumah, bawain bungga sambil menyanyikan lagu favoritmu. Walaupun kamu tahu suaranya kurang memadai saat bernyanyi, tapi kamu sukses dibuatnya berbunga-bunga. Perhatiannya pacar yang cuek ini memang nggak bisa diduga kapan datangnya. Jadi, nikmati saja proses berdua dengan dia.

Dia: Happy anniversary ya sayang. Terima kasih udah sabar menghadapi pacar kamu yang nyebelin ini. *kasih bunga*

Kamu: Iya. *terharu*

6. Sifat cuek memang sudah bawaannya. Dari sana kamu bisa belajar untuk menerima dia apa adanya

Punya pacar yang cuek memang tantangan tersendiri. Kalo cuek memang sifat bawaannya, kamu nggak bisa ngapa-ngapain selain menerima dia apa adanya. Dari sana, dia juga pelan-pelan akan menyesuaikan dirinya dengan kamu yang udah berusaha mau untuk menerima dia. Saling menerima merupakan salah satu kunci agar hubungan kalian bisa tetap berjalan. Jadi, biarpun pacarmu cueknya kebangetan, terima aja. Toh, dia juga nggak salah karena hal tersebut sudah melekat erat pada dirinya.

Secuek apapun pacarmu, dia tetap akan memprioritaskan dirimu walaupun caranya memang berbeda. Sabar-sabar aja menghadapi dirinya. Bagaimana pun juga kamu udah menjatuhkan pilihan pada dia sebagai yang dicinta.

Sumber; http://www.hipwee.com/hubungan/hal-hal-positif-yang-bisa-kamu-dapatkan-kalau-pacarmu-cueknya-kebangetan/

Bangunan Mirip Pesawat Alien Ini Ternyata Rumah Hunian Lho. Kamu Pasti Penasaran Isi Dalam Rumahnya!


Perumahan dan hunian merupakan satu isu penting dalam kehidupan masyarakat perkotaan. Semakin tinggi harga tanah kian mencekik dan seakan makin sulit untuk memiliki rumah pribadi. Di berbagai kota besar, harga rumah kian sulit terjangkau generasi milenial. Akhirnya, masyarakat seakan hanya punya satu pilihan, yakni menyewa rumah.

Sesekali memang kita butuh jalan-jalan ke Belanda. Di negara kincir angin ini, ada satu bentuk perumahan lucu dan hemat lahan. Namanya Bolwoningen, ‘rumah alien’ yang ternyata memang hunian manusia, nggak ada aliennya sama sekali. Memang sih mirip pesawat luar angkasa. Hehehe. Daripada penasaran, yuk cuss ke Belanda lihat Bolwoningen ini!

Mungkin sekilas kamu akan menyangka ini bukan rumah, bisa jadi laboratorium atau malah jadi pesawatnya alien. Hahaha…

Bukan, sama sekali bukan pesawat atau rumah alien. Meskipun mirip di film fiksi ilmiah, bangunan ini dibuat dari manusia dan untuk manusia kok. Nggak ada hubungannya dengan alien. Fungsinya bukan juga untuk laboraturium, melainkan perumahan. Perumahan ini bernama Bolwoningen yang berarti rumah yang berbentuk bola. Lokasi ‘rumah alien’ ini berada di Massport, pinggiran kota Dan Bosh, Belanda. Seru ya kayanya tinggal di sana!

Rumah Bolwoningen ini memang dirancang agar manusia semakin dekat dengan alam. Terbukti dari banyaknya kaca melengkung dan lingkungan yang hijau permai…

Diiniasai oleh Dries Kreijkamp, rumah Bolwoningen ini dibangun pada tahun 1984 di pinggiran kota Dan Bosch. Bolwoningen ini dibangun sebagai solusi perumahan di Belanda yang mulai padat dan mahal. Di rumah berbentuk bola ini tentu lahan yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit, sementara sekelilingnya bisa disediakan pohon-pohon dan juga kanal yang indah.

Di setiap rumah berbentuk bola ini, suasananya memang terasa seperti di dunia lain. Dinding-dinding melengkung dengan banyaknya kaca bundar seakan berada di pesawat luar angkasa. Banyaknya kaca yang mengelilingi Bolwoningen ini dibuat agar menciptakan kesan menyatu bersama alam. Sedikit ironis sih, dari luar nuansanya luar angkasa, dari dalam justru terasa menyatu dengan alam.

Kalau kamu penasaran bagaimana isi ‘rumah alien’, yuk kita kepoin interior rumah Bolwoningen ini…

Rumah ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar untuk tempat tidur, lantai tengah berisi kamar mandi tersembunyi (lantai dasar dan tengah ini cukup kecil), sementara lantai atas untuk ruang keluarga. Di lantai atas ini relatif luas dengan jendela kaca yang banyak.

Pemandangan dari dalam pun begitu indah, karena rumah lain dirancang berdekatan berpadu dengan pepohonan, rumput, dan juga kanal. Sementara ruang dapur, ruang kerja, ruang bersantai, semuanya ada di ruangan paling atas ini. Diameter rumah di lantai atas 5,5 meter, ya cukup nyaman lah untuk ditinggali satu keluarga.

Yang menarik adalah kaca di lantai tiga ini didesain bisa berputar dengan ukuran yang cukup besar. Selain memudahkan pencahayaan, penghuni rumah pun nggak akan merasa sumpek di dalam bola besar ini.

Rumah futuristik ini sudah bertahan meski sudah memasuki usia lebih dari 30 tahun. Masih tampak keren dan masih terasa seperti pesawat alien ‘kan?

Sejak pembangunannya, rumah Bolwoningen ini sudah memasuki usia ke 33. Ia muncul di antara rumah-rumah tradisional yang berada di sekitarnya. Meskipun begitu rumah ini masih tampak kuat, baru dan juga futuristik. Sampai saat ini rumah ini masih terus dihuni, entah sampai kapan. Yang jelas sampai kapanpun, rumah alien ini akan tetap keren kok.

Kalau lagi ke Belanda, coba deh dateng ke sana. Siapa tahu kamu jadi terinspirasi pengen buat rumah alien di Indonesia. Ya siapa tahu…

Sumber; http://www.hipwee.com/travel/rumah-alien-ini-ternyata-jadi-hunian-manusia-lho-penasaran-kan-seperti-apa-isi-rumahnya/

Meluluhkan Cewek Gengsian Itu Ada Seninya. Cowok Cuma Perlu Tawarkan 5 Hal Sederhana Ini Ke Dia


Kamu tak bisa menyamaratakan sikapmu ke semua cewek. Beda kepala, beda pemikiran, beda juga karakternya. Mungkin ada cewek yang memang dasarnya ramah dan santai, membuat kamu sebagai cowok tak terlalu sulit untuk meluluhkan hatinya. Tapi bagaimana kalau kamu bertemu dengan dia yang agak keras kepala dan gengsinya tak mau kalah dengan dirimu?

Jangankan diajak jalan, terkadang diajak berbincang saja cukup sulit. Bukan sok jual mahal, tapi cewek ini memang punya prinsip tersendiri yang orang tak pernah tahu. Kalaupun terkesan sebagai pribadi yang pemilih, cewek ini hanya sedang berusaha berhati-hati. Mengingat dia pun seringnya tak mudah percaya dengan orang, sekalipun sudah kenal cukup lama. Tapi bukan berarti cewek ini tak bisa diluluhkan hatinya. Kamu bisa, asalkan coba menawarkan beberapa hal sederhana ini ke dia. Dicoba ya!

1. Kelihatan memang mandiri, tapi dia tak pernah keberatan jika kamu menawarkan bantuan sesekali

Gengsi juga yang sebenarnya membuat dia selalu tampil mandiri. Sesulit apapun hal yang sedang dihadapinya, dia akan berusaha menyelesaikannya sendiri. Sebab dia tak ingin orang menganggapnya tak mumpuni. Tapi biarpun mandiri sekali, dia bukan orang yang tak menghargai uluran tangan orang lain. Dia akan senang hati menerima tawaran bantuanmu yang datang sesekali. Sebab sesekali ini tak akan menyinggung kegengsian dirinya.

Toh kalau hanya sekadar merapikan data-data di laptopnya, dia sebenarnya masih bisa. Begitu pula saat pergi atau pulang kantor, dia justru akan merasa risih jika kamu terus menawarkan diri untuk mengantar atau menjemputnya. Jadi kamu memang harus memposisikan bantuanmu dengan porsi yang pas. Buat dia merasa dipercaya jika dirinya punya kemampuan serta keterampilan diri yang baik.

2. Karena gengsi bisa luruh dengan komunikasi. Jadi kamu tak perlu ragu mengajaknya berbagi cerita apapun yang kalian miliki

Kalau bahan obrolanmu seperti sekadar bertanya sedang apa, sudah makan belum, atau hal biasa yang sering ditanya orang kebanyakan, ya jangan harap dia akan mempedulikanmu. Dia butuh bahan obrolan yang lebih dari hal remeh temeh, meski tak harus juga hal yang muluk-muluk.

Seperti sesekali kamu mengajaknya berbagi cerita, semisal tentang hobi, tempat-tempat unik yang pernah dikunjungi, atau sesederhana kegiatan kamu dan dia dalam sehari ini. Sebab si cewek gengsi ini punya pemikiran yang sedikit lebih kompleks, yang mudah bosan dengan percakapan yang itu-itu saja.

3. Mengenalkannya dia ke lingkunganmu, perlahan tapi pasti membuatnya percaya dengan keseriusanmu

Pemilihnya dia bukan berarti yang membatasi diri dengan orang-orang tertentu. Dia tetap bisa ramah dengan semua orang, dan mudah juga menerima serta beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Karena itu, kamu tak perlu ragu jika ingin mengenalkan dan membawanya masuk ke dalam lingkunganmu. Justru caramu yang lebih terbuka ini tak hanya buatnya merasa lebih dihargai, tapi juga percaya dengan keseriusanmu terhadapnya.

Apalagi kalau kamu berhasil membuat orang-orang di lingkunganmu menerimanya dengan cukup baik. Meluluhkan hatinya bukan hal yang mustahil lagi.

4. Meski belum jadi pasangan, tak ada salahnya mengajak dia membuat proyek bersama yang sederhana saja

Kamu perlu tahu, jika si cewek gengsianmu ini juga suka sekali dengan tantangan. Sementara tantangan di sini bukan seperti menampilkan dirimu sebagai sosok yang misterius lho ya. Tantangannya itu bisa sesimpel, kamu mengajaknya membuat sebuah proyek bersama. Semisal, jika kalian sama-sama punya hobi traveling dan menulis, kamu bisa mengajaknya membuat sebuah blog berdua dengan ciri khas bercerita yang sudah sepakati bersama. Atau kalau kalian punya hobi yang berbeda, kamu bisa mengajaknya belajar menekuni sesuatu hal baru.

Bukankah itu membuat hubungan kalian lebih sehat dan berfaedah? Sebab kamu dan dia sama-sama bisa berkembang.

5. Pergi ke acara musik favoritnya, tak hanya jitu untuk meluluhkan hati. Kamu pun bisa mengenal pribadinya lebih dalam dari sana

Sebab musik kadang bisa jadi jembatan yang membawamu lebih cepat sampai ke hatinya. Jadi jangan hanya tahu bagaimana selera musiknya, tapi kamu pun harus mencoba menyukai apa yang dia sukai ini. Setidaknya kamu bisa jadi teman ngobrol yang asyik soal musik, seperti memberikanya info terbaru tentang DJ Armin, salah satu musisi elektronik kesukannya.

Kamu memberi tahu dia mulai dari konser DJ Armin yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, tanggal 31 Maret 2017 nanti, sampai info bahwa konser bertema Armin Only Emberance ini disponsori oleh Bold Xperience. Tak hanya sampai di situ, kamu ternyata mengajaknya juga untuk datang bersama ke konser ini.

Mengingat untuk mendapatkan tiketnya kamu bisa dengan membeli atau mendapatkannya dengan cuma-cuma juga. Cara pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi laman Bold Xperience ini. Di sana ada pilihan membeli atau mendapatkan tiket gratis untuk kamu dan pasanganmu. Dan pastikan kamu harus mendapatkan tiketnya secepat mungkin, jangan sampai kehabisan ya!

Bagaimana, meluluhkan hati dia yang gengsian sekali tak sesulit yang kamu bayangkan kan?! Jangan lupa, kamu juga perlu kesabaran menghadapi tipikal cewek seperti ini. Semoga beruntung ya, guys!

Sumber; http://www.hipwee.com/hubungan/meluluhkan-cewek-gengsian-itu-ada-seninya-cowok-cuma-perlu-tawarkan-5-hal-sederhana-ini-ke-dia/

Biar Hati dan Hidupmu Nggak Makin Hancur. Ini Tuntunan Perilaku Buat Para Cowok yang Gagal Nikah!


Salah satu alasan dua orang menjalin hubungan asmara, khususnya pacaran, adalah agar mengenal satu sama lain hingga merasa cocok, dan akhirnya melanjutkan ke level hubungan yang lebih tinggi atau menikah. Kalau orientasimu bukan untuk menikah, lalu buat apa kamu menjalin hubungan dengan alasan cinta?

Sementara proses untuk menikah itu panjang. Kamu harus menyiapkan berbagai hal. Tapi sebelumnya, kamu harus melakukan yang namanya lamaran. Nah, di sinilah titik menegangkan bagi cowok; antara diterima atau ditolak oleh calon mertua. Kalau seandainya nggak direstui, bagaimana? Tenang, kali ini Hipwee Boys akan memberikan berbagai hal yang boleh dan nggak boleh kamu lakukan ketika lamaranmu ditolak. Biar nggak sesat, simak baik-baik, ya!

Sakit sih pasti, tapi kamu bisa memperbaiki kondisi dengan hal-hal ini kok. Tenang aja! 😀

Tentu saja saat mendengar kabar bahwa kamu ditolak oleh mertuamu atau karena hal lainnya sehingga kamu gagal menikah, hati rasanya seperti mau meledak. Sakit, kecewa, dan mungkin benci akan bercampur aduk. Tapi, ini bukan akhir dunia kok. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki diri dan memperbaiki hatimu yang mungkin sudah hancur berkeping-keping. Yuk, simak hal apa saja yang bisa dan harus kamu lakukan pasca gagal menikah!

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang. Ini juga bisa jadi bukti kedewasaanmu sebagai calon suami loh

Sakit memang rasanya ketika kamu gagal menikah karena lamaranmu ditolak begitu aja oleh keluarga atau bahkan cewekmu sendiri. Berbagai respon emosional pasti akan keluar dari dalam dirimu. Tapi satu hal yang pasti, cobalah untuk tetap tenang menghadapi kenyataan pahit tersebut. Sedih itu pasti, tapi kamu harus bisa mengontrol dirimu. Dengan begitu, orang lain akan bisa melihat sikap bijak dan kedewasaanmu dari reaksi yang kamu keluarkan.

Introspeksi diri. Apakah benar kalau ini bukan salahmu?

Entah apa yang terjadi, entah itu karena ditolak oleh orangtua cewek atau putus tanpa sebab, introspeksi diri adalah hal yang sangat penting. Siapa tahu kamu juga menyumbang kesalahan dalam kegagalan ini. Kita kan memang akan sangat sulit memahami kesalahan kita sendiri. Coba berhenti sejenak dan introspeksi. Kalau memang sudah jelas bukan salah kita yasudah ikhlaskan. Mungkin dia memang nggak berhak membuat kita bahagia.

Kalau kamu rasa dirimu sudah cukup pantas, buktikan pada orangtuanya bahwa kamu memang berkualitas. Perjuangkan dong!

Bukan cowok namanya kalau dengan mudah menyerah begitu saja. Dengan sikapmu yang tenang, cobalah untuk membuktikan pada orangtua cewekmu bahwa kamu adalah menantu idaman yang memiliki kualitas dan sudah pantas untuk menjalin hubungan rumah tangga bersama anak gadisnya. Selain itu, buktikan juga pada cewekmu bahwa kamu adalah orang yang cukup mampu untuk membahagiakannya. Jangan langsung nyerah gitu aja kalau memang kamu sudah niat kalau mau masuk ke jenjang pernikahan!

Kalau dengan berbagai cara, lamaranmu tetap ditolak atau kamu tetap gagal nikah, mending tebar jala lagi aja. Lepaskan!

Lagipula, sebagai cowok masa kamu mau menyerah dan terpuruk dalam kesedihan berlarut? Anggap aja bahwa dia memang bukan jodohmu. Cukup, sudah nggak ada jalan lain, cobalah kembali untuk menebar jala cinta. Masih banyak cewek yang bisa dan berpeluang besar untuk kamu nikahi. Hidup nggak berhenti disini. Ikhlaskan, lepaskan!

Kalau kamu gagal nikah, jangan sampai melakukan hal-hal ini ya. Jangan menyesatkan dirimu sendiri!

Memberikan reaksi buruk dan merutuki keadaan. Ini terlalu kekanak-kanakan, Boys!

Jangan sampai kamu melakukan hal ini, meski ini bersifat responsif. Di sini, kamu perlu banget untuk mengontrol diri. Karena citramu akan menjadi buruk ketika kamu merutuki. Tak perlu menyumpah-serapah orangtua cewekmu kalau disetujui. Tak perlu membenci cowok yang merebut cewekmu. Hidup dengan sedikit dendam dan rasa sakit yang disimpan di dalam hati justru akan membuatmu lebih dewasa dan bijaksana.

Posting berbagai hal di media sosial soal hancurnya hatimu karena gagal nikah. Ini menyedihkan!

Kamu itu cowok. Kita punya kode tersendiri untuk cowok. Gagal nikah adalah hal yang cukup memalukan bagi cowok. Jangan malah diposting di sosial media. Itu bakalan akan tambah bikin malu. Kamu mau dikasihani? Lemah banget jadi cowok. Tenang saja, waktu dan diam akan menyembuhkan semua luka. So, jangan terlalu banyak cerita ke orang nggak jelas dan sibukkan dirimu sembari menunggu hatimu disembuhkan oleh waktu.

Kalau kamu gagal nikah karena restu orangtua, jangan sampai kamu bawa cewekmu kawin lari. Ini kasus yang masih sering terjadi lho di Indonesia!

Kadang suka nggak paham deh, dengan cowok ataupun cewek yang melakukan kawin lari. Kabur dari rumah, ikut dengan pacarnya untuk menikah tanpa wali orangtua. Meski hal ini bisa dan sah di KUA. Tapi ini bukan jalan yang baik untuk hubungan kalian. Sedihnya, hal ini masih kerap terjadi di Indonesia. Hanya karena orangtua cewek nggak merestui hubungan kalian, jangan sampai melakukan hal bodoh seperti ini, ya! Masih banyak jalan lain!

Atau kamu mau mengikuti cara konvensional orang pedalaman? “Cinta ditolak, dukun bertindak”, bukan juga cara yang bijak

Cara ini bukanlah hal yang bisa ditolerir sama sekali, oleh pihak manapun, bahkan oleh agama manapun. Kalau kamu percaya dengan hal-hal mistis begini, bukankah ini namanya menyekutukan kuasa Tuhan? “Lamaran ditolak, dukun bertindak,” ini cara yang sangat konservatif. Atau memang kamu merupakan cowok yang primitif? Kalau memang iya, berarti benar keputusan cewekmu untuk membatalkan pernikahan, dan benar pula keputusan orangtua cewekmu untuk tidak merestui hubungan kalian.

Ya, seperti itulah hal yang boleh dan nggak boleh kamu lakukan setelah lamaranmu ditolak atau gagal nikah. Percaya deh, ketika kamu gagal, masih ada hal baik di luar sana yang menantimu. Toh, kalau memang dia bukan jodohmu, mau memaksakan? Yang penting jangan sampai salah langkah ya, Boys!

Sumber; http://www.hipwee.com/hiburan/cowok/biar-hati-dan-hidupmu-nggak-berantakan-ini-tuntunan-perilaku-buat-kamu-cowok-yang-gagal-nikah/